Pengertian Food and Beverage Service [F&B]

Pengertian Food And Beverage Service – F&B merupakan salah satu department di hotel yang berfokus pada pelayanan makanan dan minuman untuk mencapai kepuasan pelanggan.  Selain di hotel, department ini mungkin juga bisa Anda jumpai di restoran, penerbangan, rumah sakit, kapal pesiar maupun perkereta apian.

Seorang yang bekerja di bidang Food and Beverage Service ini diharuskan untuk tampil rapi, ramah dan sopan serta mampu berkomunikasi dengan baik juga cekatan. Mengingat pekerjaan ini bergerak dalam bidang jasa pelayanan dan selalu bertemu dengan banyak orang setiap harinya.

Hal yang menarik bekerja di bidang F&B adalah suasana bekerja yang berbeda (restoran, café, coffe shop) dan bisa selalu tampil modis karena harus bertemu dengan banyak orang sehingga cocok sekali untuk mereka yang hobi masak atau menyukai hal-hal yang baru.

Pengertian Food and Beverage

pengertian food and beverage service
pixabay.com

Food and Beverage Service adalah Department yang memberikan jasa pelayanan makan dan minum yang dikelola secara professional dan komersial untuk memberikan kepuasan pelanggan serta mendatangkan keuntungan.

Pengertian Food and Beverage menurut ahli

  • Soekresno dan Pendit (1998:4), Food & Beverage adalah sebuah bidang usaha yang merupakan bagian usaha seperti hotel yang bertanggung jawab terhadap kebutuhan, karena dalam pelayanan nya menyediakan makanan dan minuman serta dalam kebutuhan lain yang terkait dari sebuah hotel atau dikelola secara komersial.
  • Rachman Arief, Abd (2005:113), Food & Beverage merupakan bagian yang bertugas atau mengolah, memproduksi dan menyajikan makanan dan minuman untuk keperluan hotel, baik dalam kamar , restaurant , makanan karyawan dan sebagainya.

Pelayanan Food and Beverage Service

Adapun Food and Beverage Service membawahi beberapa bidang pelayanan, diantaranya adalah:

pixabay.com

1. Restoran

Merupakan bagian dari Food and Beverage Department yang dikelola secara komersial untuk memberikan pelayanan makan dan minum kepada semua tamu yang datang.

2. Bar

Merupakan bagian yang melayani dan menyediakan berbagai macam minuman baik yang tidak atau mengandung alkhl

untuk diminum di tempat. Adapun bar ini bisa berupa tempat/spot kecil atau bisa juga berbentuk konter minuman.

3. Banquet

Merupakan bagian yang bertugas untuk menangani segala bentuk kegiatan jamuan atau pesta yang diselenggarakan oleh pihak yang membuat pemesanan ke hotel. Jadi semua akan dipersiapkan secara matang, baik jumlah tamu, menu maupun waktu pelaksanaannya.

4. Steward

Merupakan sub-seksi dari Food and Beverage Product yang bertugas untuk mengurus semua peralatan restoran dan dapur pada sebuah hotel

5. Room Service

Merupakan bagian yang menyediakan pelayanan makan dan minum di dalam kamar tamu. Jadi ketika direstoran tamu bisa memesan makanan langsung ke waiter/waitress,  namun ketika di kamar tamu bisa memesan makanan melalui telepon.

Tugas dan Tanggung Jawab F&B Service

Dalam bidang Food and Beverage (F&B) Service memiliki tanggung jawab penuh untuk mengurus segala bentuk pelayanan yang berkaitan dengan makan dan minum serta menyediakan ruangan atau tempat untuk menggelar acara resmi atau event meeting demi kepuasan para pelanggan.

Selain tanggung jawab, ada pula tugas-tugas yang harus dilakukan oleh bagian Food and Beverage Service diantaranya adalah :

  • Memeriksa dan membersihkan seluruh area makan sesuai dengan prosedur hotel sebelum para tamu datang.
  • Memeriksa dan membersihkan semua fasilitas dan peralatan F&B department
  • Memastikan kenyamanan dan keselamatan para staf dan pelanggan
  • Mengolah bahan makanan mentah menjadi makanan yang siap saji dengan cita rasa tinggi
  • Terus berinovasi untuk menghadirkan berbagai variasi menu

Tujuan Food and Beverage Service

Adapun tujuan dari Food and Beverage Department menurut Soekarno dan Pendit yaitu :

  • Menjual berbagai macam makanan dan minuman dengan harga yang sesuai sehingga bisa mendapatkan pelanggan sebanyak-banyaknya
  • Menambah kepuasan tamu dari segi pelayanan hotel karena turut menyediakan makanan dan minuman yang dibutuhkan tamu
  • Mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya sebagai sumber tambahan penghasilan Hotel
  • Menambah reputasi hotel dalam hal pelayanan

Fungsi Food and Beverage Service

Fungsi Food and Beverage Service
pixabay.com

Food and Beverage Service memiliki fungsi atau peran penting dalam sebuah hotel, terutama dalam meningkatkan pendapatan hotel itu sendiri selain dari sektor penginapan.

