Pengertian Restoran: Jenis, Tujuan dan Sistem Pelayanan

Pengertian restoran – Restoran merupakan sebuah tempat yang menyajikan makanan dan minuman lengkap dengan berbagai fasilitas yang nyaman sehingga para tamu yang datang akan merasa betah saat menyantap hidangan. Ada banyak restoran yang mengusung menu andalannya seperti seafood, olahan ayam, makanan jepang, korea atau bahkan restoran cepat saji.

Umumnya sebuah restoran akan di desain sedemikian rupa sehingga terlihat lebih eksklusif dibandingkan dengan warung makan biasa. Selain itu dalam sebuah restoran biasanya akan dilayani oleh waiter/waitress berseragam dan menunya langsung dimasak oleh chef professional.

Bagi Anda yang belum tahu, berikut ini akan dijelaskan pengertian restoran, tujuan, jenis-jenis, produk yang ditawarkan, tujuan serta perbedaannya dengan rumah makan biasa.

Pengertian Restoran

Restoran adalah
roomme.id

Restoran adalah sebuah bangunan usaha penyedia jasa makan dan minum yang dikelola secara komersial dan dilengkapi dengan peralatan untuk proses pembuatan, penyimpanan dan penyajian tanpa berpindah-pindah untuk mendapatkan keuntungan/laba.

Restoran sendiri berasal dari kata “restore”  dalam Bahasa Inggris yang memiliki arti “memulihkan atau memperbaiki”. Maksudnya adalah dengan adanya restoran bisa memulihkan kondisi seseorang yang awalnya kurang baik (lapar) ke kondisi yang lebih baik (kenyang).

Pengertian Restoran Menurut para Ahli           

  • Soekresno (2001), Restoran adalah suatu usaha komersial yang menyediakan jasa pelayanan makan dan minum bagi umum dan dikelola secara profesional.
  • Walker (2004), Restoran adalah salah satu tempat dimana pengunjung dapat menggunakan alat indra untuk menikmati pelayanan tertentu.
  • Marsum (2005), Restoran adalah suatu tempat ataupun bangunan yang dikelola secara komersial, yang menyelenggarakan pelayanan dengan baik kepada semua tamu, baik berupa kegiatan makan maupun minum.
  • Ninemeier dan Hayes (2006: 11), Restoran merupakan suatu operasi layanan makanan yang mendatangkan keuntungan dengan basis utamanya yaitu penjualan makanan dan minuman kepada orang-orang dan tamu dalam kelompok kecil.

Tujuan Restoran

Tujuan Restoran
pixabay.com

Adapun tujuan utama di dirikannya sebuah restoran yaitu untuk mendapatkan keuntungan dan juga memberikan kepuasan kepada konsumennya. Di samping itu, ada pula tujuan restoran jika dilihat dari beberapa aspek seperti berikut ini :

  • Keuangan. Restoran menjadi sebuah wadah untuk tetap menjaga berlangsungnya perputaran keuangan baik dari sisi penanam modal, konsumen dan orang yang bekerja di dalamnya.
  • Perdagangan. Restoran ikut berperan dalam bidang perdagangan karena termasuk dalam penyedia jasa makan dan minum kepada pelanggan/konsumen.
  • Kepraktisan. Restoran memberikan kemudahan konsumen dalam memesan dan membeli makanan tanpa ribet karena bisa dengan cepat dihidangkan ke meja saji untuk dinikmati.

Produk Restoran

Berbicara mengenai produk atau sesuatu yang dipasarkan oleh sebuah restoran, menurut (Soekresno, 2000:8) dijelaskan seperti berikut :

  • Makanan dan minuman, termasuk atribut di dalamnya meliputi warna, rasa, aroma dan harga.
  • Suasana (ambience), termasuk desain restoran, penataan lampu, dekorasi ruangan, hiasan & furniture, dekorasi dan juga penataan menja
  • Pelayanan (service), termasuk keramah-tamahan karyawan, cara pelayanan yang baik dan juga kemudahan saat ingin mendapatkan informasi/bantuan.

