Chef de Partie: Pengertian, Tugas, Tanggung Jawab dan Gaji Terbaru

Kebanyakan orang menganggap di bagian kitchen atau perdapuran adalah tempatnya para koki. Koki atau commis chef adalah mereka yang bertugas memasak langsung makanan untuk pelanggan.

Tetapi sebenarnya, ada berbagai jabatan di atas koki (commis). Atasan langsung koki yaitu demi chef. Demi chef adalah asisten Chef de Partie.

Kalau Anda belum tahu siapa Chef de Partie itu, simak pembahasan berikut.

Daftar Isi

Pengertian Chef De Partie (CDP)

Chef de Partie adalah seseorang yang bekerja di restoran/hotel yang mengemban tugas sebagai pengawas, koordinator, sekaligus pembagi tugas kepada staf terkait seperti membuat permintaan barang dan mengawasi seuruh kegiatan produksi.

 

Chef de Partie / Station Chef merupakan orang yang  bertanggung jawab pada seksi  kitchen station tertentu yang dipimpinnya. Misalnya di station meat and grill. Nah, Chef de Partie tugasnya meliputi teknis maupun administratif.

Jadi, nantinya ada beberapa Chef de Partie di Food and Beverages, tergantung jumlah kitchen station yang tersedia. Chef de Partie memiliki seorang asisten yaitu Demi Chef, sebagai wakilnya. Sedangkan Chef de cuisine adalah atasannya.

Terutama saat Chef de Partie berhalangan hadir. Chef de Partie memiliki atasan yaitu Sous chef dan Executive chef. Sous chef adalah asisten Executive chef (chef de cuisine).

Sedangkan Executive chef disebut juga head chef adalah pimpinan tertinggi di wilayah kitchen. Corporate executive chef adalah pemimpin semua kitchen atau restoran.

Baca juga :

Tugas Chef de Partie

Tugas dan Tanggung Jawab CDP

Chef de Partie memiliki tugas dan tanggung jawab yang harus dipahami juga oleh Demi Chef, sang asisten. Tugas chef de partie adalah:

  • Mengawasi pekerjaan di section/station yang dipimpinnya.
  • Mengawasi kegiatan operasional dan memberikan briefing setiap harinya.
  • Membagikan pekerjaan rutin atau harian untuk semua stafnya.
  • Membantu dalam penyelesaian masalah atau kendala pada kegiatan operasional.

Tanggung Jawab Chef de Partie

Selain tugas yang harus dilaksanakan setiap harinya, secara garis besar ada 2 tanggung jawab Chef de Partie, yaitu bertanggung jawab atas:

  • Kelancaran dan keselamatan kerja di section/station.
  • Disiplin kerja para stafnya.

Sebutan Lain Chef de Partie

Seperti yang sudah disebutkan bahwa Chef de Partie adalah pemimpin di sebuah station. Maka mereka pun punya sebutan tersendiri sesuai dengan station tersebut. Berikut title Chef de Partie.

  • Garde Manger / Pantry Chef adalah chef yang spesialisasinya pada pengolahan menu dingin atau beku. Seperti cold appetizer, sosis, salad dan sebagainya.
  • Entremetier / Vegetable Chef adalah chef yang khusus mengolah makanan yang bahannya hanya sayur-sayuran. Misalnya salad, pasta sayur, sup dan sebagainya.
  • Boucher / Butcher adalah chef yang spesialisasinya pada perdagingan dan perunggasan. Chef yang mengolah daging hewan, dari ayam, sapi hingga babi.
  • Poissonner / Fish Chef adalah chef khusus hidangan dari hewan laut seperti ikan.
  • Friturier / Fry Chef adalah chef yang sering disibukkan dengan berbagai pesanan. Karena semakin banyak makanan yang digoreng, semakin sering juga friturier
  • Rotisseur / Roast Chef adalah chef yang khusus pada makanan yang diolah dengan roasting seperti dioven.
  • Grillardin / Grill Chef adalah chef yang biasanya bekerja sama dengan roast chef karena teknisnya hampir sama. Grillardin mengolah makanan dengan grill atau panggang.
  • Saucier / Saute Chef adalah chef yang khusus pada menu tumisan atau pun saus-saus pelengkap makanan.
  • Patissier / Pastry Chef adalah chef yang banyak diminati, karena tugasnya mengolah hidangan ringan atau pun dessert. Misalnya puding, muffin, cake and bakery, pastries.
  • Tournant / Roundsman adalah petugas cadangan, yang menggantikan station yang kekosongan chef.

Perbedaan Tugas Chef de Partie dengan Demi Chef

Perbedaan Tugas Chef de Partie dengan Demi Chef

Adapun perbedaan antara seorang chef de partie dan demi chef terletak pada tugas dan tanggung jawab yang mereka emban. Sebagai seorang chef de partie mereka biasanya akan bertanggung jawab terhadap segala aktivitas di kitchen, sementara demi chef biasanya memiliki tugas yang lebih spesifik seperti berkaitan tentang menu makanan.

Jadi tidak heran jika menjadi seorang chef de partie harus bisa bekerja dalam tekanan karena semua aktivitas dapur harus dipantau olehnya, dan juga harus mampu berkomunikasi serta mememiliki managemen waktu dengan baik.

Pengetahuan yang Harus dimiliki Chef de Partie

Pengetahuan yang dimiliki seorang koki (CDP) bermacam-macam, tergantung spesialisasi yang diemban. Misal pengetahuan akan menyiapkan makanan yang matang dan mentah, tahu cara pemotongan ternak berdasakan jenis hewannya, beserta teknik membersihkan bahan-bahan makanan.

Salah satu tingkat keahlian profesional yang dipunyai adalah :

  • Teknik filleting
  • Seni kue kering
  • Penggunaan bumbu dan rempah yang tepat

CDP, juga menyiapkan dan mengembangkan resep baru agar para konsumen tidak bosan.

Gaji Chef de Partie

Sekarang ini posisi sebagai seorang chef de partie memang tengah diminati, khususnya di kota-kota besar seperti jakarta ataupun di negara maju lainnya. Hal tersebut tidak lepas karena gaji yang mereka peroleh juga tidak sedikit.

Apabila dilihat dari data terbaru, adapun gaji chef de partie di Indonesia sekitar Rp 3.000.000 – Rp 6.000.000 per bulan. Tetapi rata-ratanya Rp 4.640.000. Namun nominal tersebut bisa terus bertambah sesuai dengan pengalaman dan pastinya dimana tempat ia bekerja.


Nah, itulah penjelasan tentang Pengertian, Tugas, hingga Gaji Chef de Partie di tahun 2022. Jadi, chef de partie adalah salah satu profesi yang bisa dipertimbangkan dan menarik jika dilihat dari tingkatan chef dan gajinya. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment