Pengertian Perangkat Input dan Output Komputer

Perangkat input dan output merupakan komponen penting pada komputer sebagai alat masuk dan juga keluaran yang meliputi hardware dan software. Perangkat yang juga disebut alat I/O ini memang sangat luas cakupannya dengan fungsi yang berbeda-beda.

Kebanyakan orang membayangkan input dan output device hanya sekedar layar, speaker, mouse dan keyboard. Padahal, cakupan topik ini lebih luas lagi. Bagi yang belum tahu berikut ini akan di bahas contoh, pengertian, fungsi, dan juga jenis-jenisnya.

Contoh Perangkat Input dan Output

No. Perangkat Input Perangkat Output
1 Audio conversion device Monitor
2 Barcode Reader 3D Printer
3 Biometrics (fingerprint, scanner). Projector 
4 Business card reader Speakers 
5 Digital camera and digital camcorder. TV 
6 EEG (electroencephalography) GPS
7 Finger (with touch screen or Windows Touch). Headphones / Earphone
8 Gamepad, joystick, paddle, steering wheel, and Microsoft Kinect. Plotter 
9 Gesture recognition Braille embosser
10 Graphics tablet Printer (dot matrix printer, inkjet printer, and laser printer)
11 Keyboard Braille reader
12 Light gun Sound card
13 Light pen COM (Computer Output Microfilm)
14 Magnetic ink  SGD (Speech-generating device)
15 Magnetic stripe reader Flat-panel
16 Medical imaging devices (X-ray, CAT scan, and ultrasound images). Video card
17 Microphone (using voice speech recognition or biometric verification).
18 MIDI keyboard
19 MICR
20 Mouse, touchpad, or other pointing devices.
21 OMR (optical mark reader)
22 Paddle
23 Pen or stylus
24 Punch card reader
25 Remote
26 Scanner
27 Sensors (heat and orientation sensors).
28 Sonar imaging devices
29 Stylus (with touch screen).
30 Touch screen
31 Voice (using voice speech recognition or biometric verification).
32 Video capture device
33 VR helmet and gloves
34 Webcam
35 Yoke

Fungsi Perangkat Input dan Output

Untuk melakukan sebuah proses, komputer tentu membutuhkan data yang dimasukkan melalui alat inputan yang ada. Aktivitas seperti menekan tombol keyboard adalah salah satu contoh inputan  yang paling simple. Misalkan saja Anda menekan tombol “A” artinya Anda memasukan data huruf “A” kedalam komputer untuk kemudian diproses oleh sistem.

Pada dasarnya sebuah data komputer tidak bisa ditangkap oleh user karena hasilnya masih dalam bentuk bahasa komputer berupa kode binary 0 dan 1. Namun, untuk bisa dimengerti oleh user maka peran perangkat output disini sangatlah penting.

Jadi tombol huruf “A” yang di inputkan akan diterima komputer dalam bahasa binary. kemudian untuk bisa muncul dengan baik ke layar monitor kode binary tersebut akan dikonversi menjadi huruf yang bisa dikenali dan dibaca oleh manusia. 

Walaupun konsep ini mudah dipahami, peranan hardware tersebut tidak bisa dipisahkan. Minimal, alat komputer perlu satu pasang perangkat input dan output untuk dapat bekerja baik. Jika hanya komputer saja, hal ini bisa disamakan dengan otak tanpa bagian tubuh yang lain.

Perangkat Input Komputer

Alat input merupakan bagian komputer yang berinteraksi langsung dengan pengguna atau user. Komputer secara sederhana adalah otak. Tanpa bagian tubuh yang lain, komputer tentu tidak bisa bekerja dengan baik layaknya tubuh manusia.

Gambaran lain yang bisa digunakan untuk perangkat input komputer adalah alat yang membuat user bisa berinteraksi dengan komputer. Nah, untuk mendalami lebih jelas berikut penjelasan pengertian input komputer:

A. Pengertian Input

Alat input sendiri adalah perangkat keras yang bertugas mengirimkan data dari luar. Data yang dimasukan ini bisa disamakan dengan indra bagi manusia. Untuk memfungsikan pikiran, manusia perlu data dari indra penglihatan, perasa dan indera lainnya.

