Pengertian Komite Sekolah: Peran dan Tugasnya

Pengertian Komite Sekolah – Komite sekolah merupakan sebutan baru dari istilah Badan Pembantu Penyelenggaraan Pendidikan (BP3) yang secara substansial diantara keduanya itu tidak memiliki banyak perbedaan. Hanya saja di dalam komite sekolah saat ini lebih mengoptimalkan peran serta masyarakat dalam mewujudkan mutu pendidikan di Indonesia.

Awal terbentuknya komite sekolah yakni pada tanggal 2 April 2002 atas prakarsa masyarakat menggantikan BP3 yang diharapkan mampu meyakinkan orang tua, pemerintah setempat, dunia usaha maupun masyarakat umum bahwa “sekolah itu dapat dipercaya”.

Untuk lebih jelasnya di bawah ini akan kita bahas secara lengkap pengertian, tugas, fungsi, peran dan tujuan dibentuknya komite sekolah di Indonesia.

Pengertian Komite Sekolah

Pengertian Komite Sekolah

Komite sekolah adalah badan mandiri yang menjadi wajah peran serta masyarakat demi upaya peningkatan mutu pendidikan, pemerataan dan efisiensi pengelolaan pendidikan, baik pada pendidikan pra sekolah, jalur pendidikan sekolah maupun pendidikan di luar sekolah (Kepmendiknas No. 044/U/2002).

Adapun maksud dibentukanya komite sekolah yaitu supaya ada organisasi masyarakat sekolah yang memiliki loyalitas dan komitmen untuk peduli terhadap peningkatan kualitas pendidikan khususnya yang ada di sekolah.

Selain itu komite sekolah juga dibentuk dengan mengakar pada budaya, ekologi, demografis, nilai kesepakatan serta kepercayaan yang dibangun sesuai dengan potensi masyarakat setempat. Jadi bisa dibilang

Tujuan Komite Sekolah

Adapun tujuan dibentuknya komite sekolah diantaranya adalah :

  • Sebagai wadah untuk menyalurkan aspirasi masyarakat dalam melahirkan kebijakan operasional dan program pendidikan di satuan pendidikan
  • Untuk menciptakan suasana dan kondisi yang transparan, demokratis dan akuntable dalam penyelenggaraan pendidikan yang bermutu di satuan pendidikan
  • Untuk meningkatkan peran dan tanggung jawab masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan di satuan pendidikan

Jadi beberapa tujuan utama dibentuknya komite tersebut juga telah disebutkan dalam peraturan Kepmendiknas Nomor. 044/U/2002.

Fungsi Komite Sekolah

Fungsi komite sekolah bisa dibilang sangat krusial, Ada 3 fungsi utama komite sekolah diantaranya adalah seperti berikut :

  • Untuk melakukan kerjasama dengan masyarakat (organisasi/perorangan/dunia industri) dan pemerintah yang berkenaan dengan penyelenggaraan pendidikan yang lebih baik.
  • Untuk mendorong tumbuhnya komitmen dan perhatian masyarakat terhadap penyelenggaraan pendidikan yang bermutu
  • Untuk menampung dan menganalisa tuntutan, ide maupun berbagai kebutuhan pendidikan yang diajukan oleh masyarakat

Peran Komite Sekolah

Untuk meningkatkan kualitas pelayaanan dan mutu pendidikan dalam satuan pendidikan, komite sekolah harus dapat menjalankan perannya dengan baik sesuai dengan posisi dan otonom yang berlaku. Adapun peran komite sekolah tersebut diantaranya adalah :

  • Sebagai lemabaga pendukung (supporting agency) dalam penyelenggaraan pendidikan di satuan pendidikan, bisa dalam bentuk pemikiran, finansial maupun tenaga.
  • Sebagai lembaga pemberi pertimbangan (advisory agency) dalam pelaksanaan dan penentuan kebijakan pendidikan
  • Sebagai lembaga pengontrol (controlling agency) dalam rangkat akuntabilitas dan transparansi penyelenggaraan dan keluaran pendidikan
  • Sebagai lembaga mediator (mediator agency) antara masyarakat dengan pemerintah eksekutif di satuan pendidikan

