Sistem Komputer: Pengertian, Fungsi dan Komponen Lengkap

Pengertian sistem komputer – Agar sebuah komputer bisa bekerja dengan baik, maka diperlukan sebuah sistem di dalamnya yang dapat mengatur segala bentuk komputasi mulai dari input, process sampai dengan output.

Untuk menjalankan perintah tersebut maka sebuah sistem komputer sendiri akan melibatkan beberapa komponen seperti software, hardware dan juga brainware. Ketiga komponen tersebut merupakan element penting untuk menghasilkan sebuah informasi yang siap disajikan kepada user.

Nah untuk pembahasan lebih lengkap mengenai pengertian sitem komputer, fungsi,  element dan komponen apa saja yang terlibat di dalamnya, simak ulasan berikut ini.

Pengertian Sistem Komputer

Sistem Komputer
pixabay.com
Sistem komputer adalah kumpulan dari berbagai perangkat komputer yang saling berkaitan satu dengan yang lain, sehingga dapat berinteraksi dan menjalankan proses pengolahan data.

 

Ada beberapa perangkat yang digunakan untuk menjalankan sistem komputer yakni :

  • Perangkat keras (hardware)
  • Perangkat lunak (software)
  • Perangkat otak (brainware)

 Setiap perangkat ini memiliki fungsinya sendiri, sehingga masing-masing bisa menunjang kinerja komputer.

Apabila perangkat keras berfungsi dengan baik, maka perangkat lunak dan brainware juga akan bekerja secara maksimal. Namun jika salah stau perangkat rusak, maka proses olah data dan berjalannya sistem komputer akan terganggu.

Pengertian Sistem Komputer Menurut Para Ahli 

  • Menurut Wimatra, dkk (2008), sistem komputer adalah suatu sistem dalam perangkat komputer yang memilki tujuan untuk melakukan proses pengolahan data, yang kemudian dapat menghasilkan suatu informasi yang berguna.
  • Menurut V. C. Hamacher, sistem komputer adalah ssitem yang dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.

Dapat disimpulkan bahwa sistem komputer merupakan hubungan antar komponen untuk melakukan proses olah data demi menghasilkan informasi bagi pengguna. 

Fungsi Sistem Komputer

Fungsi Sistem Komputer
pixabay.com

Sebuah sistem komputer memiliki peran dan fungsi yang sangat vital untuk melakukan segala bentuk perintah yang diberikan oleh user. Adapun fungsi sistem komputer tersebut meliputi :

1. Melakukan Input Data

Fungsi utama sistem komputer salah satunya untuk memasukkan data mentah ke dalam bentuk digital dan mengolahnya. Ada berbagai jenis data yang bisa Anda masukkan ke dalam komputer, dari mulai angka, tulisan, hingga audio.

Untuk memasukkan berbagai data tersebut, maka dibutuhkan perangkat keras penunjang komputer diantaranya mouse, keyboard maupun microphone. Setelah data input tersebut masuk ke sistem komputer, maka proses pengolahan data bisa dilakukan.

2. Melakukan Proses Data

Berdasarkan pengertian sistem komputer sebelumnya, komputer juga digunakan untuk olah data. Jadi proses pengolahan data ini merupakan fungsi lanjutan dari adanya sistem komputer. Sistem di dalam komputer akan mengolah data mentah menjadi sebuah informasi atau data baru yang bisa terbaca oleh komputer lain.

Untuk melakukan proses olah data, maka dibutuhkan brainware berupa CPU (Cenral Processing Unit) sebagai otak dari sistem komputer. Jadi CPU akan membuat data mentah yang dimasukkan menjadi informasi data digital yang bisa dibaca memori komputer.

3. Menghasilkan Sebuah Data

Setelah selesai melakukan processing data, maka akan didapatkan bentuk data baru yang akan ditampilkan sebagai sebuah output. Adapun data yang sudah diproses, bentuknya akan disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Data yang sering menjadi hasil akhir dari sistem pengolahan komputer yakni data berupa gambar, suara, atau jenis informasi lainnya. Hasil pengolahan data ini bisa Anda gunakan kembali atau disimpan di dalam memori komputer.

4. Menyimpan Data

Data yang sudah diproses akan disimpan oleh komputer, sehingga dapat digunakan di lain waktu untuk memudahkan proses pengambilan data. Hasil olahan inilah yang kemudian disimpan di dalam memori komputer.

Sebutan untuk data yang sudah jadi ini disebut sebagai output data yang tersimpan dalam bentuk digital, bisa dibaca oleh memori komputer yang Anda miliki atau komputer lain. data yang sudah tersimpan bisa digunakan, diolah atau diperbarui sesuai dengan kebutuhan.

Komponen Sistem Komputer

Untuk menjalankan semua fungsi pengolahan data, sebuah sistem komputer memerlukan beberapa dukungan komponen/element untuk melakukan input output, mengolah data, dan menyimpannya yakni:

1. Perangkat Keras

Perangkat Keras
pixabay.com

Perangkat keras (hardware) adalah perangkat komputer yang memiliki wujud dan bisa disentuh. Ada berbagai model dan jenis perangkat keras yang dibutuhkan oleh komputer, diantaranya seeprti monitor, CPU, hingga mouse dan keyboard, berikut adalah penjelasan lebih lengkap.