Bagi komputer, input device ini bisa berupa berbagai macam hal. Untuk alat yang paling umum digunakan sebagai input adalah keyboard dan mouse. Tanpa kedua perangkat keras ini, komputer tidak bisa memasukan data seperti command untuk mengetik ataupun kendali kursor.

B. Jenis-jenis Perangkat Input

Jenis perangkat input dibagi menjadi 6 jenis. Setiap jenis ini memiliki karakteristik sendiri yang berbeda. Berikut adalah pembagian beserta contohnya:

1. Basis Tombol

Input yang satu ini merupakan bentuk yang paling sederhana. Saat menekan tombol, Anda bisa memasukan input tergantung command yang terpasang pada tombol tersebut.

perangkat input keyboard
pxhere.com
  • Keyboard

Bentuk paling umum dari contoh input ini adalah perangkat keyboard. Fungsi keyboard adalah untuk memasukkan perintah dalam bentuk simbol, huruf, angka dan tanda baca guna membuat tulisan ataupun laporan teks.

Alat ini memiliki berbagai macam tipe dan juga port yang digunakan, bahkan untuk versi terbaru saat ini sudah memanfaatkan teknologi wifi sehingga bisa dihubungkan ke komputer tanpa bantuan kabel yang sangat ribet

2. Basis Controller

Walaupun memiliki tombol, peran controller adalah mengarahkan dan mengatur kursor pada komputer. Bentuk controller ini bisa berupa scroll wheel, mouse ataupun joystick. Peranan untuk kendali seperti ini hanya ditemukan pada komputer tingkat tinggi dan bukan komputer sederhana seperti kalkulator.

Perangkat Input Mouse
pixabay.com
  • Mouse

Mouse adalah perangkat input yang digunakan sebagai controller / pointer dengan bentuk menyerupai tikus. Pada alat ini terdapat 2 tombol kanan dan kiri serta 1 scroller yang berada di tengahnya.

Fungsi Mouse biasa digunakan untuk melakukan select, scroll, Drag and Drop, Hover menggunakan tombol kanan atau kiri dan juga untuk menunjuk bagian mana yang ingin di klik atau di pilih sebagai layar aktif.

  • Joystick

Joystik adalah alat masukkan yang digunakan untuk mentransmisikan arah khususnya saat sedang bermain game. Jadi fungsi joystik ini bisa diputar ke segala sudut untuk menunjuk segala arah dan biasanya juga dilengkapi dengan beberapa tombol dengan fungsi yang berbeda.

  • TrackBall

Trackball adalah sebuah alat berupa bulatan seperti kelereng yang umumnya berada di atas mouse untuk menunjukkan arah baik ke atas, bawah, kanan maupun ke kiri. Fungsi Trackball untuk memudahkan user dalam memindahkan atau menggeser posisi kursor.

3. Basis Scanner

Scanner adalah perangkat input yang mampu membaca data berdasarkan kode yang di-scan. Scanner ini bisa berupa photo scanner, barcode scanner dan QR-code scanner. Sekarang ini penggunaan input scanner lebih umum untuk kebutuhan transaksi digital.

Perangkat Input Scanner
bhphoto.com
  • Photo Scanner

Photo Scanner adalah alat yang digunakan untuk memindai foto, kerta atau gambar dengan ukuran tertentu untuk disimpan dalam bentuk file. Adapun hasil dari pindaian ini akan sangat mirip dengan aslinya baik dari warna, ukuran maupun bentuk sehingga bisa diedit kembali mengguakan komputer.

Biasanya alat photo scanner saat ini juga sudah dilengkapi kemampuan untuk melakukan print layaknya mesin fotocopy sehingga bisa dikatakan memiliki kemampuan 3-in-1.

  • Barcode Scanner

Barcode Scanner adalah alat khusus untuk membaca kode yang terdapat pada berbagai macam peralatan untuk keperluan transaksi penjualan. Tidak heran jika Anda lebih akrab menjumpai alat ini di kasir-kasir minimarket dan sejenisnya.

Perangkat ini sangat memudahkan user karena kemampuannya bisa membaca berbagai macam kode barcode seperti kode batang, simbol maupun garis satu dimensi.

