Pengertian BUFFET: Jenis, Contoh Menu dan Kelebihan

Pengertian Buffet – Buffet merupakan salah satu istilah penyajian makanan di restoran dalam satu meja besar dan biasanya tersusun dengan rapi. Ada banyak pilihan hidangan makanan yang disajikan pada menu Buffet, mulai dari appetizer, main course hingga makanan dessert.

Penyajian makanan sistem buffet ini biasanya bisa kita temui pada restoran kelas menengah atas ataupun hotel berbintang karena memang terbilang sangat praktis. Bagi Anda yang mungkin belum paham lebih jauh apa itu buffet service bisa menyimak ulasan berikut.

Pengertian Buffet

pengertian buffet service
pixabay.com

Buffet adalah jenis sistem penyajian makanan secara prasmanan yang dihidangkan dalam mangkuk, nampan atau tempat makan lain yang ditata secara rapi dan menarik dalam meja buffet atau meja saji panjang sesuai dengan kelompoknya.

Menu makanan buffet ini biasanya sangat beraneka macam dan merupakan kombinasi dari makanan panas, dingin, baik hidangan pembuka, makanan berat, maupun makanan penutup.

Sedangkan Buffet Service adalah istilah bahasa Inggris yang berarti Melayani Diri Sendiri atau dalam bahasa Indonesia lebih akrab disebut Makanan Prasmanan. Jadi tamu yang datang bisa langsung mengambil piring dan peralatan makan untuk kemudian mengambil menu yang di inginkan.

Dalam sebuah restoran atau acara jamuan makan dengan konsep buffet service, biasanya ada seorang pramusaji yang ditugaskan untuk melayani tamu dan menginfokan jika ada makanan yang perlu di Re-fill yang biasanya berdiri di belakang meja buffet selama acara berlangsung.

Baca juga :

Jenis-Jenis Buffet

Jenis Jenis Buffet
pxhere.com

Jenis buffet terbagi menjadi beberapa kelompok hidangan berdasarkan dari masing-masing aspek, adapun yang biasa kita temui diantaranya seperti berikut.

1. Berdasarkan Negara dan Makanan Khas

Berikut ini adalah jenis buffet berdasarkan Negara dan makanan khas :

  • Chinese Buffets

Chinese buffet adalah jenis prasmanan yang menghidangkan makanan-makanan khas China  Tionghoa dengan ciri khas yang sangat menonjol adalah rasanya yang segar, banyak hidangan seafood dan aneka sayur.

Penyajian chinese buffet ini biasanya dalam jumlah yang besar lengkap jadi para tamu bisa mengambil nasi dan lauk pauk yang disukai yang telah diletakkan di meja prasmanan.

  • Indian Buffets

 Indian Buffet adalah jenis prasmanan yang menyajikan makanan khas Negara India termasuk juga dengan bahan dan bumbu-bumbunya. Selain itu sudah sejak lama India dikenal karena memiliki tradisi makan bersama dengan banyak piring-piring makanan yang tersaji yang sangat identik dengan sistem buffet.

Bahkan Negara yang memiliki makanan khas kari ini jugalah yang menjadi pelopor sajian restoran All You Can Eat yang banyak kita temui di zaman modern seperti sekarang ini.

  • American Buffets

American Buffet adalah jenis prasmanan yang menyajikan makanan-makanan khas Negara Amerika yang banyak menggunakan olahan kentang, ayam, kalkun, serta bahan-bahan lain sesuai dengan lidah orang Amerika.

Pada mulanya sistem penyajian American buffet ini digunakan oleh pengusaha di Las Vegas yang mana saat itu mereka menyediakan aneka makanan low cost seperti daging iris tipis dan salad untuk para tamunya.

  • Pizza Buffets

Pizza buffet adalah jenis prasmanan yang menyajikan berbagai macam olahan pizzat dalam meja hidang panjang. Jenis buffet ini banyak dijumpai di Amerika dan Eropa sehingga para tamu bisa dengan bebas memilih pizza yang disukai.

Tidak hanya itu, sebagai makanan pelengkap biasanya turut dihidangkan olahan seperti sup, salad, dan juga pasta yang diolah dengan rempah khas Italia.

  • Sushi Buffets

Sushi Buffets adalah jenis prasmanan yang menyediakan berbagai makanan khas Negara Jepang tidak terkecuali berbagai macam Sushi. Biasanya makanan ini akan disajikan secara cantik dalam piring-piring kecil berwarna gelap dalam meja buffet.

Namun tidak jarang pula di berbagai restoran terkenal yang menyediakan sushi buffet ada chef  di belakang meja yang secara langsung mempertontonkan keahliannya dalam menciptakakan hidangan sushi yang lezat.

2. Berdasarkan Cara Penyajian

Simple Buffet
pxhere.com

Berikut ini adalah jenis buffet berdasarkan cara penyajiannya :

  • Simple Buffet

 Simple buffet adalah jenis prasmanan yang menyajikan berbagai macam makanan dan minuman di atas meja saji besar dan para tamu nanti bisa mengambil sendiri makanan yang mereka suka. Jenis buffet ini biasanya sangat cocok untuk acara jamuan makan ataupun resepsi pernikahan.

