Pengertian Ala Carte: Contoh Menu, Kelebihan dan Kekurangan

Pengertian ala carte – Ala Carte merupakan istilah yang digunakan untuk salah satu model penyajian suatu makanan atau hidangan baik di restoran, hotel berbintang atau jamuan makan dalam suatu acara. Adapun Ala Carte ini termasuk dalam etiket penyajian makanan yang harus diketahui oleh para pekerja restoran maupun seorang waiter/waitress.

Nah, pada artikel kali ini saya akan membahas lengkap mengenai pengertian, jenis, contoh serta kekurangan dan kelebihan model sistem pelayanan Ala Carte sehingga bagi Anda yang mungkin ingin membuka restoran atau rumah makan bisa memahami terlebih dahulu sebelum memutuskan menggunakan sistem tersebut.

Pengertian Ala Carte

Pengertian ala carte
pxhere.com

Ala Carte adalah susunan menu yang mana setiap minuman dan makanan yang dicantumkan dalam daftar menu telah dilengkapi dengan harga per itemnya.

Ala Carte ini merupakan sebuah kata yang berasal dari Perancis yang berarti “Dari Karti” (menu makanan) yang sering digunakan di rumah makan. Jadi restoran yang memiliki menu Ala Carte bisa disimpulkan bahwa  menu yang disajikan masih fresh atau belum di masak.

Adapun proses pembuatan makanan dalam menu Ala Carte baru akan dibuat jika ada yang memesannya, oleh karena itu terkadang kita harus menunggu agak lama sampai makanan tersebut siap untuk dihidangkan.

Karakteristik Ala Carte

Adapun karakteristik atau ciri-ciri dari sistem menu Ala Carte adalah sebagai berikut :

  • Mencantumkan menu makanan yang bisa di pilih per item dalam daftar menu selengkap-lengkapnya
  • Memberikan peluang kepada pelanggan untuk memilih makanan yang sesuai selera.
  • Setiap makanan dan minuman yang ditawarkan dilengkapi dengan harga masing-masing
  • Makan baru akan dimasak jika ada yang memesan, sehingga makanan akan lebih fresh namun memerlukan sedikit waktu yang lama

Kelebihan Sistem Ala Carte

Kelebihan dan Kekurangan Ala Carte
pxhere.com

Sistem penyajian Ala Carte memiliki kelebihan sebagai berikut :

1. Memaksimalkan pelayanan tim service

Penyajian menu Ala Carte merupakan salah satu bentuk pelayanan maksimal dari tim service restoran untuk menyajikan hidangan yang disukai tamu. Jadi setiap tamu yang dapat bisa memilih minuman dan makanan apa yang disukai sehingga kebutuhan tamu bisa terpenuhi.

BIasanya seorang tamu akan dilayani oleh seorang waiter/waitress mulai dari datang sampai dengan meninggalkan resotran. Jadi meskipun ditengah sesi makan ada tamu yang berkenan untuk menambah menu Ala Carte, maka akan dilayani oleh tim service tersebut.

2. Mengenal pelanggan lebih dekat

Dengan menyediakan sajian Ala Carte maka memungkinkan pelanggan berkomunikasi dengan waiter/waitress dengan lebih baik. Jadi pelanggan bisa menanyakan setiap detail opsi makanan dan juga harga yang tertera di daftar menu, atau bahkan bisa rekues tingkat kematangan makanan sesuai dengan yang di inginkan.

Kekurangan Sistem Ala Carte

Disamping memiliki kelebihan, penyajian menu Ala Carte ternyata juga memiliki sejumlah kekurangan diantaranya adalah :

1. Membutuhkan tim service yang kompeten

Karena disini pelayanan sangat diutamakan, maka dalam penerapannya tentu juga memerlukan SDM yang kompeten di dalamnya.

Apalagi disaat kondisi sedang ramai, seorang waiter/waitress harus teliti dalam mencatat pesanan. Demikian ini sangat berbeda dengan penyajian menu self service atau sistem fast food yang dapat ditangani oleh sedikit karyawan.

2. Rawan adanya komplain (dalam kondisi ramai)

Pelayanan menu Ala Carte sangat kurang cocok untuk kondisi rumah makan atau restoran yang sangat ramai. Karena pada saat terjadi kelonjakan pelanggan yang datang, maka tenaga yang bekerja di dalamnya pasti akan lebih kerepotan dalam menangani pesanan.

Belum lagi sistem Ala Carte makanan yang dipesan itu sifatnya per item, tentu ini sangat memungkinkan kesalahan dalam pencatatan pesanan. Oleh karena itu semua karyawan yang terlibat di dalamnya di tuntut harus sangat teliti dan cekatan.

Baca juga :

Contoh Menu Ala Carte

Berikut ini adalah beberapa contoh menu Ala Carte dari beberapa cafe, restoran maupun rumah makan di Indonesia.

contoh menu ala carte 1


Itulah pembahasan kali ini mengenai sistem pelayanan menu Ala Carte lengkap dengan pengertian, jenis, ciri karakteristik, kelebihan dan kekurangannya.

Pada dasarnya menu Ala Carte ini lebih cocok di terapkan pada restoran hotel berbintang ataupun rumah makan kelas menengah atas untuk mendapatkan hasil pelayanan yang maksimal.

0 Shares:
1 comment
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like