Pengertian dan Perbedaan CD, VCD dan DVD

CD, VCD, DVD merupakan jenis-jenis cakram optik digital yang digunakan untuk menyimpan data dan sifatnya portable atau bisa dibawa kemana-mana. Adapun ketiga jenis tersebut memiliki perbedaan serta kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Oleh karena itu Anda wajib mengetahui pengertian, sejarah, fungsi dari CD, VCD dan DVD sehingga bisa membedakannya dengan jelas dan berikut ini adalah ulasannya.

Pengertian CD

Pengertian CD

CD adalah singkatan dari Compact Disk. Alat ini merupakan sebuah disk yang digunakan untuk menyimpan data secara digital dengan menggunakan sistem optical. Pada umumnya, CD ditemukan dengan ukuran sekitar 120 milimeter 

CD ini dapat digunakan untuk menyimpan data suara sepanjang 1 jam 20 menit atau suara yang belum di kompres dengan ukuran 700 MB. Selain itu, ada juga CD dengan ukuran mini yang memiliki ukuran beragam mulai dari 60 milimeter hingga 80 milimeter. 

Sejarah Perkembangan CD

Cd pertama kali dibuat oleh perusahaan Philips dan Sony. Pertama kali CD dirilis pada tahun 1982. Pada awal nya, format yang bisa disimpan dengan menggunakan perangkat ini adalah suara yang dihasilkan dalam sebuah kegiatan recording

Akan tetapi kemudian perangkat ini dikembangkan menjadi sebuah alat untuk menyimpan data yang kemudian disebut dengan CD-ROM. Pada awal dikembangkan CD memiliki kemampuan untuk menyimpan data hingga 10 MB saja. 

Jenis-Jenis CD 

Untuk jenisnya, CD merupakan bisa ditemukan dengan beberapa jenis yaitu :

1. CD standar

CD standar adalah sebuah compact disk yang bisa dinyalakan atau dimainkan dengan menggunakan perangkat pemutar CD audio. Jenis CD ini tidak bisa digunakan untuk menulis hanya bisa didengar saja. 

2. CD-R

Untuk jenis CD ini adalah sebuah CD yang digunakan untuk memainkan atau melihat data. CD-R sendiri merupakan sebuah kepanjangan dari CR-Read yang artinya data dalam CD tersebut hanya bisa dibaca. 

3. CD-RW

Untuk CD-RW merupakan singkatan dari CD Read Write. Artinya, jika Anda memiliki CD tersebut Anda memiliki kemampuan untuk menulis dan juga menghapus apa saja yang tersimpan dalam CD tersebut dan juga melihat apa isinya. 

Perbedaan antara CD-R dan CD-RW adalah jika CD-R hanya bisa ditulisi saja dan tidak bisa dihapus, namun pada CD-RW sudah memiliki kemampuan untuk menulis dan menghapus data yang tersimpan di dalamnya.

Kelebihan dan kekurangan CD

  • Kelebihan dari CD adalah ia tidak akan crash, ia juga memberikan ekses yang mudah untuk file yang Anda inginkan dan juga dapat digunakan untuk menyimpan file suara dengan kualitas yang sangat baik. 
  • Sedangkan untuk kekurangannya, CD memiliki kekurangan dari segi fisiknya. Fisik dari CD yang mudah tergores membuat produk digital ini menjadi mudah kehilangan data yang disimpannya. Selain itu, produk ini juga sulit untuk dibawa dalam jumlah banyak. 

Pengertian VCD

 

pengertian vcd

VCD adalah singkatan dari Compact disk digital video. Sesuai dengan namanya, VCD merupakan sebuah keping CD yang tidak hanya bisa digunakan untuk menyimpan data suara seperti CD tapi juga bisa menyimpan video. 

Disk ini pertama kali muncul untuk menyimpan home video yang digunakan untuk mendistribusikan film. Disk ini merupakan disk yang memiliki ukuran standar yaitu 120 mm seperti optical disk CD umumnya. 

Sejarah Perkembangan VCD

Untuk perkembangannya, VCD awalnya dibuat pada tahun 1993 oleh Sony, Philips, Matsushita, dan juga JVX. Jenis optical disk ini merupakan disk yang dikembangkan dari produk sebelumnya yaitu CD yang sudah dibuat terlebih dahulu di tahun 1982. 

Sesungguhnya pada tahun 1987, Philips sudah pernah membuat sebuah VCD yang mampu menyimpan video yang kemudian disebut dengan CD-V. Akan tetapi ukuran yang bisa disimpan hanya sekitar 5 menit sehingga produk ini diskontinu di tahun 1991. 

Pada awal tahun 1990-an pada engineer kemudian melakukan penelitian mengenai cara untuk mendigitalisasi dan mengompres sinyal video sehingga dapat menghasilkan video yang hemat penyimpanan dan juga tempat penyimpanannya yang kemudian disebut dengan Video CD atau VCD. 

VCD merupakan salah satu produk yang cukup sukses pada beberapa masa, akan tetapi dengan munculnya CD-R yang membuat industri perfilman menjadi terancam dengan pencurian digital, maka pembuatan VCD ini kemudian dihentikan. Jika pun ada biasanya VCD akan diproteksi.