  • Alat Input Data

Perangkat keras meruapakan alat yang digunakan untuk memasukkan data mentah ke dalam komputer agar bisa dibaca oleh brainware atau memori komputer. Jenisnya ada beragam yaitu

  1. Keyboard
  2. Mouse
  3. Joystick
  4. Touchpad
  5. Modem
  6. Falshdisk
  7. CD

Untuk alat input data yang lebih terkini, Anda bisa menggunakan scanner untuk melakukan input gambar, mic untuk input data dengan model suara, dan digital graphic tablet untuk jenis data yang lebih kompleks.

  • Central Prosesing Unit

Pengertian sistem komputer tidak akan lengkap tanpa CPU, sebab ia merupakan otak yang akan mengolah data input. Semua kegiatan komputer, dari proses input, pengolahan dan penyimpanan dilakukan oleh CPU.

Sebagai pusat pengolahan data, CPU akan memberikan izin dan control pada aktifitas yang akan dijalankan oleh komputer. Ia juga menjadi pusat pengendali untuk segala jenis perangkat penunjang komputer, seperti perangkat lunak hingga perangkat keras.

  • Perangkat Penyimpanan

Berikutnya adalah perangkat yang memiliki fungsi sebagai media penyimpanan data, yakni unit storage. Unit ini dibagi menjadi dua jenis :

  1. Internal Storage
  2. External Storage

Jadi Data yang sudah diinput dan diolah, akan langsung tersimpan ke dalam perangkat yang satu ini.

Jika Anda sedang mengolah data, maka data tersebut akan tersimpan dalam perangkat penyimpanan dalam jangka waktu tertentu. Anda bisa menggunakannya kembali setelah proses input data usai, atau menggunakan perangkat ini guna memindahkan data ke komputer yang lain.

  • Perangkat Keluaran

Berbeda dengan input unit, output unit atau perangkat keluaran memiliki fungsi untuk menghasilkan data yang sudah diproses dalam bentuk fisik. Data yang dihasilkan merupakan hasil dari pemrosesan yang dilakukan oleh komputer.

Adapun contoh perangkat output sendiri terdiri atas :

  1. Monitor
  2. Proyektor
  3. Headset
  4. Speaker
  5. Printer
  6. Proyektor
  7. Webcam

Dalam pengertian sistem komputer dijelaskan mengenai data yang didapatkan setelah proses olah data, diantaranya data berupa gambar, suara, informasi dan juga video. Jenis output keluaran diantaranya berupa monitor, printer, speaker dan yang lainnya.

2. Perangkat Lunak

Perangkat lunak

Perangkat lunak (software) adalah sekumpulan data digital yang dapat diatur, disimpan dan digunakan sesuai dengan kebutuhan. Ia memiliki fungsi dan instruksi khusus yang bisa Anda jalankan, sehingga membutuhkan CPU atau brainware untuk menjalankannya, diantara jenisnya adalah:

  • Sistem operasi, yakni program dasar yang digunakan untuk menghubungkan pengguna maupun hardware komputer dengan sistem operasinya. Tanpa sistem operasi, komputer tidak bisa berjalan, karena berbagai aplikasi tidak bisa berjalan.
  • Program aplikasi, merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan pengguna dalam pengertian sistem komputer. Jenis perangkat lunak yang dipakai biasanya tergantung dengan kebutuhan dan tiap komputer memiliki program aplikasi yang berbeda.
  • Program tambahan, adalah jenis program yang digunakan untuk melindung sistem pada komputer atau menunjang kinerja perangkat keras.
  • Program bahasa, merupakan program yang dipakai untuk memudahkan pengguna memahami fungsi dan cara kerjanya. Tanpa bahasa program, maka pengguna tidak bisa mengetahui langkah lanjutan dalam memproses data yang masuk.

3. Perangkat Otak

Brainware sistem komputer

Perangkat otak (brainware) adalah perangkat yang digunakan untuk melakukan operasi dan olah data pada pengertian sistem komputer. Perangkat otak atau brainware penting dalam sistem komputer, sebab tanpanya komputer tidak akan bisa mengolah data. Contoh dari perangkat otak untuk sistem komputer adalah manusia, diantara jenisnya adalah:

  • Programmer, merupakan orang yang menguasai bahasa pemrograman, sehingga bisa mempersiapkan suatu program untuk digunakan sesuai fungsi dan tujuannya.
  • Sistem analisis, merupakan orang yang melakukan koordinasi hingga perencanaan dengan perangkat lunak, keras, dan sistem yang ada di dalam komputer.
  • Admin, merupakan orang yang mengelola dan bertanggung jawab pada sistem operasi komputer.
  • Operator adalah orang yang bertugas memanfaatkan fungsi dari sistem komputer itu sendiri, ia juga merupakan orang yang mengolah data menggunakan sistem komputer dan perangkat lunaknya. Pengertian sistem komputer dan komponennya tidak akan berjalan jika tidak dioperasikan oleh operator.

Jadi itulah pembahasan mengenai pengertian sistem komputer lengkap dengan fungsi dan komponen-komponen yang bekerja di belakangnya. Dengan begitu Anda mengetahui bahwa untuk menjadikan sebuah data inputan mentah menjadi sebuah output memerlukan proses panjang yang dilakukan oleh sistem komputer.

Leave a Comment