Sementara itu menurut Cousin, dkk (2002:48-53), dijelaskan bahwa produk restoran itu ditentukan oleh 5 faktor seperti berikut :

  • Faktor pelayanan, Meliputi jenis pelayanan, ketersediaan pembayaran cash/non-cash, fasilitas booking tempat duduk, adanya pilihan ukuran porsi, kursi untuk balita dan informasi kesehatan makanan.
  • Faktor harga, Meliputi kesesuaian antara sejumlah uang yang dikeluarkan dengan hidangan dan pelayanan yang ditawarkan pihak restoran.
  • Faktor suasana, Meliputi dekorasi, desain, furniture, pengaturan suhu dan pencahayaan.
  • Faktor Kebersihan, Meliputi staff grooming, kebersihan perlengkapan makan, higienitas bahan makanan dan juga seragam karyawan.
  • Faktor makanan dan minuman, Meliputi variasi pilihan menu, rasa, presentasi dan tekstur.

Dari penjelasan di atas sudah jelas bahwa produk yang ditawarkan oleh sebuah restoran tentu bukan hanya makanan dan minuman saja, melainkan juga desain ruangan, pelayanan, suasana dan kualitas bahan makanan yang digunakan. Dan ini jugalah yang membedakan antara restoran dan rumah makan biasa.

Baca juga :

Jenis-jenis Restoran

Jenis Jenis Restoran
pixabay.com

Membahas jenis-jenis restoran sekarang ini memang ada banyak, umumnya jenis restoran dibedakan berdasarkan cara penyajian makanan dan minuman itu sendiri. Menurut (Atmojo, 2005) restoran di klasifikasikan menjadi beberapa jenis, diantaranya adalah :

  • Ala Carte Restaurant, adalah jenis restoran yang memiliki menu lengkap yang dapat di pesan per satuan menu dan sifatnya tidak memiliki aturan yang mengikat (bebas).
  • Table d’hote, adalah jenis restoran yang cara penyajiannya berurutan mulai dari menu pembuka, makanan inti, sampai makanan penutup. Restoran jenis ini biasanya erat kaitannya dengan cara penyajian di hotel.
  • Continental restaurant, adalah resto yang memberikan kebabasan kepada para pengunjungnya untuk memilih makananya sendiri atau bahkan mengiris menu yang disajikan sendiri.
  • Speciality restaurant, adalah jenis restoran yang mengusung tema khusus untuk berbagai acara penting (ulang tahun, pernikahan, jamuan penting, resepsi, dll). Adapun makanan dan minuman yang ditawarkan juga berbeda dengan restoran lainnya.
  • Terrace restaurant, adalah jenis restoran yang berada di luar ruangan atau lebih tepatnya di pelataran hotel. Kalau di negara barat, jenis terrace restaurant ini hanya bisa dibuka saat musim panas.
  • Gourment restaurant, adalah tempat makan khusus untuk mereka yang paham akan cita rasa makanan, jadi tidak heran kalau menu yang disajikan harganya tidak murah.
  • Family restaurant, adalah jenis restoran khusus yang ditujukan untuk rombongan keluarga yang mungkin ingin mengadakan makan malam bersama, acara keluarga bersama dengan suasana yang sangat santai dan nyaman.
  • Main dining room, adalah jenis restoran dengan ruang makan yang sangat besar dan umumnya ini terdapat pada hotel untuk berbagai acara resmi dan disewakan.
  • Coffe Shop, adalah jenis restoran yang menawarkan suasana santai dengan suguhan menu ringan seperti kue-kue atau makanan siap saji dan juga minuman kopi.
  • Cafetaria, adalah tempat resto yang menawarkan berbagai macam minuman dan makanan seperti sandwich dan roti. Jenis restoran ini biasanya erat kaitannya dengan lingkungan perkantoran.
  • Canteen, adalah jenis restoran yang menawarkan makanan dan minuman dengan harga terjangkau.
  • Cervery, adalah jenis restoran yang biasa berada di motel kecil dan umumnya menghidangkan pilihan menu makan dan minuman sederhana.
  • Discotheque, adalah tempat makan dan minum yang juga menawarkan suasana gemerlap penuh dengan iringan music dan daya tariknya tersendiri. Adapun menu yang ditawarkan biasanya jenis menu siap saji.
  • Fish and chip shop, adalah jenis restoran yang hanya menjual aneka menu ikan dan snack sebagai menu utamanya.
  • Grill room, adalah jenis resto khusus yang menawarkan menu masakan barbekyu sebagai sajian utamanya.
  • Intavern, adalah jenis restoran kecil yang berada di pinggiran kota dan umumnya menyuguhkan berbagai macam makanan siap saji dan minuman kopi.
  • Pizzeria, adalah restoran yang menu utamanya adalah berbagai macam olahan pizaa dan pasta.
  • Creeperie, adalah restoran yang memiliki berbagai macam pilihan menu serta kreps dan manisan.
  • Pun, adalah restoran khusus yang menjual berbagai macam minuman bralkhoL.
  • Café, adalah tempat makan dan minum yang menawarkan suasana santai alias tidak resmi. Menu yang dihidangkan biasanya jenis makanan siap saji.