4. Basis Camera

Alat ini bekerja seperti scanner tapi dengan kemampuan yang lebih complex. Kamera mengambil gambar dan memasukkannya sebagai data ke komputer. Kamera yang paling umum digunakan untuk input adalah webcam dan kamera smartphone.

perangkat input webcam
pxhere.com
  • Webcam

Webcam adalah alat input untuk mengambil foto ataupun video yang mirip seperti kamera kecil yang diletakkan di atas layar monitor dan telah terintegrasi dengan komputer.

  • Kamera Smartphone

Kamera Smartphone saat ini juga bisa digunakan sebagai perangkat input komputer sebagai ganti webcam ataupun sejenisnya. Jadi Anda hanya perlu menginstal aplikasi yang diperlukan dan mengintegrasikannya ke komputer ataupun laptop untuk merekam / mengambil video.

  • Handycam

Handycam merupakan kamera yang sifatnya portabel atau bisa di bawa kemana-mana untuk melakukan perekaman video, gambar dan juga melakukan foto sebagai alat input serta bisa di integrasikan ke komputer untuk sharing data.

5. Basis Sensor

Input yang satu ini adalah yang paling unik. Sensor bisa berfungsi sebagai indra perasa pada manusia. Mulai dari sensor deteksi panas, sensor radiasi sampai layar sentuh adalah contoh input yang menggunakan konsep sensor.

Perangkat Input Light Pen

  • Light Pen

Lightped adalah alat input yang berfungsi untuk menggambar di atas layar komputer maupun Ipad. Alat ini didesain menyerupai pulpen dengan bagian ujung lancip agar mendapatkan goresan yang sesuai untuk keperluan grafis.

  • Touchpad

Touchpad adalah alat input berbasis sensor yang berfungsi untuk memberikan perintah ke layar komputer. Dengan teknologi saat ini Anda sudah tidak perlu lagi menggunakan keyboard karena segala aktivitas bisa dilakukan hanya dengan sentuhan jari seperti tab, double-tab, drag, swipe, touch and hold.

  • Finger Print

Finger Print adalah alat masukkan untuk mendeteksi keaslian data dengan cara mencocokkan sidik jari user dengan database yang telah tersedia.

6. Basis Audio Device

Input yang tergolong audio device adalah peralatan yang memasukan suara sebagai data. Hal ini bisa berupa gitar listrik yang terhubung dengan komputer dan mic. Biasanya hampir semua alat music modern bisa menjadi input audio asalkan sudah memiliki adapter konversi.

Perangkat Input Microphone
pxhere.com
  • Microphone

Microphone adalah alat input yang biasa digunakan untuk memasukkan suara ke dalam komputer. Suara tersebut biasanya akan diolah untuk berbagai macam keperluan seperti chatting online, voice recorder, voice recognition, chatting game, dan audio for video.

Perangkat Output Komputer

alat komunikasi. Komputer berinteraksi dengan user melalui perangkat output. Sedangkan

A. Pengertian Output

Alat output adalah kebalikan dari perangkat input komputer. Alat ini bertugas mengeluarkan tampilan data untuk diserap user dan dipancarkan keluar. Jika dibandingkan dengan tubuh manusia, output ini sama seperti tangan, jari dan kaki. Bagian tubuh ini menerima data dari otak dan melakukan perintahnya.

Untuk komputer, alat output ini bisa berupa macam – macam perangkat keras yang berinteraksi di luar komputer. Contoh paling umum untuk ini adalah layar monitor. Data dari komputer berinteraksi dengan layar display dan menunjukan gambar untuk para user. 

B. Jenis-jenis perangkat Output

Perangkat input dan output tentu ada banyak. Setiap tahunnya, perangkat ini selalu berkembang dan muncul jenis yang baru. Walaupun begitu, jenis perangkat ini bisa dibagi menjadi kelompok – kelompok jenis besar. Berikut adalah bahasannya:

Jenis perangkat output umumnya dibagi menjadi 3 jenis. Berikut adalah penjelasan kelompok jenis output berdasarkan karakteristik fungsinya:

1. Basis Display

Perangkat output ini meliputi semua perangkat keras yang mampu menampilkan gambar dan tampilan tertentu. Mulai dari layar monitor, proyektor sampai hologram adalah perangkat yang masuk golongan ini. Perangkat paling baru yang masuk kategori ini adalah VR Headset.

Perangkat Output Monitor
pxhere.com
  • Monitor

Monitor adalah alat output yang digunakan untuk menampilkan gambar maupun video hasil dari pemrosesan data. Adapun saat ini monitor terdiri atas berbagai macam jenis seperti tabung, LCD, plasma hingga monitor OLED dengan berbagai resolusi untuk mendapatkan ketajaman gambar yang diinginkan.

  • Proyektor

Proyektor adalah alat yang berfungsi untuk menampilkan gambar di layar proyeksi dengan mengintegrasikan sistem optik, sumber cahaya dan display.

Saat ini ada berbacai jenis proyektor di pasaran seperti proyektor film, LCD, overhead maupun proyektor poryeksi itu sendiri.

2. Basis Sound 

Perangkat output yang satu ini mewakili semua perangkat keras yang mampu menghasilkan suara. Mulai dari speaker, bluetooth headset dan high frequency sonar adalah contoh – contohnya. Penggunaan alat ini umumnya penting di industri hiburan music dan film.

Perangkat Output Speaker
pxhere.com
  • Speaker

Speaker adalah perangkat output yang bisa digunakan untuk menghasilkan suara sehingga bisa didengan oleh pengguna. Ukuran dari speaker ini sangat bervariasi, mulai dari yang ukuran kecil sampai besar sekalipun ada.

Anda bisa memanfaatkan speaker untuk mendengar musik dari jarak beberapa meter dan bahkan saat ini dilengkapi dengan teknologi wireless dan bluetooth sehingga sudah tidak menggunakan kabel.

  • Headset

Headset adalah alat output yang bisa menghasilkan suara yang bisa digunakan dan dilekatkan di telinga pendengar. Alat ini didesain dan dirancang khusus menyesuaikan bentuk kepala sehingga lebih nyaman ketika digunakan.

3. Basis Printer

Perangkat ini adalah yang paling unik karena merupakan alat yang mampu membentuk benda lain dari proses komputer. Hal seperti printer kertas, mesin 3D printer dan CNC cutting tool adalah contoh yang paling banyak digunakan.

Perangkat Output Printer

  • Printer Kertas

Printer adalah perangkat yang berfungsi untuk mencetak baik kertas maupun gambar di atas lembar kertas hardcopy menggunakan tinta.

Saat ini ada berbagai jenis printer yaitu printer Dot Matrix, Daisy Wheel, Laser, Ink-Jet dan Chain dengan kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda.

Perkembangan Perangkat Input dan Output

Sekarang ini kecepatan perkembangan teknologi sudah makin cepat. Hal ini terutama dalam pengembangan peralatan input dan output. Banyak orang membayangkan bentuk paling high-tech dari output dan input adalah membuat interactive hologram dan pengembangan true virtual reality.

Kedepannya, peralatan ini pasti akan lebih maju. Jadi tidak aneh konsep virtual reality yang menstimulasi sense secara langsung bisa tercapai sebagai perangkat output. Untuk input, interactive hologram juga menarik. Jika dibayangkan Anda bisa menggunakan hologram komputer seperti di film Iron Man.

Walaupun konsepnya menarik, tidak banyak pihak mengejar konsep hologram dan virtual reality. Hanya pihak yang aktif dalam pengembangan digital entertainment saja yang mau melakukan hal ini. Hal seperti developer game adalah pihak yang paling antusias soal kedua teknologi tersebut.

Untuk pihak lain, output dan input lebih difokuskan pada efisiensi ruang. Sekarang ini device output dan input masih berkutat di gadget kecil. Semua orang berusaha mengecilkan perangkat output dan input yang complex agar bisa digunakan di smartphone dan tablet.

Tapi selama masih dikembangkan, output dan input baru pasti akan bermunculan. Jadi mari amati bersama perkembangannya. Mudah – mudahan penjelasan mengenai perangkat input dan output di atas sudah cukup jelas bagi Anda. Terima kasih sudah membaca artikel ini!

Leave a Comment