Selain itu bagian Food and Beverage Service  juga dikelola secara professional dan komersial karena memiliki fungsi seperti berikut ini :

  • Melayani kebutuhan makan dan minum para tamu baik di restoran, bar, kamar hotel maupun catering hotel
  • Untuk meningkatkan dan mendatangkan keuntungan bagi pihak manajemen hotel
  • Untuk memberikan impresi pelayanan dan menjaga hubungan baik antara pihak hotel dengan para tamu
  • Untuk memelihara semua peralatan di sektor F&B (biasanya dilakukan oleh seksi Steward)

Pembagian Food and Beverage Service

Food and Beverage (F&B) umumnya dibagi menjadi 2 bagian berdasarkan ruang lingkup dan tugasnya masing-masing. Apa saja, simak ulasan pembagiannya berikut :

1. F&B Front Service (Bagian Depan)

Front Service ini merupakan bagian pelayanan depan yang meluputi bar, restoran dan juga room service. Jadi petugas di bagian ini yang akan berhubungan atau tatap muka langsung dengan tamu yang datang.

2. F&B Back Service (Bagian Belakang)

Back service ini merupakan bagian belakang yang area kerjanya meluputi dapur, service bar dan juga kantin. Bisa dibilang karwayan di bagian ini tidak langsung berhubungan dengan para tamu.

Posisi di Department Food and Beverage Service

Food and Beverage Service merupakah department yang di dalamnya terdapat berbagai macam jabatan atau posisi kerja sesuai dengan tugasnya masing-masing. Diantaranya adalah :

pixabay.com

1. Waiter/Waitress

Merupakan seorang yang bertugas untuk melayani tamu yang datang dan membantu dalam pemesanan menu serta mengantarkan menu yang dipesan langsung ke atas meja. Selain itu seorang waiter/waitress juga bertugas untuk ikut menjaga kebersihan tempat makan dan meja tamu.

2. Order Taker

Merupakan seorang yang bertugas untuk melayani tamu dalam pemesanan makanan dan minuman langsung dari kamar hotel melalui telepon, kemudian mengantarkan orderan/pesanan makanan tersebut ke kamar.

3. Barista

Adalah seorang yang bertugas untuk membuatkan dan menyajikan berbagai macam minuman kopi yang dipesan oleh tamu.

4. Bartender

Adalah seorang yang bertugas untuk meracik dan menyajikan berbagai minuman beralkhl (bir, anggur, koktail dan likeur) kepada tamu di konter bar

5. Admin F&B Service

Adalah seorang admin yang bertugas untuk membuat dan menginput dokumen serta melakukan stok bahan-bahan baku dan peralatan yang diperlukan di F&B Service Store.

6. Cashier

Adalah seorang yang bertugas untuk mencatat tamu yang datang ke restoran serta melayani pembayaran dan membuat laporan untuk diserahkan ke bagian department accounting.

7. Leader/Captain

Adalah seorang pemimpin atau leader yang bertugas untuk mengkoordinasi para waiter/waitress dalam melakukan semua tugas-tugasnya.

8. Supervisor Restaurant

Adalah seorang supervisor yang bertugas untuk melakukan kontrol penuh atas kinerja admin dan juga waiter/waitress. Disamping itu seorang supervisor restaurant juga harus membuatkan jadwal kerja yang terstruktur juga memberikan pelatihan terhadap karyawan termasuk cara mengatasi tamu yang complain.

9. Outlet Manager

Adalah seorang pimpinan atau kepala (restoran, café, bar, lounge, banquet) yang memiliki tugas untuk membuat kebijakan atas operasional outlet yang dikelolanya.

10. Food and Beverage Manager

Adalah seorang yang membawahi semua outlet manager dan memiliki tanggung jawab atas pengelolaan sumber daya manusia serta memastikan keuntungan dalam keseluruhan bisnis di departmentnya.

11. Food and Beverage Director

Adalah seorang yang membawahi 2 department sekaligus yakni F&B Service dan Kitchen serta bertanggung jawab penuh atas manajement keduanya.


Demikianlah pembahasan kali ini mengenai pengertian, fungsi, tujuan, tugas dan tanggung jawab dari Food and Beverage Service. Jadi department ini memiliki peran yang sangat penting, selain bisa meningkatkan engagement dan pemasukan tambahan bagi hotel juga bisa menambah reputasi pelayanan sebagai tolak ukur yang ada.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like