Pengertian Appetizer: Fungsi, Jenis, Ciri Khas dan Contoh

Pengertian Appetizer – Makan adalah salah satu aktivitas manusia untuk mengonsumsi berbagai jenis asupan untuk mendapatkan manfaat di dalamnya seperti energi, gizi, vitamin dan menunda rasa lapar yang dirasakan.

Kegiatan makan ini bisa dilakukan di rumah, tempat makan, restoran maupun café yang banyak menawarkan berbagai macam pilihan menu dengan rasa yang menggugah selera. Tapi tahukah Anda bahwa  sebenarnya ada susunan atau urutan makan yang lazim di praktikkan terutama di restoran berbintang.

Adapun struktur/susunan makan tersebut terbagi menjadi beberap tahap dan selalu di awali dengan hidangan pembuka atau lebih akrab disebut “Appetizer”.

Pengertian Appetizer

Pengertian Appetizer
pxhere.com

Appetizer adalah makanan yang disajikan dalam porsi kecil dengan tujuan untuk membangkitkan selera makan sebagai hidangan pembuka sebelum makanan utama (main course) dengan rasa asam, manis dan atau pedas.

Arti appetizer dalam bahasa Indonesia lebih akrab disebut dengan “Hidangan Pembuka”, sementara dalam bahasa Perancis menyebutnya “Hors D’oeuvre”.

Sebuah hidangan appetizer hendaknya mempunyai rasa yang mampu membangkitkan selera makan dengan porsi kecil (finger food, bite size) dan disajikan secara menarik. Adapun makanan appetizer bisa berupa hidangan dingin ataupun panas dan terkadang agak pedas, kemudian di ikuti dengan hidangan soup.

Fungsi Appetizer

Fungsi appetizer yang paling utama adalah untuk membangkitkan selera makan. Terkadang dalam sebuah perjamuan resmi ataupun di restoran berbintang penyajian appetizer selalu berada di awal dan hidangan yang disajikan harus dalam kondisi yang prima baik secara aroma, rasa dan penampilan.

Hidangan appetizer sengaja dibuat dengan menggunakan bahan dan bumbu pilihan yang bisa merangsang asam lambung dalam perut sehigga menambah rasa lapat. Selain itu hidangan appetizer yang enak diharapkan bisa memberikan kesan bahwa sajian setelahnya akan jauh lebih enak lagi.

Jenis Hidangan Pembuka (Appetizer)

Secara umum, jenis hidangan appetizer bisa dikelompokkan menjadi 2 bagian yaitu berdasarkan suhu penyajian dan bahan yang digunakan. Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut :

Jenis hidangan pembuka
pxhere.com

1. Appetizer berdasarkan suhu penyajian

Terdapat dua jenis appetizer yang disajikan berdasarkan suhunya yaitu cold appetizer dan hot appetizer.

  • Cold Appetizer (Hidangan pembuka dingin)

Cold Appetizer adalah makanan hidangan pembuka yang disajikan dalam kondisi dingin untuk merangsang selera makan namun tidak mengenyangkan karena porsinya yang kecil.

Adapun warna dan rasa cold appetizer juga harus menarik dan dihidangkan dalam temperature 10oC – 15oC  seperti salad, aspic dan canapé.

  • Hot Appetizer (Hidangan pembuka panas)

Hot appetizer adalah makanan hidangan pembuka yang disajikan dalam kondisi panas dengan rasa yang identik asin dan gurih untuk merangsang selera makan yang sifatnya tidak mengenyangkan karena porsinya yang kecil.

Adapun hot appetizer ini disajikan dalam temperature panas sekitar 50oC – 60oC dengan penampilan yang menarik seperti misalnya resolles, fritture, quiche Lorraine dan croquette.

2. Appetizer bedasarkan bahan yang digunakan

Sementara untuk jenis appetizer berdasarkan bahan yang digunakan bisa dikelompokkan menajdi 3 bagian meliputi : 

  • Sur Asiette Complate,

Hidangan appetizer ini dibuat dengan menggunakan sisa bahan utama yang ada di dapur atau bisa juga menggunakan bahan-bahan yang didapatkan dengan harga yang terjangkau.

  • Hors D’Oeuvre Royale

Hidangan appetizer ini dibuat dengan menggunakan bahan-bahan premium dengan harga yang mahal dan umumnya disajikan tanpa menggunakan saus.

  • Hors D’Oeuvre Varies

Hidangan appetizer ini dibuat dengan menggunakan kombinasi bahan-bahan yang murah dengan bahan yang premium sehingga terciptalah menu appetizer yang enak.

Ciri Khas Hidangan Appetizer

Makanan appetizer sengaja dibuat bukan tanpa alasan, karena fungsi appetizer untuk membangkitkan selera makan maka secara umum memiliki ciri khas seperti berikut :

  • Memiliki banyak sekali variasi menu dengan berbagai bahan seperti jamur, tulang ikan, aneka seafood dan rumput laut
  • Mempunyai warna yang agak mencolok seperti merah terang, orange atau kuning
  • Mempunyai cita rasa yang lembut, hangat, menyegarkan dan disajikan menarik
  • Memiliki aroma yang bisa menggugah selera makan
  • Disajikan dalam porsi kecil
  • Disajikan di awal

Bahan Pembuatan Appetizer

Bahan Pembuatan Appetizer
pxhere.com

Untuk membuat hidangan appetizer yang enak dan lezat dibutuhkan bahan yang berkualitas dan harus fresh. Adapun bahan pembuatan appetizer terdiri atas kombinasi makanan seperti daging, seafood, unggas, sayuran dan buah-buahan.

 Keseluruhan bahan tersebut harus disimpan dalam lemari pendingin agar temperaturnya tetap terjaga dan mengurangi kerusakan. Selain itu bahan pembuat appetizer juga tidak boleh disimpan terlalu lama dan harus segera ditangani untuk mempertahankan cita rasa dan aromanya.

Contoh Menu Appetizer

Berikut ini adalah contoh menu hidangan appetizer baik yang dingin (cold appetizer) maupun yang panas (hot appetizer).

1. Contoh hidangan pembuka dingin

  • Fruit salad
  • Vegetable salad
  • Coktail
  • Salad ayam saus fresh mayonnaise
  • Bang-bang chicken

2. Contoh hidangan pembuka panas

  • Potatao dan porcini soup
  • Hummus
  • Croquette
  • Risoles
  • Ballotines
  • Quiche Lorraine
  • Galantine

Demikianlah materi lengkap kali ini seputar pengertian appetizer atau hidangan pembuka lengkap dengan fungsi, jenis, bahan dan contoh menu. Semoga bisa menambah wawasan anda!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like