Pengertian GUI : Penjelasan Lengkap !!

Pengertian GUI – GUI merupakan salah satu jenis user interface yang digunakan untuk melakukan komunikasi antara manusia dengan perangkat seperti laptop, komputer, ponsel dan tablet. Hal ini menjadikan komponen GUI selalu berhubungan dengan representasi visual dari sebuah sistem operasi ataupun software.

GUI sangat berperan penting serta sangat memudahkan user untuk mengoperasikan sebuah sistem atau software aplikasi dengan navigasi yang ada. Untuk itu penting bagi Anda mengetahui lebih detail tentang apa itu pengertian, fungsi, jenis, komponen, kelebihan dan kekurangan dari graphical user interface.

Pengertian GUI

Pengertian GUI (Graphical User Interface) adalah bentuk antarmuka pengguna untuk memungkinkan user dapat berinteraksi dengan perangkat elektronik. 

GUI memiliki beberapa elemen, mulai dari elemen windows, menu, icon, widget dan juga tab. Untuk menggunakan elemen ini biasanya GUI akan mendapatkan inputan dari perangkat masukan, baik secara manual maupun dengan teknologi touchscreen

Dalam perkembangannya, GUI akan terus dikembangkan untuk semakin memudahkan penggunaannya seperti misalnya pengembangan teknologi gesture dan juga teknologi remote jarak jauh sebagai salah satu cara inputan di masa depan. 

Mengapa GUI Dibutuhkan?

Tampilan GUI

GUI merupakan salah satu hal yang umum dan diperlukan saat ini. Akan tetapi apakah sebuah komputer benar-benar membutuhkan GUI? Jika komputer tersebut digunakan oleh orang awam maka jawabannya adalah “Ya!”.

GUI adalah sebuah alat yang digunakan untuk menyederhanakan penggunaan sebuah fungsi. Bagi kita saat ini, komputer memang terkesan sangat mudah untuk digunakan. Hal ini disebabkan karena komputer terutama untuk keperluan komersial tidak akan laku jika tidak memiliki GUI. 

Komputer pada dasarnya adalah sebuah alat yang digunakan untuk memudahkan pekerjaan manusia. Jika komputer yang Anda miliki fungsi-fungsinya harus di ketik secara manual maka setiap orang yang ingin menggunakan komputer harus belajar bahasa pemrograman dahulu bukan?

Tidak banyak orang yang memiliki waktu untuk mempelajari bahasa pemrograman. Hal inilah yang membuat penggunaan GUI menjadi lebih menarik dan wajib untuk pengguna komputer yang bisa dibilang  awam. 

Sejarah GUI

GUI merupakan salah satu teknologi yang dibuat dan di teliti sejak lama, akan tetapi publik baru menikmatinya di awal tahun 1980an. Penggunaan dari teknologi ini merupakan sebuah teknologi yang digunakan untuk menggantikan sistem yang lama yang sering disebut dengan CLI. 

CLI atau Command Line Interface merupakan sebuah teknologi yang dibangun untuk memperbolehkan user memberikan perintah pada komputer dalam bentuk bahasa pemrograman. Dengan menggunakan CLI ini, inputan yang bisa diterima oleh komputer berasal dari keyboard saja. 

Jika dilihat dari sejarahnya, GUI pertama kali memang diperkenalkan oleh Apple karena perusahaan tersebut merupakan perusahaan pertama yang melakukan produksi massal untuk komputer bawaan mereka. meski merupakan produsen masal pertama, Apple bukan merupakan inventor GUI.

Tokoh pertama yang berhasil melakukan implementasi pada GUI ini adalah Dough Englebart. Beliau adalah salah satu pekerja di Stanford Research Institute pada saat itu. pada awalnya pembuatan dari GUI pertama ini dilakukan pada 2 model yaitu model  Alto dan Star. 

Model Star merupakan model yang  tersedia untuk publik di tahun 1981. Meski model ini membutuhkan hardware yang cukup mahal untuk mengoperasikannya, tetapi model ini berhasil di jual dengan jumlah yang cukup fantastis yaitu 25.000. 

Fungsi GUI

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, GUI adalah singkatan dari Graphical User Interface. Sesuai dengan namanya, GUI ini menggunakan grafis sebagai jembatan antara komputer dengan manusia. 

Penggunaan dari GUI ini diimplementasikan pada perangkat elektronik seperti komputer, laptop dan juga smartphone. GUI biasanya digunakan untuk representasi visual untuk melakukan perintah dan fungsi pada operating system Anda juga pada software. 

Dengan adanya GUI ini maka user akan lebih mudah dalam hal menggunakan fitur-fitur yang penting  dalam sebuah perangkat elektronik. Untuk menggunakan fungsi dengan mudah ini, beberapa hal yang biasanya digunakan adalah alat input seperti keyboard, mouse dan masih banyak lagi lainnya. 

