Pengertian Main Course: Bahan-Bahan dan Contoh Menu

Pengertian Main Course – Main course merupakan hidangan utama yang biasa disajikan setelah appetizer (makanan pembuka). Main course juga biasa disebut dengan “main dish” atau “groce piece”.

Main course ini biasa dihidangkan dalam porsi yang jauh lebih banyak ketimbang porsi appetizer karena terdiri dari banyak bahan baik itu saat makan siang (lunch) ataupun makan malam (dinner).

Pengertian Main Course

Pengertian Main Course
pixabay.com

Main course adalah hidangan pokok atau makanan inti dengan susunan menu yang dihidangkan saat makan siang maupun malam dalam porsi yang lebih besar daripada hidangan pembuka.

Main course merupakan hidangan paling berat dan kompleks dalam susunan sajian menu karena biasanya terdiri dari daging, ikan atau sumber protein lain. Tidak jarang hidangan main course ini juga disebut sebagai “hidangan daging”.

Bahan Penyusun Main Course

Adapun menu makanan main course umumnya terdiri atas beberapa kondimen seperti :

  • Lauk pauk hewani seperti ikan (tuna, kakap, tenggiri, lele, patin), ungags (kalkun, ayam, bebek, puyuh) dan juga seafood (gurita, cumi, lobster, udang, kepiting) yang diolah dengan berbagai macam rempah dan dihidangkan dengan saus dalam porsi lumayan besar (175-225 gram)
  • Karbohidrat yang digunakan biasanya nasi, kentang, berbagai macam mie dan pasta yang diolah dengan berbagai macam cara atau bisa juga berupa roti dalam porsi 75 gram.
  • Sayuran yang digunakan biasanya seperti bunga kol, brokoli, buncis, lobak, asparagus, sawi dalam jumlah porsi 75 gram.

Jadi seluruh kondimen tersebut di susun dalam dinner plate sebagai menu main course. Adapun kombinasi antara karbohidrat, sayuran dan lauk-pauk tersebut harus sesuai dengan aroma, warna dan rasa sehingga bisa menggugah selera makan.

Ciri Ciri Main Course

Ciri Menu Main Course
pixabay.com

Hidangan main course bisa kita kenali dengan beberapa ciri seperti berikut :

  • Terdiri dari komponen lauk-pauk hewani, sayuran dan karbohidrat
  • Komposisi total hidangan main course sekitar 350-375 gram (lauk pauk 175-225 gram, karbohidrat 75 gram, sayuran 75 gram)
  • Hidangan main course sangat bervariasi dengan berbagai warna dan bentuk
  • Tidak diperkenankan menggunakan bahan atau warna yang sama dalam setiap menunya

Hidangan main course sifatnya harus berdiri sendiri tanpa appetizer ataupun dessert. Oleh sebab itu dalam menu main course harus bisa memenuhi kebutuhan gizi bagi tubuh.   

Contoh Main Course Terkenal

Ada berbagai contoh menu main course yang terkenal di dunia sehingga sering kita jumpai sehari-hari seperti :

1. Foire Gras

Foire Gras merupakan makanan khas Perancis yang menjadi favorit banya orang sejak jaman raja-raja abad pertengahan. Makanan ini terbuat dari bahan dasar hati angsa yang diolah dengan berbagai cara mulai di bakar, panggah ataupun goreng.

Foie Gras memiliki rasa yang lezat dan unik. Dari gigitan pertama pun Anda akan merasakan kelembutan layaknya mentega tapi lebih kaya akan rasa. Bahkan saking lezatnya, hidangan main course yang satu ini dibanderol dengan harga yang mahal.

2. Chicken Parmigiana

Chicken parmigiana adalah makanan olahan ayam yang dilapisi dengan tepung roti dan disajikan dengan saus Neapolitan yang terbuat dari keju dan tomat. Adapun makanan ini berasal dari Australia dan biasanya disajikan dengan hidangan pelengkap seperti salad dan kentang.

Chciken parmigiana mempunyai cita rasa yang kaya dan lezat khas italia dan dihidangkan saat acara makan malam bersama keluarga.

3. Lasagna

Lasagna adalah makanan khas dan pertama di Italia yang merupakan hidangan pasta dan terbuat dari lapisan lembar lasagna yang disajikan dengan saus dan bahan lainnya.

Sementara di tempat lain lasagna ini dibuat menggunakan keju atau ricotta, saus tomat, mozzarella, dan berbagai daging (ayam, sapi, babi), sayuran (jamur, zucchini, bayam) dan diolah menggunakan bumbu bawang merah, bawang putih, oregano, kemudian dipanggang dalam oven.

4. Tortellini

Tortellini adalah makanan yang khas Italia yang memiliki tampilan menyerupai pusar yang terbuat dari campuran daging panggan dan keju. Adapun makanan tortellini disajikan dalam kuah kaldu yang kental.

Dalam versi lain, Tortellini juga bisa disimpan dalam lemari es kurang dari 7 minggu, sehingga apabila Anda ingin menyantapnya hanya perlu di panaskan di microwave.

5. Pizza

Pizza adalah roti bundar yang diatasnya ditaburi dengan berbagai macam toping seperti ayam, daging, dll dengan saus tomat, keju dan dipanggang dalam tungku atau oven selama beberapa menit. Pizza ini ditemukan di Naples, Italia dan menjadi makanan yang popular di Dunia.

6. Spaghetti

7. Beed Bourguignon

8. Tortilla

9. Rendang

10. Gudeg


Itulah pembahasan kali ini mengenai main course atau hidangan utama. Secara umum main course memang bisa dibedakan menjadi dua yaitu main course indonesia ataupun kontinental. Keduanya bisa dipilih sesuai dengan selera dan lidah masing-masing.

1 thought on “Pengertian Main Course: Bahan-Bahan dan Contoh Menu”

Leave a Comment