15+ Macam-Macam Email Selain Gmail di Laptop HP dan Contoh

Email menjadi hal yang dibutuhkan sejak dahulu kala. Sebelum adanya internet, masyarakat menggunakan surat konvensional dengan membayar biaya kirim dan perangko. Namun setelah dikembangkannya teknologi internet, masyarakat bisa dengan mudah mengirim surat dengan cepat.

Salah satu layanan pengiriman email yang paling banyak digunakan saat ini adalah Gmail. Gmail adalah platform surat elektronik milik Google yang memungkinkan pengguna mengirim surat beserta lampiran dokumen didalamnya.

Namun selain eksisnya Google Mail, anda juga perlu mengetahui platform email dari perusahaan lain yang memiliki fitur yang tak kalah dengan Gmail. Apa saja macam-macam email selain Gmail, simak informasi selengkapnya sebagai berikut.

1. Yahoo Mail

Email Selain Gmail adalah Yahoo Mail

Yahoo Mail adalah layanan pengiriman email gratis yang dimiliki oleh Yahoo!. Yahoo mail sudah ada sejak tahun 1997 yang memiliki jutaan pengguna yang masih bertahan hingga sekarang. Yahoo mail menawarkan pembuatan akun dengan akhiran @yahoo.com, @yahoo.co.id dan @ymail.com.

Untuk menikmati berkirim email menggunakan Yahoo mail, anda harus membuat akun dahulu di laman mail.yahoo.com. Bagi pemilik perangkat mobile, anda juga bisa mengunduh aplikasi Yahoo mail, salah satunya melalui Playstore.

2. Outlook

Outlook adalah salah satu layanan surat elektronik selain gmail yang dimiliki oleh Microsoft. Dahulu outlook dikenal sebagai Windows Live Hotmail dan MSN Hotmail. Pengguna yang ingin mengirim email melalui Outlook perlu membuat akun Microsoft atau Outlook terlebih dulu.

Namun tidak menutup kemungkinan jika anda sudah memiliki email lain, contohnya gmail. Anda masih bisa menikmati layanan kirim email dengan Outlook. Caranya anda tinggal daftar akun Microsoft menggunakan Gmail, lalu login ke outlook dengan akun anda tadi.

3. iCloud Mail

Email Selain Gmail adalah iCloud Maill

iCloud Mail adalah layanan berkirim surat elektronik gratis bagi para pengguna produk Apple. Untuk bisa berkirim email menggunakan iCloud, anda perlu membuat akun email iCloud terlebih dahulu. Anda bisa mengakses iCloud melalui aplikasi ataupun di web iCloud.com.

Walaupun iCloud Mail ditujukan bagi pengguna produk Apple saja, namun anda masih tetap bisa mengakses iCloud Mail melalui perangkat dengan sistem operasi lainnya. Salah satu contohnya adalah perangkat Android.

4. AOL Mail

AOL Mail adalah layanan berkirim surat elektronik yang disediakan oleh AOL Verizon Communications. AOL Mail juga sering dikenal sebagai AIM Mail sebagai pengiriman email instan dan gratis.

Sejak diluncurkannya AOL Mail tahun 1983 hingga sekarang, AOL Mail masih digunakan oleh para penggunanya. Untuk menikmati fitur-fiturnya, anda perlu membuat akun baru. Anda bisa mengisi data diri anda dan nomor telepon untuk metode verifikasi.

5. Zoho Mail

Email Selain Gmail adalah Zoho Mail

Zoho Mail adalah layanan pengiriman email yang cocok bagi anda yang menjalankan bisnis. Zoho mail memiliki beberapa fitur dan layanan seperti email, kalender, kontak, tugas grup, catatan pribadi, komentar antar pengguna dan bookmarks.

Bagi anda yang ingin menggunakan platform Zoho Mail, anda harus terlebih dahulu membuat akun. Zoho Mail menawarkan pembuatan email professional bagi para pebisnis. Dimana anda bisa mengkustomisasikan kebutuhan dengan domain bisnis anda, contohnya [email protected]

6. Yandex Mail

Layanan berkirim email lainnya selain dari Gmail adalah Yandex Mail. Yandex Mail adalah platform email gratis dari perusahaan Yandex asal Rusia. Yandex Mail meluncur di dunia maya sejak tahun 2000 dan masih dapat digunakan hingga saat ini.

Untuk mengakses platform ini, anda bisa signup akun melalui laman mail.yandex.com. Yandex Mail juga tersedia bagi anda pengguna android yang mana anda bisa mengunduh aplikasi Yandex Mail di Playstore.

7. Mail.com

Email Selain Gmail adalah Mail.com

 

Mail.com adalah salah satu pilihan layanan surel yang disediakan oleh perusahaan Jerman Internet Company United Internet. Keunggulan dari layanan yang dimiliki oleh mail.com adalah berkirim email berbasis web secara gratis tanpa batas penyimpanan.