Jenis-jenis Inputan GUI

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, GUI merupakan sebuah fungsi yang digunakan untuk menampung inputan dari user pengguna komputer. Hal ini menyebabkan ada banyak sekali jenis inputan untuk GUI. 

Jenis-jenis Inputan GUI

Selain membutuhkan banyak jenis inputan, jenis interface yang dimiliki oleh GUI ini antara lain adalah :

1. Input kontrol 

Komponen ini bisa digunakan untuk banyak jenis fungsi. Beberapa komponen input dari GUI ini antara lain adalah, button, penerima inputan teks, checkbox, list dropdown dan masih banyak lagi lainnya. 

2. Komponen navigasi 

Komponen selanjutnya adalah komponen navigasi. Komponen navigasi ini antara lain adalah slider, kolom search, tags, icon, pagination, breadcrumb dan beberapa jenis komponen navigasi yang lainnya. 

3. Komponen informasi 

Selanjutnya adalah komponen informasi. Komponen informasi adalah sebuah komponen berupa teks yang bisa diakses oleh user. Contoh dari komponen informasi ini adalah kolom message, progress bar, notifikasi dan lain-lainnya. 

Kelebihan Penggunaan GUI 

Selain mengetahui mengenai pengertian GUI (graphical user interface), Anda juga harus tahu hal-hal yang berhubungan dengan keuntungan dari penggunaan GUI ini.

1. Menawarkan banyak kemudahan

Kelebihan utama dari penggunaan GUI ini adalah mengenai kemudahan yang ditawarkannya. 

Pada operating system yang lawas seperti MS Dos dan juga bahasa pemrograman serupa kebanyakan masih menggunakan interface berupa CLI dimana user harus mengetikkan berbagai perintah untuk bisa menggunakan fungsi yang ada di dalam sebuah sistem. 

Dengan penggunaan dari GUI ini maka pengetikan sistem menjadi salah satu hal yang tidak diperlukan kembali. Keberadaan GUI merupakan salah satu hal yang membuat penggunaan sebuah software dan juga operating system menjadi lebih mudah. 

Karena penggunaan yang lebih mudah ini membuat user yang bukan expert dalam dunia coding juga bisa menggunakan komputer untuk memudahkan pekerjaan mereka. hal ini adalah kelebihan utama yang dimiliki oleh GUI. 

2. Membuat tampilan lebih menarik

Kelebihan lain dari graphical user interface adalah memiliki penampilan yang menarik sehingga membuat pengguna komputer merasa tertarik untuk menggunakan komputer atau perangkat elektronik yang lainnya. 

3. Memiliki resolusi gambar tinggi

JIka dahulu sebuah tambilan hanya berbasis CLI, maka dengan adanya GUI ini tampilan sekarang ini menjadi lebih jelas, tajam dan beresolusi tinggi.

4. Membuat navigasi tampilan lebih jelas

Kemudahan yang didapatkan dengan tampilan berbasis GUI ini si pengguna akan sangat dimudahkan dengan navigasi yang sangat jelas. Jadi Anda tidak perlu lagi mengetikkan perintah-perintah jika ingin melakukan sesuatu.

5. Tidak diperlukan keahlian khusus

Maksudnya pengguna yang menggunakan tampilan berbasis GUI maka tidak diperlukan keterampilan khusus. Jadi siapa saja bisa menggunakan dan mengoperasikan software ataupun aplikasi yang ada secara langsung.

Kekurangan Penggunaan GUI 

Akan tetapi penggunaan GUI tetap memiliki kekurangan. salah satunya adalah mengenai penggunaan dari GUI itu sendiri.

1. Memerlukan memori yang lebih besar

GUI adalah sebuah teknologi yang dibuat dengan menggunakan grafis sehingga komputer dengan GUI membutuhkan spesifikasi hardware yang lebih besar. 

GUI merupakan sebuah teknologi yang memberikan beban yang cukup besar sehingga ia dapat membuat hardware melakukan pekerjaan yang terlalu berat dan dapat mengurangi kecepatan kerja mesin. Hal inilah yang menjadi kekurangan dari GUI. 

2. Tampilan GUI sangat dipengaruhi oleh pengembang

Selain itu, pengguna dari GUI hanya bisa menggunakan GUI yang sudah dibuat oleh para developer sebelumnya. oleh karena itu, untuk menambahkan fungsi memang tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. 

3. Lebih banyak memakan daya

Selain membutuhkan hardware yang besar, GUI juga memiliki kekurangan dari segi penggunaan daya. Pada komputer yang dilengkapi dengan GUI maka daya yang dibutuhkan oleh perangkat elektronik Anda akan makin besar. 


Demikian ulasan mengenai pengertian GUI (graphical user interface) semoga ulasan tersebut memberikan tambahan informasi bagi Anda dan membuat Anda menjadi makin yakin bahwa GUI bukan hal yang sesulit yang Anda kira. 

Leave a Comment