Pengertian TABLE D’HOTE: Karakteristik dan Contoh Menu

Pengertian Table D’hote – Table D’hote merupakan sistem playanan yang biasanya semua peralatan makan yang dibutuhkan telah disiapkan di atas meja makan. Adapun sistem Table D’hote ini kebanyakan dipesan oleh tamu yang tidak ingin menunggu lama,

Proses pemesanan sistem Table D’hote bisa dilakukan sebelumnya atau sebelum hari H dengan menghubungi admin pihak restoran. Jadi begitu sampai restoran makanan dan minuman sudah siap untuk dihidangkan karena semua sudah dipersiapkan sebelum tamu datang.

Pengertian Table D’hote

Table D'Hote adalah
pixabay.com

Table D’hote adalah suatu susunan hidangan lengkap yang disajikan kepada tamu dengan harga yang telah ditentukan. Hidangan yang dipesan tersebut biasanya dalam jumlah terbatas atau terdiri dari beberapa kelompok saja.

Untuk tetap memaksimalkan pelayanan dan kepuasan, para tamu tetap bisa memilih satu dari beberapa menu makanan yang tersedia baik untuk menu appetizer, main course maupun dessert.  

Ciri Menu Table D’hote

Ada beberapa karakteristik atau ciri yang dimiliki dalam sistem palayanan Table D’hote, diantaranya adalah :

  • Dalam setiap kelompok makanan (appetizer, main course, dessert) terdiri dari jumlah pilihan yang terbatas
  • Harga yang tertera dalam daftar menu sudah dalam bentuk paketan (satu set menu)
  • Harga yang harus dibayar pelanggan merupakan harga set menu yang disajikan (meskipun ada yang tidak dimakan atau tidak habis)
  • Makanan akan disiapkan segera sebelum tamu datang
  • Sistem Table D’hote ini sangat cocok untuk tamu berkelompok

Kelebihan Sistem Table D’Hote

Kelebihan dan Kekurangan Table D'Hote
pixabay.com

Model pelayanan Table D’hote memiliki sejumlah kelebihan yang sangat menguntungkan bagi pihak pembeli / tamu yang datang. Diantaranya adalah :

  • Semua peralatan makan dan minum sudah ditata dengan rapi di atas meja sebelum tamu datang
  • Sistem ini sangat cocok untuk tamu yang tidak ingin menunggu lama atau tidak memiliki banyak waktu untuk menunggu karena jadwal pekerjaan atau rombongan wisata.
  • Pembeli bisa memesan terlebih dahulu jauh-jauh hari atau sebelum mereka datang ke rumah makan tersebut
  • Makanan dan minuman akan langsung disajikan begitu tamu datang karena semua telah dimasak dan disiapkan oleh pihak restoran

Kekurangan Sistem Table D’Hote

Selain memiliki kelebihan, disisi lain ada pula kekurangan yang dimiliki sistem palayanan Table D’hote yaitu :

  • Akan sangat merepotkan waiter/waitress jika ada pembatalan pemesanan di hari H karena kursi dan meja pasti sudah ditata rapi lengkap dengan peralatan makan dan minum karena harus dibongkar lagi.
  • Akan ada banyak bahan makanan yang mubazir jika terjadi pembatalan pemesanan, karena sistem Table D’hote akan menyiapkan semuanya sebelum tamu datang termasuk mengolah makanan yang telah disepakati untuk dihidangkan

Jadi pihak menager / marketing restoran harus lebih baik lagi dalam membuat kebijakan pemesanan menu Table D’hote untuk mengurangi kejadian serupa seperti pembatalan pesanan.

Baca juga :

Contoh Menu Table D’Hote

Berikut ini adalah beberapa contoh menu Table D’hote yang biasa disajikan dalam sebuah restoran :

contoh menu table d'hote

 


Demikianlah pembahasan artikel kali ini mengenai pengertian, jenis, ciri/karakteristik, kelebihan dan kekurangan sistem penyajian menu Table D’Hote. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam bidang food and baverage.

0 Shares:
1 comment
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like