Mail.com diluncurkan tepatnya pada tahun 1995 yang mana beroperasi di seluruh wilayah di dunia kecilai Jerman itu sendiri. Sayangnya, pengguna mail.com hanya bisa mengubah setelan bahasanya secara terbatas pada bahasa Inggris, Spanyol, Perancis, Rusia, Portugis dan Rumania.

8. Lycos Mail

Bagi para pengguna internet masa kini, masih banyak yang belum mengenal layanan kirim email dari Lycos Mail. Lycos Mail sendiri adalah platform berkirim email instan yang dimiliki oleh perusahaan search engine Lycos.

Lycos Mail memiliki beberapa fitur unggulan yang memanjakan para penggunanya. Diantaranya domain blocking, scan virus, memfilter pesan spam, kapasitas penyimpanan hingga 5GB, akses POP3/IMAP, hingga bebas iklan di kotak masuk.

9. Proton Mail

Proton Mail merupakan layanan surat elektronik asal Geneva, Switzerland. Proton mail cukup berbeda dari layanan surel lainnya. Salah satunya memiliki keunggulan dalam sistem keamanan data yang terenkripsi end-to-end.

Enkripsi end-to-end cukup menguntungkan bagi anda yang ingin terhindar dari kejahatan cyber. Apalagi jika anda ingin berkirim email sekaligus data-data rahasia kepada rekan anda. Untuk menggunakan layanan Proton Mail, anda wajib membuat akun dahulu di laman proton.me/mail.

10. Tutanota

Email Selain Gmail adalah Tutanota Mail

Tutanota adalah layanan surat elektronik yang memiliki fitur hampir sama dengan Proton Mail, yakni sistem yang terenkripsi end-to-end. Tutanota diluncurkan pada tahun 2011 yang menyediakan layanan gratis dan premium.

Jika anda ingin menikmati fitur dan layanan yang nyaman seperti bebas iklan, anda harus mengupgrade akun anda menjadi premium dengan membayar biaya langganan. Sejak awal peluncurannya hingga tahun 2017, Tutanota berhasil meraih hingga 2 juta pengguna.

11. GMX Email

GMX Email adalah layanan surat elektronik yang gratis milik United Internet Jerman. GMX email adalah singkatan dari Global Mail Exchange yang didirikan pada tahun 1997.  Layanan yang disediakan GMX Email tentunya sudah support dengan POP3, SMTP, dan IMAP.

Pengguna GMX mail cukup dimanjakan dengan fitur andalan yang dimilikinya. Salah satunya adanya proteksi akun dari virus-virus internet yang mengancam data. Selain itu, pengguna juga bisa memilih domain email menyesuaikan negaranya, contohnya, @gmx.com, @gmx.sg, dll.

12. Unseen.is

Unseen.is adalah layanan email asal Islandia yang juga terenkripsi end-to-end. Platform ini memiliki keunggulan lainnya seperti kapasitas penyimpanan hingga 2GB, data terenkripsi hingga 10 MB, dan pelanggan prioritas yang dapat diakses melalui live chat mengikuti jam kerja Islandia.

Untuk menggunakan layanan email dari Unseen.is, anda perlu membuat akun baru terlebih dahulu. Namun perlu anda ketahui, anda bisa memilih 2 jenis akun yaitu akun gratis dengan layanan terbatas, atau akun berbayar dengan fitur dan layanan yang lebih luas.

13. Fastmail

Email Selain Gmail adalah Fastmail

Fastmail adalah layanan hosting email berbayar asal Australia. Fastmail pertama kali diluncurkan pada tahun 1999 oleh Jeremy Howard. Untuk menikmati layanan hosting email dari Fastmail, anda perlu menyiapkan 3 dollar per bulannya.

Namun jika anda ingin mencoba terlebih dahulu layanan email dari fastmail apakah kedepannya sesuai dengan kebutuhan anda, tersedia paket trial yang aktif selama 30 hari. Pengguna bisa langsung mengunjungi laman www.fastmail.com.

14. 10 Minute Mail

10 Minute Mail adalah layanan surat elektronik selain Gmail yang cukup unik. Platform ini dikenal pula sebagai temporary mail atau email sementara. Email yang anda buat dengan platform ini akan hilang setelah 10 menit anda membuatnya.

Email ini sangat membantu pengguna yang tidak ingin membuat email dengan validasi. Karena pada umumnya platform surel membutuhkan nomor telepon untuk verifikasi. Layanan ini dijamin gratis dan dapat anda gunakan tanpa batas.

15. Pepipost

Email Selain Gmail adalah Pepipost Mail

Pepipost Mail adalah jenis layanan email selain gmail yang cukup populer karena telah menggunakan Email API dan SMTP Relay.

Adapun keamanan data email dan juga real time report menjadi keunggulan dari Pepipost ini. Meskipun layanan email pepipost ini gratis, namun ada pembatasan penggunaan email maksimal 100 per hari


Jadi itulah alternatif pilihan email lain selain gmail yang patut untuk Anda coba. Dari daftar diatas ada yang milik microsoft, google ataupun pihak ketiga yang pastinya gratis dan bahkan ada yang bebas dari verifikasi nomor hp. Sangat menarik bukan!

Leave a Comment