51+ Macam Produk Google dan Fungsinya [Penjelasan Lengkap]

Seperti yang kita tahu bahwa teknologi mesin pencarian terbesar saat ini dikuasai oleh Google. Google adalah sebuah brand yang beroperasi pada sektor jasa dan produk-produk di internet. Google yang berkantor pusat di Amerika Serikat pertama kali ditemukan oleh Larry Page dan Sergey Brin.

Dibalik sejarahnya, kini Google telah memperoleh pencapaian yang luar biasa dari banyaknya produk yang tersedia. Produk-produk yang hadir banyak dibutuhkan orang dan sebagian besar membantu pekerjaan manusia. Ada berapa macam produk yang dimiliki Google? simak selengkapnya jenis-jenisnya berikut ini.

Daftar Isi

1. Google Mail

Macam-Macam Produk Google - Google Mail

Google Mail adalah produk Google yang digunakan untuk pengiriman surat elektronik atau email. Google Mail pertama kali diluncurkan pada 2004 versi beta menggunakan pemrograman Javascript, dan Java. Google Mail dapat diakses oleh pengguna dalam bentuk HTTPS, Pop3 dan IMAP4.

Untuk menggunakannya, pengguna harus membuat akun baru melalui mail.google.com. Produk surel ini memungkinkan pengguna dapat berkirim surat secara elektronik baik dalam bentuk teks, audio, video, gambar dan dokumen.

2. Google Translate

Google Translate adalah produk Google yang berguna untuk menerjemahkan bahasa. Penerjemahan bahasa ini dapat dialihkan dari bahasa satu ke bahasa lainnya. Sudah ada puluhan bahasa di dunia yang dapat di terjemahkan secara otomatis menggunakan produk ini.

Google Translate dapat diakses melalui link translate.google.com. Anda tak hanya bisa menerjemahkan bahasa secara romanisasi saja, tetapi termasuk pada aksara-aksara yang digunakan oleh negara atau suatu wilayah tertentu. Contohnya aksara China, Jepang, Korea, hingga Arab.

3. Google Drive

Google Drive adalah produk Google yang berupa penyimpanan awan secara online. Google Drive menawarkan kapasitas penyimpanan hingga 15 GB kepada setiap penggunanya. Hampir semua jenis data mampu disimpan pada aplikasi ini yang dapat diakses melalui web atau aplikasi mobile.

Google Drive tak hanya menawarkan penyimpanan data untuk pribadi, tetapi juga dapat digunakan untuk berbagi data melalui link penyimpanan. Google Drive dapat diakses oleh pengguna melalui link drive.google.com.

4. Google Sky

Anda ingin melihat kondisi langit ataupun benda-benda yang ada dilangit? Anda bisa mengunjungi Google Sky sekarang. Google Sky adalah produk Google yang dapat memperlihatkan secara jelas mengenai peta langit dan segala isinya.

Anda bisa mengunjungi laman Google.com/sky/ untuk melihat peta langit yang ditangkap Google menggunakan satelit luar angkasanya. Di laman tersebut, anda akan menemukan fitur lain untuk melihat permukaan bulan dan mars. Anda juga bisa mencetak hasil pencarian peta langit sekaligus.

5. Google News

Macam-Macam Produk Google - Google News

Google News adalah produk internet yang disediakan Google untuk menyajikan berita-berita terupdate dari seluruh dunia. Berita yang anda temui di laman news.google.com dapat di filtrasi berdasarkan wilayah domisili anda.

Namun berita yang dipublikasikan tidak sepenuhnya di tulis di laman Google News sendiri. Melainkan portal-portal berita yang dirangkum menjadi satu dalam situs Google News ini. Contohnya dari portal berita CNN, Detiknews, Kompas, dan lain-lain.

6. Google Books

Google Books merupakan layanan pencarian buku secara online yang disediakan oleh Google. Dengan layanan ini, anda bisa menemukan buku berdasarkan nama pengarang, judul, penerbit, tahun terbit hingga jumlah halaman suatu buku.

Layanan Google books sendiri memiliki aplikasi turunan yakni Google Play Books yang juga merupakan perpustakaan digital yang disediakan Google. Google Play Books menyajikan jutaan buku digital yang dapat diakses pengguna secara gratis atau berbayar melalui perangkat  mobile.