Adapun para pramusaji (biasanya tediri dari beberapa orang) bertugas untuk merapikan peralatan makan, membantu para tamu dalam menjelaskan jenis makanan, melakukan re-fill makanan yang habis dan lain-lain.

  • Station Type Buffet

 Station Type Buffet adalah jenis prasmanan yang menyajikan makanan dan minuman di meja saji, sementara itu nanti masih ada beberapa orang staf, koki atau bartender yang bertugas untuk melayani sajian atau minuman di luar hidangan utama.

Station type buffet ini masih banyak di terapkan pada restoran hotel-hotel berbintang untuk menambah nilai pelayanan yang diberikan kepada para tamunya.

  • Modified Deluxe Buffet

Modified Deluxe Buffet adalah jenis prasmanan yang menyajikan makanan dan minuman di meja saji besar, namun yang membedakan adalah setiap meja makan tamu sudah dilengkapi dengan peralatan makan seperti sendok, pisau dan garpu.

Sementara untuk makanan penutup dan minumannya biasanya akan langsung disajikan oleh pelayan ke meja makan. Jadi bisa dibilang ini merupakan perpaduan prasmanan tapi tetap mendapatkan pelayanan dari pramusaji.

  • Deluxe Buffet

Deluxe Buffet adalah jenis prasmanan yang menyajikan makanan di meja besar panjang, tapi untuk hidangan pembuka atau appetizernya (biasanya salad dan sup) akan dihidangkan pramyusaji langsung di meja makan. Jadi setelah tamu menyantap hidangan pembuka, barulah ke meja buffet untuk mengambil hidangan utama.

3. Berdasarkan Waktu Penyajian

Yang terakhir adalah jenis buffet berdasarkan waktu penyajiannya, diantaranya adalah :

  • Breakfast Buffet

Breakfast buffet adalah jenis prasmanan yang hanya disajikan khusus untuk makan pagi atau sarapan. Jadi makanan dan minuman yang dihidangkan juga menyesuaikan dengan menu yang cocok untuk sarapan pagi yang bertekstur lembut, hangat, dan tidak terlau berat.

  • Lunch Buffet

 Luch Buffet adalah jenis prasmanan yang khusus dihidangkan hanya untuk makan siang, biasanya makanan dan minuman yang disajikan juga lebih bervariasi jika dibandingkan dengan breakfast buffet.

  • Dinner Buffet

 Dinner buffet adalah jenis prasmanan yang hanya disajikan khusus untuk makan malam saja. Adapun makanan dan minuman yang tersaji untuk dinner buffet lebih banyak mengandung sayur, protein, serat dan sedikit mengandung karbohidrat.

Contoh Menu Buffet

Berikut ini adalah pilihan contoh menu buffet yang bisa dipesan dalam acara-acara jamuan makan :

Contoh Menu Buffet

Kelebihan Sistem Buffet

Dibawah ini adalah beberapa keuntungan yang bisa di dapatkan baik oleh pihak dapur maupaun pihak restoran itu sendiri dengan model penyajian sistem buffet.

1. Keuntungan bagi pihak dapur

  • Buffet bisa mendayagunakan bahan-bahan makanan yang mungkin sudah tertimbun lama ataupun bahan sisa dari proses olahan makanan. Namun bahan yang di dayagunakan juga harus masih dalam kondisi segar dan layak.
  • Mempermudah pekerjaan dapur karena semua makanan dan minuman yang akan dihidangkan telah direncanakan dengan baik sebelumnya.
  • Seorang juru masak juga bisa lebih focus dalam membuat masing-masing hidangan karena sudah terkonsep dengan baik (bukan ala carte)
  • Memudahkan pengaturan dan penyusunan hidangan tamu
  • Tenaga yang dibutuhkan juga relatif lebih sedikit

2. Keuntungan bagi pihak restaurant

  • Bisa melayani tamu dalam jumlah yang banyak dalam satu kurun waktu yang singkat
  • Tidak terlalu banyak memerlukan tenaga pramusaji dalam proses jamuan makan
  • Tamu bisa lebih leluasa dalam memilih hidangan yang telah disediakan di atas meja saji.
  • Lebih fleksibel karena konsep buffet juga bisa dipindahkan ke luar area restoran jika ingin suasa baru bagi tamu.
  • Bisa menekan food cost dan meminimalisir bahan-bahan sisa

 Kekurangan Sistem Buffet

Meskipun ada banyak kelebihan yang didapatkan dari sistem penyajian buffet, tapi ada juga kekurangan diantaranya adalah :

  • Buffet service mungkin kurang cocok diterapkan di beberapa tipe restoran terutama kelas menengah kebawah
  • Para pelayan mungkin akan merasa bosan karena dalam sistem ini pramusaji tidak diperlukan banyak keahlian dan setiap hari hanya melakukan tugas dan pelayanan yang berulang-ulang.

Buffet Service memang menawarkan banyak sekali kemudahan khususnya bagi pihak restoran maupun pihak tamu itu sendiri. Karena dengan model seperti ini, para tamu bisa memilih menu makanan yang di inginkan sesuai dengan porsi masing-masing. 

0 Shares:
1 comment
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like