Jenis-Jenis VCD

Untuk jenisnya, ini kami memiliki beberapa informasi mengenai jenis dari VCD ini. Jenis tersebut adalah :

1. VCD 2.0 

Merupakan VCD yang dirilis pada tahun 1995. Kelebihan dari jenis VCD ini adalah mengenai fitur tambahannya jika dibandingkan dengan VCD umumnya yaitu adalah penambahan resolusi, kemampuan untuk fast forward dan rewind. 

2. VCD ROM

VCD ROM adalah sebuah hasil kembangan VCD yang dikenalkan pada tahun 1997. Sama seperti VCD 2.0, jenis VCD ini memiliki kemampuan lebih yaitu untuk membuat disk hibrid yaitu VCD dan CD ROM 

3. VCD internet 

Untuk jenis VCD selanjutnya adalah VCD Internet. VCD ini diperkenalkan pada tahun yang sama yaitu 1997. Jenis VCD ini cukup unik karena dapat digunakan untuk menghubungkan video dan data internet. 

4. Super VCD

Merupakan VCD yang digunakan untuk menyimpan video dengan bitrate yang tinggi yaitu MPEG-1 atau variable bit rate lain. Jenis VCD ini merupakan jenis VCD yang paling dekat dengan format DVD.

Kelebihan dan kekurangan VCD

  • Untuk kelebihannya VCD memiliki kelebihan berupa penyimpanan data berupa gambar dan bisa langsung digunakan pada player Anda.
  • Sayangnya kapasitas yang dimiliki oleh perangkat penyimpanan ini bisa dibilang cukup minim jika dibandingkan dengan penggunaan DVD. 

Pengertian DVD

Pengertian DVD

DVD adalah singkatan dari Digital Versatile Disc atau Digital Video Disc. Perangkat ini juga termasuk sebagai perangkat optical disk samad dengan 2 jenis disk yang sudah dibahas sebelumnya. Jenis penyimpanan ini mulai dibangun di tahun 1995 dan mulai dirilis dari tahun 1996. 

Biasanya DVD ini digunakan untuk menyimpan software dan juga aplikasi komputer yang lainnya termasuk game dan juga file untuk video. Untuk mengetahui isi dari sebuah DVD, maka akan dibutuhkan DVD player. 

Sejarah perkembangan DVD 

Mengenai DVD ini, pengembangannya sesungguhnya bisa disebut berdampingan dengan sejarah perkembangan dari optical disk yang lain. Hal ini disebabkan karena kemunculan dari DVD dan juga VCD ini bisa dibilang berbarengan.

DVD sendiri merupakan sebuah format yang digunakan oleh Philips dan juga Sony untuk Digital Video yang dimilikinya. Akan tetapi dalam hal produksinya, Samsung malah yang disebut melakukan produksi massal untuk produk DVD ini. 

Produksi massal dari DVD ini dilakukan oleh Samsung pada bulan November 1996 di beberapa negara seperti Jepang dan negara-negara lainnya. Biasanya Samsung lebih banyak menyasar negara yang banyak memproduksi music video untuk pasar DVD mereka. 

Jenis-Jenis DVD 

Untuk jenisnya, DVD bisa ditemukan dalam 3 jenis yang berbeda yaitu :

  • DVD-5
  • DVD-9
  • DVD-10

Perbedaan dari ketiga jenis DVD ini bisa dilihat dari kapasitasnya, sisinya dan juga layer yang dimiliki oleh optical disk tersebut. 

Kelebihan dan kekurangan DVD

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh perangkat DVD ini adalah ukurannya yang sama dengan jenis optical disk yang lain tapi kapasitasnya yang lebih besar. Hal ini membuat penggunaan dari jenis optical disk yang satu ini juga menjadi lebih bervariasi. 

Selain itu, DVD juga merupakan sebuah disk yang lebih aman untuk digunakan karena adanya enkripsi CSS. Sayangnya enkripsi ini juga menjadi salah satu kekurangannya karena data yang ada di dalam DVD menjadi sulit untuk di backup. 


Perbedaan CD, DVD dan Blueray

CD, DVD dan Blueray memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai media penyimpanan berbasis optik. Namun berbedaan diantara ketiganya adalah :

Perbedaan CD DVD Blueray

Cakram Compact Disk (CD) 

  • Kapasitas penyimpanan 700 MB
  • Jarak terdekat antar segmen (track pitch) sebesar 1.6 micrometer
  • Bersifat Read-only

Cakram Digital Versatile Disc DVD 

  • Kapasitas penyimpanan 4830 MB
  • Jarak terdekat antar segmen (track pitch) sebesar 0.74 micrometer
  • Bersifat Read-Write (bisa ditulis dan dihapus)

Cakram Blueray 

  • Kapasitas penyimpanan 23 GB
  • Jarak terdekat antar segmen (track pitch) sebesar 0.32 micrometer
  • Bersifat Read-Write (bisa ditulis dan dihapus

Demikian ulasan mengenai pengertian CD, VCD, DVD, sejarah, jenis kelebihan dan kekurangan dari 3 optical disk yang banyak digunakan dalam dunia entertainment. Semoga informasi yang kami berikan ini dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda ya!

Leave a Comment