7. Google Search

Google search adalah layanan mesin pencari terbesar yang dimiliki oleh perusahaan Google LLC. Google search saat ini menduduki peringkat paling atas sebagai mesin pencari paling banyak digunakan. Google search dijalankan menggunakan bahasa pemrograman Phyton, C dan C++.

Hampir di seluruh perangkat android, iOS ataupun perangkat desktop dapat disinkronisasi menggunakan mesin pencari ini. Salah satu keunggulannya adalah mampu memberikan informasi akurat terhadap keyword yang dicari.

8. Google Trends

Google trends adalah produk layanan milik Google yang merangkum informasi yang sedang tren. Google trends ini akan memperlihatkan statistik dari jumlah pencarian yang sedang hangat di jagat internet. Mengenai hasil yang muncul dapat di filter berdasarkan wilayah ataupun bahasa.

9. Google Docs

Google docs adalah layanan milik Google yang digunakan untuk pengolahan kata. Google docs dapat digunakan untuk mengetik data, mengedit, menyimpan, dan mencetaknya dalam bentuk hard file. Google docs dapat digunakan secara online melalui laman docs.Google.com.

Layanan pengolah kata yang ditawarkan oleh Google docs ini hampir mirip dengan aplikasi Microsoft Word milik perusahaan Microsoft. Namun perbedaannya, Microsoft Word dapat digunakan secara offline dalam suatu aplikasi desktop.

10. Google Calendar

Macam-Macam Produk Google - Google Calender

Google calendar adalah layanan kalender yang dimiliki oleh Google. Layanan  ini tak menyajikan penanggalan masehi biasa. Anda bisa mengatur jadwal kegiatan anda hanya melalui mobile dan desktop. Google calendar secara otomatis tersinkronisasi dengan peringatan hari-hari besar.

Google calendar dapat anda akses melalui web atau bisa diunduh melalui playstore atau iOS di smartphone anda. Google calendar termasuk bagian dari Google workspace yang mana sangat membantu penjadwalan atau pengingat terhadap rapat atau hari-hari tertentu.

11. Google Hangouts

Google hangouts merupakan layanan komunikasi instan yang dikembangkan oleh Google berupa pengiriman pesan SMS, VOIP, dan video call. Google hangout mengalami peningkatan fitur dan namanya pun di ubah menjadi Google meet.

Di masa pandemi covid-19 kemarin, penggunaan Google meet cukup efektif untuk menghindari tatap muka langsung. Google meet digunakan untuk melakukan panggilan video/suara grup secara jarak jauh. Aplikasi ini dapat diakses melalui web atau aplikasi mobile.

12. Google URL Shortener

Google URL shortener adalah layanan pemangkas atau perpendekan link URL suatu situs. Layanan ini pada awalnya berfungsi untuk layanan Google toolbar dan feedburner. Namun Google mengembangkan URL shortener secara terpisah pada laman goo.gl.

Cara mudah dalam memperpendek link menggunakan Google URL Shortener adalah dengan mengunjungi link goo.gl. Cara lainnya anda bisa mengunduh ad extention di browser anda, lalu klik kanan pada situs yang ingin anda perpendek linknya, lalu klik shorten link and copy.

13. Youtube

Youtube merupakan layanan sharing video yang mana pengguna bisa mengupload, menonton dan share video ke pengguna lainnya. Youtube kini di kuasai oleh Google yang mana tak hanya memberikan fitur menonton video saja, tetapi pengguna bisa memperoleh penghasilan dari sini.

Cara kerjanya, anda yang memiliki channel di youtube dapat memonetisasi karya video anda. Beberapa iklan akan tampil di video anda. Jika para pengunjung berhasil menonton iklan sampai penuh atau mengkliknya, anda akan memperoleh penghasilan.

Baca juga : 10+ Jenis Jenis Iklan di Youtube Terbaru dan Contohnya [Gambar]

14. Google Font

Layanan lainnya yang ditawarkan oleh Google adalah Google Font. Google font menjadi layanan pangaturan font gratis yang dapat diterapkan pada web atau perangkat desktop anda. Google font cukup efektif untuk mengubah jenis font untuk website atau blog anda.

