DRY HEAT COOKING: Pengertian, Contoh, Teknik dan Kelebihan

Dry heat cooking (panas kering) adalah teknik pengolahan makanan yang paling banyak dilakukan khususnya bagi mereka yang ingin mendapatkan hasil yang lebih kering, garing ataupun crispy. Salah satu contoh dry heat cooking pada kehidupan sehari-hari kita adalah memanaskan makanan, baik itu di dalam oven atau diatas bara api.

Teknik dry heat cooking ini juga terbagi dari enam metode, yang mana caranya memasaknya juga berbeda-beda. Metode dry heat cooking diantaranya adalah grilling, roasting, deep frying, shallow frying, saute, broiling, pan frying, dan baking.

Nah, jelaskan apa yang dimaksud dengan dry heat cooking dan bagaimana cara kerja dari ke-delapan metode tersebut? Untuk mengetahui lebih jelasnya mengenai materi dry heat cooking, Anda bisa simak penjelasannya di bawah ini.

Pengertian Dry Heat Cooking

Dry heat cooking adalah teknik memasak yang menghasilkan makanan menjadi lebih kecoklatan dan bertekstur lebih kering, karena tidak menggunakan bahan cairan seperti air dan kaldu saat proses masaknya. Proses memasak dry heat cooking ini juga menjadi metode memasak yang sering diterapkan pada makanan daging, unggas, ikan, tahu, dan sayuran menjadi rasa yang lebih enak.

Proses dry  heat cooking ini juga membuat makanan matang melalui sumber udara panas dari bawah atau atas dan membuat makanan tersebut menjadi matang secara merata. Namun, Anda juga perlu memperhatikan hasil masakan, karena jika tidak terlalu kecoklatan bisa membuat rasa makanan Anda menjadi tidak enak dan mungkin bisa terkena risiko kesehatan.

Teknik Dry Heat Cooking

Teknik Dry Heat Cooking

Salah satu cara memasak yang sangat terkenal yaitu dry heat cooking (teknik panas kering), ini juga terdiri dari delapan teknik memasak yang berbeda-beda dan akan membuat hasil makanan Anda menjadi lebih enak. Selain itu, beberapa teknik dari dry heat cooking ini juga sering kita lakukan dalam memasak kebutuhan sehari-hari.

Apa saja yang termasuk teknik dry heat cooking? Simak penjelasan singkat delapan contoh teknik memasak dry heat cooking dibawah ini:

  1. Deep Frying adalah teknik pengolahan makanan menggunakan cukup banyak minyak saat proses memasaknya dan biasanya diterapkan saat memasak bahan makanan dalam jumlah banyak. Contohnya dalam kehidupan sehari-hari adalah memasak ayam, kentang, dan bahan makanan yang mengandung protein lainnya.
  2. Shallow Frying adalah teknik mengolah bahan dasar makanan seperti menggoreng telur di atas wajan atau teflon dengan menggunakan sedikit minyak saja. Adapun teknik ini sering kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari,
  3. Saute adalah teknik memasak yang juga sering disebut menumis dan digunakan untuk mengolah bahan sayuran maupun bahan makanan yang mengandung protein dengan bentuk yang tebal, seperti daging. Dan saat proses memasaknya pun hanya menggunakan minyak secara sedikit dan bertahap hingga makanan tersebut matang.
  4. Roasting adalah teknik memasak menggunakan api secara langsung saat proses memasaknya dan hanya menggunakan minyak atau lemak yang terkandung dari bahan makanan tersebut. Salah satu contohnya dalam kehidupan sehari-hari adalah ayam panggang dan roti bakar.
  5. Baking adalah teknik memasak yang sudah tidak asing bagi Anda untuk membuat kue atau roti. Karena proses memasaknya berasal dari udara panas dari segala arah, seperti misalnya saat Anda memasak di dalam oven. Teknik memasak ini sering dimanfaatkan untuk orang-orang yang sedang menjalankan diet.
  6. Broiling adalah teknik memasak yang mampu menghasilkan hasil masakan lebih cepat matang, karena memanfaatkan suhu panas yang tinggi dari atas makanan dan langsung terkena pada bahan makanan tersebut. Teknik memasak ini biasanya diterapkan pada saat memasak daging, sosis, dan roti, yang mana makanan tersebut diletakkan pada jeruji yang sebelumnya sudah dipanaskan.
  7. Pan Frying adalah teknik memasak yang hampir mirip dengan teknik saute. Namun, pan frying hanya menggunakan suhu panas yang lebih rendah dan minyak yang sedikit lebih banyak. Salah satu contoh teknik pan frying dalam kehidupan sehari-hari kita adalah saat memasak steak, kebab, dan dendeng daging.
  8. Grilling adalah teknik memasak yang memanfaatkan suhu panas tinggi untuk proses pematangan makanan. Namun teknik memasak grilling ini hanya memanfaatkan suhu panas tinggi tersebut dari bawah makanan.  Salah satu contoh grilling ini adalah saat Anda memanggang bahan makanan tersebut dengan menggunakan wajan atau alat panggang barbeque.

Kelebihan dan Kekurangan Dry Heat Cooking

Kelebihan dan Kekurangan Dry Heat Cooking

Setiap metode memasak pasti memiliki kelebihan dan kekurangan yang bisa dipelajari, sehingga Anda bisa menjadi lebih mengetahui teknik mana yang cocok diterapkan untuk makanan tersebut. Simak kelebihan dan kekurangan metode dry heat cooking.

Kelebihan Dry Heat Cooking

  • Metode dry heat cooking ini akan membuat hasil makanan yang Anda masak menjadi crunchy dan renyah.
  • Anda juga bisa menghemat bahan cairan saat proses memasak dengan metode dry heat cooking ini, karena tidak banyak menggunakan cairan seperti air, kaldu, hingga saus.
  • Anda juga bisa mengontrol dan menjaga kematangan makanan dari masakan tersebut. Seperti membuat hasil masakan tersebut berwarna lebih kecoklatan atau tidak.
  • Metode dry heat cooking ini juga cocok bagi Anda yang ingin mencoba makanan dengan rasa enak dan aroma yang unik.
  • Metode dry heat cooking juga mampu membunuh bakteri dan virus yang bersarang pada bahan makanan tersebut, karena memanfaatkan suhu panas yang tinggi.

Kekurangan Dry Heat Cooking

  • Bagi Anda yang tidak mengontrol dan menjaga kematangan pada masakan tersebut, metode dry heat cooking ini akan membuat hasil makanan Anda menjadi gosong.
  • Anda juga harus lebih berhati-hati menggunakan metode dry heat cooking ini, karena bisa jadi berbahaya bagi siapa saja yang belum pernah memasak sama sekali.
  • Metode dry heat cooking ini tidak akan cocok untuk jenis makanan yang berbentuk tebal, karena jika terlalu lama memasak akan membuat manfaat pada kandungan makanan tersebut menjadi berkurang.
  • Terlalu sering mengkonsumsi makanan bergoreng juga akan membuat Anda tidak sehat, seperti terkena resiko obesitas, meningkatkan resiko diabetes, hingga peningkatan jumlah lemak.
  • Salah satu teknik dari dry heat cooking, yaitu menggoreng, juga akan menyebabkan adanya kemunculan kanker karena adanya proses oksidasi.

Jadi itulah pembahasan kali ini mengenai apa itu teknik dry heat cooking atau teknik pengolahan pangan panas kering. Pada dasarnya teknik memasak ini sudah sangat populer sejak dahulu, namun seiring dengan perkembangan teknologi muncul teknik-teknik baru yang pastinya didukung dengan peralatan masak yang memadai.

Leave a Comment