Sementara itu dalam buku Depdiknas yang berjudul “Partisipasi Masyarakat” menjelaskan ada 7 peran komite sekolah (selain yang telah disebutkan di atas) terhadap penyelenggaraan sekolah yaitu :

  • Melakukan pembinaan perilaku dan sikap siswa serta membantu pemantapan sekolah dalam mewujudkan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
  • Membantu meningkatkan kelancaran penyelenggaraan KBM (kegiatan Belajar Mengajar) di sekolah
  • Melakukan penilaian terhadap sekolah sebagai bentuk upaya pengembangan pelaksanaan kurikulum baik intra maupun ekstrakurikuler.
  • Mencari sumber pendaan bagi siswa yang kurang mampu
  • Memberikan usulan tentang Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah
  • Memberikan penghargaan atas kesuksesan manajemen sekolah
  • Meminta sekolah untuk mengadakan pertemuan untuk kepentingan tertentu

Bisa dibilang bahwa peran komite sekolah ini perlu mendapatkan dukungan dari berbagai pihak terutama masyarakat dan pemerintah yang berkenaan juga guru, orang tua wali, dan kepala sekolah. Dengan demikian mutu pendidikan yang diharapkan bisa tercapai dengan baik sesuai rencana.

Tugas Komite Sekolah

Tugas Komite Sekolah

Salah satu alasan dibentuknya komite skolah adalah diharapkan mampu melakukan tugas-tugasnya dalam satuan pendidikan, diantaranya adalah :

  • Menyusun AD dan ART Komite Sekolah
  • Memberikan pertimbangan, masukan dan rekomendasi kepada sekolah dalam membuat kebijakan-kebijakan dan program sekolah yang akan dijalankan untuk meningkatkan kualitas pendidikan
  • Mendorong masyarakat dan orang tua untuk turut berpartisipasi dalam mendukung pemerataan mutu pendidikan
  • Melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap kebijakan program pendidikan di sekolah
  • Menggalang dana masyarakat dalam rangka pembiayaan penyelenggaraan pendidikan di sekolah

Contoh SK Komite Sekolah

Untuk membuat SK Komite Sekolah Anda harus memperhatikan bagian-bagian penting yang ada di SK sesuai dengan prosedur yang ada. Adapun beberapa bagian tersebut adalah :

  • Konsiderans

Konsiderans adalah bagian dari SK yang isinya berupa landasan hukum yangmenjadi bahan pertimbangan pembuatan Surat Keputusan. Biasanya konsiderans ini terdiri dari sub topic seperti mengingat, menimbang, mendengar, membaca dan memperhatikan.

  • Diktum

Diktum adalah bagian dari Surat Keputusan yang berisikan butir-butir ketetapan atau bisa dibilang bagian isi utama surat. Biasanya bagian diktum ini memuat semua yang ditetapkan oleh pengambil keputusan akan dimuat dalam diktum seperti contohnya menetapkan, pertama, kedua, ketiga, keempat dan seterusnya.

  • Desideratum

Desideratum adalah bagin Surat Keputusan yang berisikan untuk apa surat tersebut dibuat (tujuan). Biasanya dalam setiap Surat Keputusan pasti memiliki satu tujuan atau lebih. Namun desideratum ini bisa juga dimuat dalam konsideran ataupun diktum.

Untuk lebih jelasnya berikut ini saya sertakan contoh surat keputusan komite sekolah :

(KLIK) => Contoh SK Komite Sekolah SMPN 5 BANJARSARI   <= (KLIK)


Jadi itulah pembahasan kali ini mengenai pengertian komite sekolah lengkap dengan fungsi, peran, tujuan dan tugasnya dalam mewujudkan penyelenggaraan pendidikan yang lebih merata, berkualitas dan bermutu.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like