Cara penggunaan layanan ini, anda bisa mengunjungi situs font.Google.com, lalu ketikkan kalimat yang ingin anda ubah fontnya. Kemudian anda akan diarahkan untuk menyalin kode, yang mana kode tersebut dapat anda tempelkan pada HTML website anda.

15. Google Now

Macam-Macam Produk Google - Google Now

Google now adalah layanan yang disediakan Google kepada para pengguna berupa asisten pribadi melalui perangkat yang anda gunakan. Google now saat ini dikenal sebagai Google assistant mampu menjalankan tugasnya ketika anda mengucap suatu perintah pada smartphone anda.

Layanan ini juga mampu menampilkan fitur-fitur secara otomatis melalui pengaturan. Beberapa fitur yang dapat ditampilkan diantaranya berita terkini di homepage, perintah suara, perintah kerja sekali tap.

16. Google Admob

Google admob adalah layanan periklanan mobile hasil akuisisi Google dari pemiliknya Omar Hamoui. Google admob menawarkan kepada developer aplikasi untuk memonetisasi aplikasi yang dirilisnya. Hadirnya Google admob sangat membantu developer untuk meningkatkan lagi kualitas aplikasinya.

17. Google Playstore

Google playstore adalah layanan dari Google yang menyediakan aplikasi, game dan konten digital melalui perangkat mobile. Playstore dulu dikenal sebagai Android Market yang sebagian besar ada di perangkat android.

Google playstore sendiri memiliki beragam pilihan distribusi digital seperti film, buku, game, dan aplikasi. Tak hanya dapat digunakan di perangkat mobile, Playstore juga bisa disinkronisasikan dengan perangkat berbasis android TV, wear OS, Chrome OS, dan web.

18. Google Sync

Google sync adalah layanan yang disediakan oleh Google yang berguna untuk menyinkronisasikan email, daftar kontak dan kalender di perangkat mobile. Google sync ini memanfaatkan fitur dari Microsoft Exchange Activesync 12.1 yang umumnya selalu ada di perangkat desktop.

19. Google Adword

Google adword adalah layanan periklanan yang disediakan Google kepada para pebisnis untuk memperkenalkan brand bisnisnya. Jika Google adsense dan Google admob ditujukan bagi publisher, maka Google adword berguna bagi para advertiser.

Google adword cukup efektif bagi anda yang sedang menjalankan bisnis untuk meningkatkan pemasaran produk. Iklan produk anda akan ditayangkan di berbagai platform baik di mesin pencarian maupun di aplikasi-aplikasi terkait.

20. Google Maps

Macam-Macam Produk Google - Google Maps

Google Maps adalah layanan peta digital yang disediakan oleh Google. Google maps membantu pengguna untuk menemukan lokasi suatu tempat melalui jalur peta web yang disediakan. Adapun fitur yang ada di dalam Google maps sendiri adalah citra satelit, panorama 360º dan peta jalan.

Developer Google selalu meningkatkan kualitas Maps dengan meluncurkan anak layanan dari aplikasi ini. Contohnya adalah Google street view dan Google street view inside trusted yang fungsinya melihat peta jalanan secara detil.

21. Google Pinyin

Google pinyin adalah salah satu jenis layanan Google untuk melakukan input teks dengan aksara Mandarin. Google pinyin menyediakan metode input aksara Mandarin dalam model China sederhana dan China tradisional.

Metode input huruf China ini dapat dinikmati oleh pengguna web di windows ataupun android. Layanan ini merupakan salah satu bentuk pengembangan bahasa dan masuk dalam bagian Google translate atau terjemahan Google.

22. Google Earth

Google tak hanya menyediakan fitur peta satelit dari Maps saja, tetapi ada pula yang memberikan gambaran keseluruhan dari bentuk bumi. Google earth bisa dibilang sebagai globe yang diakses secara virtual, dimana anda bisa melihat gambar-gambar daerah di bumi dari tangkapan satelit.

23. Google Japanese Input

Tak jauh berbeda dengan Google pinyin, Google Japanese input juga berguna untuk menginput aksara Jepang seperti Katakana, Kanji dan Hiragana. Google Japanese input dapat diinstal di perangkat windows, android, macOS, dan chromeOS.

Cara pemasangan fitur Google Japanese input ini cukup mudah. Anda bisa masuk ke pengaturan umum keyboard. Tambah keyboard baru dan pilih Japanese, pilih jenis huruf Kana dan klik Ok. Maka keyboard dalam aksara Jepang sudah bisa anda gunakan.