Sistem Pelayanan Restoran

Sistem Pelayanan Restoran
pxhere.com

Adapun sistem pelayanan restoran yang biasa di terapkan secara umum, diantaranya adalah :

1. Table Service

Table service adalah model pelayanan restoran dimana tamu yang datang hanya perlu duduk di meja, maka waiter/waitress akan datang menghampiri untuk memberikan pilihan menu, mencatat pesanan dan mengantarkan hidangan ke meja.

2. Counter Service

Counter service adalah model pelayanan restoran dimana para tamu yang datang langsung menuju counter untuk memesan menu makanan dan minuman. Jika hidangan yang dipesan sudah siap, maka pramusaji akan menyajikan makanannya langsung di atas counter.

3. Self Service

Self service adalah sistem pelayanan restoran dimana para tamu bisa langsung memilih makanan yang di inginkan secara lengkap (appetizer, main course, dessert) yang telah di tata rapi di meja prasmanan.

4. Buffet Service

Buffet service

adalah sistem pelayanan restoran dimana para tamu yang datang bisa mengambil makanan di meja buffet. Adapun penataan makanan bisa sangat bervariasi tergantung dari pihak restoran sendiri.

5. Carry Out Service

Carry out service adalah sistem palayanan restoran dimana pembeli yang datang bisa langsung memilih menu yang dipesan, kemudian menunggu untuk disiapkan, lalu dibungkus dalam box untuk di bawa pergi.

Perbedaan Restoran dan Rumah Makan

Banyak yang belum tahu apa sih perbedaan restoran dan rumah makan? Kebanyakan orang mengartikan keduanya itu sama padahal ternyata ada sedikit perberbedaan. Restoran merupakan kata serapan dari bahasa asing yaitu “restaurant”. Sementara rumah makan adalah kata asli yang berasa dari Bahasa Indonesia yang berarti tempat yang menyediakan jasa makan dan minum.

Namun perkembangan saat ini, kata restoran kualitas atau derajat yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan rumah makan. Kenapa demikian? Karena kalau berbicara mengenai rumah makan, maka semua tempat makan yang menyajikan makanan dan minum baik di pinggir jalan sekalipun adalah sama.

Berbeda dengan restoran. Rumah makan belum tentu bisa dikatakan sebagai restoran apabila kualitas pelayanan, desain bangunan dan suasana belum memenuhi kriteria. Jadi bisa disimpulkan bahwa restoran dipandang lebih berkelas di mata masyarakat ketimbang rumah makan biasa.


Itulah pembahasan kali ini mengenai pengertian restoran menurut para ahli terbaru tahun 2015, tujuan, sistem playanan, produk yang dijual serta perbedaannya dengan rumah makan biasa. Semoga bisa berguna dan menambah wawasan Anda!

Leave a Comment