24. Google Chrome

Google Chrome merupakan peramban atau browser yang dimiliki oleh Google. Google chrome memudahkan anda dalam mencari berbagai informasi di web. Baik itu berupa artikel, blog, portal berita, gambar, video, audio, ataupun dokumen.

Google chrome tak hanya bisa dinikmati oleh pengguna windows, tetapi juga dapat diunduh di perangkat dengan basis macOS, Linux, iOS, dan android. Untuk mengunduh aplikasi sesuai perangkat anda, anda bisa kunjungi webnya di Google.com/intl/chrome/.

25. Google Adsense

Macam-Macam Produk Google - Google Adsense

Google adsense adalah layanan monetisasi konten yang disediakan Google kepada para penggunanya. Google adsense memungkinkan konten creator dari blog ataupun youtube untuk menghasilkan uang dari iklan-iklan yang ditayangkan oleh Google.

Untuk bisa merasakan monetisasi dari Google adsense ini, Google memberikan persyaratan kepada para publisher. Contohnya ada minimal pengunjung/penayangan, pengikut ataupun berapa lama masa aktif akun yang harus dipenuhi publisher.

26. Blogger

Blogger adalah layanan posting blog milik Google yang berguna untuk menulis informasi baik untuk keperluan pribadi maupun bisnis. Blogger sering digunakan sebagai “diary” oleh para blogger untuk menuliskan kegiatan menarik yang dilakukan penulis.

Namun karena perkembangan bisnis secara digital, blogger banyak dimanfaatkan untuk membuat portofolio perusahaan. Blogger membantu para pebisnis untuk memperkenalkan perusahaan dan produk yang dijualnya lebih luas lagi.

27. Google Mars

Google mars adalah salah satu bagian fitur yang disediakan oleh Google Sky. Sesuai dengan namanya, Google mars berguna untuk melihat kondisi dari permukaan planet mars. Penangkapan gambar ini menggunakan teknologi satelit luar angkasa yang dikirimkan oleh Google.

28. Speak To Tweet

Speak to tweet adalah layanan yang diberikan oleh Google untuk berkomunikasi di twitter. Layanan ini berguna untuk meninggalkan tweet melalui twitter dengan cara menghubungi nomor telepon internasional yang telah ditunjuk untuk meninggalkan pesan suara.

Layanan ini diluncurkan ketika terjadi revolusi negara Mesir pada 26 Januari 2011. Kala itu masyarakat Mesir melakukan protes ke Kairo dengan menutup segala aktivitas internetnya, termasuk pada Twitter.

29. Google Group

Google group adalah layanan milik Google yang berguna untuk melakukan diskusi grup melalui forum online. Google group ini hampir mirip dengan Google hangouts atau Google meet. Perbedaannya terletak pada cara komunikasinya.

Google group hanya berguna untuk komunikasi melalui surel atau email. Sementara pada Google hangout atau Google meet bisa dilakukan melalui panggilan video/suara.

30. Google Flights

Macam-Macam Produk Google - Google Flights

Google flights adalah layanan Google yang berguna untuk menemukan penerbangan pesawat di wilayah anda. Adapun informasi penerbangan yang ditampilkan adalah tujuan penerbangan, tanggal penerbangan dan pilihan harga penerbangan dari maskapai-maskapai penerbangan.

31. Google Suite

Google suite adalah sekumpulan layanan komputasi awan yang dimiliki Google untuk menunjang pekerjaan anda. Google suite kini dikenal sebagai Google workspace yang mana memiliki beberapa layanan aplikasi produktivitas kolaboratif.

Beberapa aplikasi komputasi awan tersebut diantaranya seperti Google Drive, Google Calendar, Google Forms, Google Mail, Google Sheets, Google Docs, dan Google Slides. Untuk menggunakan layanan tersebut, perangkat anda diharuskan terhubung dengan koneksi internet.

32. Google Search History

Google search history adalah salah satu fitur yang berguna untuk mengelola aktivitas history akun Google anda. Anda bisa mengaktifkan atau menonaktifkan aktivitas web dan aplikasi, histori penelusuran, dan histori youtube dari akun Google milik anda.

Cara untuk mengaturnya adalah dengan mengunjungi laman activity.Google.com dan masuk ke akun Google milik anda. anda bisa melakukan kontrol akun terhadap aktivitas anda di layanan Google lainnya.

33. Google Recipe View

Bagi anda yang gemar memasak, Google meluncurkan layanan Recipe view kepada para penggunanya. Layanan ini akan menampilkan berbagai informasi resep masakan dan rekomendasi masakan yang menarik bagi anda.

34. Google Bookmarks

Jika anda bertanya ada berapa macam Google, Google Bookmarks adalah salah satu diantara puluhan hingga ratusan layanan yang dimiliki Google. Google Bookmarks dahulu berguna untuk menandai halaman web di peramban.

Google bookmark berbasis penyimpanan awan ini dapat anda temukan pada peramban Google Chrome. Penggunaan bookmark sangat membantu pengguna untuk menyimpan laman web yang penting, yang nantinya akan diakses kembali di lain waktu.

35. Google Scholar

Macam-Macam Produk Google - Google Scholar

Google Scholar atau dikenal sebagai Google cendekia di Indonesia, merupakan layanan yang berguna untuk menjelajahi karya ilmiah atau materi pelajaran. Google scholar pertama kali diluncurkan pada tahun 2004 oleh Alex Verstak.

Dengan Google scholar, anda bisa menemukan informasi karya ilmiah dalam bentuk artikel web atau format file seperti pdf, docx dan lain-lain. Layanan ini sering digunakan untuk mencari referensi untuk skripsi, tesis dan disertasi pada publikasi online di seluruh dunia.

36. Go

Google Go merupakan layanan mesin pencarian dengan ukuran ringan yang diluncurkan oleh Google. Google go memiliki fitur yang mobile friendly dan cocok bagi pengguna pemula, dimana mudah untuk menemukan informasi secara cepat dari internet.

37. OpenSocial

OpenSocial adalah sekumpulan aplikasi API yang diluncurkan Google untuk aplikasi jejaring sosial seperti MySpace. Aplikasi ini menggunakan bahasa pemrograman Javascript dalam pengembangan proyek aplikasinya oleh para developer.

38. Google Swiffy

Google swiffy adalah tool untuk penggunaan web yang mana berguna untuk melakukan konversi file dari format SWF ke HTML5. Google swiffy sangat membantu untuk menampilkan konten flash pada perangkat mobile yang mana perangkat tersebut tak mendukung adanya flash.

Google swiffy sendiri yang dikelola oleh perusahaan Google pertama kali diluncurkan pada 11 Februari 2014. Akan tetapi dengan alasan tertentu, Google swiffy justru dihentikan pengoperasiannya sejak tanggal 1 Juli 2016.

39. Rechaptcha

Rechaptcha adalah layanan sistem keamanan yang berguna untuk melindungi suatu website dari penipuan dan penyalahgunaan data. Sistem keamanan rechaptcha pastinya sering anda temui berupa verifikasi bukan robot atau menjawab teka-teki sebelum masuk ke website.

40. Dart

Macam-Macam Produk Google - Dart

Google juga memiliki layanan khusus dalam bahasa pemrograman yang dinamakan Dart. Dart dapat digunakan untuk Flutter. Flutter sendiri merupakan toolkit User Interface serta multiplatform application. Dart termasuk sebagai bahasa pemrograman yang sifatnya open source.

Dengan anda mempelajari bahasa pemrograman Dart, maka anda akan dengan mudah menjalankan Flutter itu sendiri. Bahasa pemrograman ini sudah digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar seperti Tencent dan Alibaba.

41. Maps Navigation

Maps navigation adalah fitur tambahan dari Google Maps yang berguna untuk memberikan navigasi peta dengan bantuan suara. Maps navigation membantu pengendara dalam menentukan arah ke lokasi yang dituju.

Cara kerja maps navigation, sebelum mengendarai anda perlu menentukan lokasi yang dituju dan mengaktifkan GPS di perangkat anda. Anda bisa mengklik rute dan akan muncul arah navigasi mengikuti jalan yang ditunjukkan oleh Maps.

42. Mobilize

Mobilize merupakan tool ekstensi yang berguna untuk mengekstrak informasi dari web dan menjadikannya sebagai situs yang mobile friendly. Mobilize ini dapat dipasang pada ekstensi peramban Chrome di web.

43. Pagerank

Pagerank merupakan algoritma pencarian website yang dimiliki oleh Google. Pagerank sendiri adalah istilah yang menunjukkan tingkat skor suatu situs web yang dikalkulasikan berdasarkan dari tingkat kualitas dan kuantitas link yang masuk di mesin pencarian Google.

Peringkat dari pagerank ini sendiri dihitung dari jumlah laman web antara 1-10. Penentuan pagerank diambil dari berbagai penilaian. Mulai dari kualitas, konten web, keyword, meta tag, link, dan popularitas web itu sendiri.

44. Snapshot

Snapshot merupakan layanan Google yang berguna mnyediakan informasi untuk penggunanya. Misalnya informasi terkait jadwal pekerjaan, pengingat, pembaruan pasar saham, pengingat ulang tahun dan lain-lain.

Untuk menikmati aplikasi snapshot ini sendiri, anda bisa mengaturnya di perangkat mobile milik anda. Anda bisa secara otomatis mendapatkan informasi yang anda inginkan melalui fitur Google assistant, maka secara otomatis fitur Snapshot dari Google akan bekerja.

45. Google Image Search

Macam-Macam Produk Google - Google Image Search

Google image search adalah layanan penelusuran gambar dari Google. Google image sama seperti mesin penelusuran Google search, perbedaannya hanya hasil penelusurannya. Jika Google Search menampilkan informasi berupa teks, maka Google image search akan menampilkan gambar.

46. Google Finance

Google finance merupakan layanan Google yang menyediakan informasi seputar pasar keuangan dalam negeri dan luar negeri. Adapun informasi keuangan yang ditampilkan bisa berupa harga saham, ETF, crypto dan lain sebagainya.

47. Google App Engine

Google app engine merupakan aplikasi milik Google yang ditujukan bagi para developer yang hendak membuat dan menjalankan aplikasi di website. Google app engine ini sendiri dapat dijalankan melalui fasilitas hosting pada server milik Google.

Google app engine dapat digunakan secara gratis, namun dengan fitur yang terbatas. Diantaranya dengan penyimpanan hanya 500 MB, lebar pita untuk 5 juta pageview per bulan dan kapasitas CPU yang terbatas.

48. Google Moon

Google moon adalah fitur yang berguna menampilkan peta luar angkasa tepatnya permukaan bulan. Sama seperti Google mars, Google moon dapat diakses melalui situs Google sky. Google moon akan menampilkan gambar bulan dari tangkapan citra satelit milik perusahaan Google.

49. Google Survey

Google survey adalah layanan survey yang diberikan oleh Google kepada para pengguna sebagai cara untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan Google. Aplikasi ini dapat diunduh di perangkat mobile. Pengguna yang mengisi survey akan diberikan reward berupa saldo Google Play.

50. Google Classroom

Macam-Macam Produk Google - Google Classroom

Google classroom merupakan platform Google yang menyediakan layanan pembelajaran grup secara online. Google classroom ditujukan bagi sekolah-sekolah yang mengadakan pembelajaran atau pengiriman tugas tanpa tatap muka.

Seperti pada pandemi covid-19 kemarin, Google classroom menjadi media pembelajaran alternative, yang mana guru masih tetap bisa menyampaikan materi di Google classroom. Para siswa juga bisa mengirimkan tugas dan menerima penilaian sekaligus pada platform ini.

51. Google Meet

Google Meet adalah produk terbaru google yang dapat memungkinkan pengguna untuk saling bertatap muka secara berkelompok melalui sambungan video dengan aman dan telah support disemua perangkat baik desktop maupun ponsel hp.

Bagi pengguna smartphone Anda hanya perlu mengunduh aplikasi Google Meet di Playstore, sedangkan untuk pengguna desktip cukup masuk ke gmail.com dan pilih menu Meet untuk memulai rapat bersama rekan kerja atau teman.


Jadi itulah beberapa macam jenis produk google yang ada sampai saat ini dan besar kemungkinan akan terus dikembangkan oleh pihak Google baik dari keamanan, fungsi, fitur maupun pengalaman penggunanya agar dapat menjangkau lebih banyak user di dunia.

Leave a Comment