Pengertian Bar: Sejarah, Jenis dan Konsepnya

Pengertian Bar – Bar merupakan sebuah tempat yang mamfasilitasi tamunya untuk mendapatkan minuman baik yang beralkhl maupun tidak dan berbagai macam minuman panas jenis kopi dan teh.

Bar sendiri biasanya berupa outlet counter dalam sebuah hotel dengan fungsi khusus yang beroperasi mulai dari jam 10 pagi sampai jam 1 dini hari, sebagai salah satu sumber pemasukan yang cukup besar bagi hotel itu sendiri.

Nah, bagi Anda yang masih penasaran pengertian, sejarah, fungsi dan macam-macam bar bisa menyimak ulasan lengkap dibawah ini.

Pengertian Bar

pengertian bar
pixabay.com

Bar adalah tempat yang menjual minuman baik yang beralkhl maupun non-alkhl. Bar sendiri merupakan salah satu outlet dari Food and Beverage Department yang difasilitasi dengan baik untuk menyajikan berbagai macam minuman di dalam hotel.

Sedangkan bar dalam pengertian lain diartikan sebagai Counter Desk atau meja pemisah antara si pembuat minuman dengan tamu bar yang duduk di atas kursi bar (Bar Stool).

Pengertian Bar Menurut Para Ahli

  • Menurut Atmodjo, Bar adalah suatu tempat yang duorganisasikan secara komersil dan dilengkapi dengan fasilitas yang memadai, terdapat baik di dalam sebuah Hotel, kadang – kadang berdiri sendiri di luar Hotel, dimana seseorang bisa mendapatkan pelayanan segala macam minuman baik yang beralkhl maupun yang tidak beralkhl kecuali minuman panas seperti kopi dan teh.

Sejarah Bar

Sejarah perkembangan bar berawal dari Amerika Utara tepatnya abad XVI silam. Pada saat itu bar masih dikenal dengan sebutan Tarven dan kemudian beralih menjadi bar.  

Bar sendiri berasal dari kata Banier yang berarti sesuatu yang menghalangi (kayu pemisah) antara tamu dan pekerja bar. Saat itu banyak orang senang bertemu di bar untuk sekedar berkumpul atau membicarakan sesuatu sambil ditemani dengan minuman keras.

Seiring berjalannya waktu bar tidak hanya digunakan untuk tempat minum, melainkan sudah berkembang sebagai tempat hiburan untuk melepaskan penat ditemani dengan iringan music dari tape atau penyanyi langsung.

Fungsi Bar

Sebagai salah satu fasilitas yang di hadirkan pihak hotel untuk memuaskan pelayanan kepada para tamu yang datang, Bar juga memiliki fungsi lain diantaranya adalah

  • Sebagai penyumbang pendapatan dan keuntungan hotel dalam bidang food and beverage
  • Sebagai tempat untuk menjual dan menyajikan berbagai macam minuman kepada tamu yang datang baik secara langsung maupun yang memesan melalui room service.

Jenis-Jenis Bar

Jenis-Jenis Bar
pixabay.com

Bar dapat dikelompokkan menjadi 2 jenis, diantaranya adalah :

1. Bar yang berdiri sendiri

Bar yang berdiri sendir disini maksudnya adalah milik pengusaha yang biasanya bergabung atau menjadi satu dengan klub malam, diskotik, café dan tempat hiburan lainnya yang berada di luar hotel

2. Bar yang merupakan fasilitas hotel

Sedangkan bar yang merupakan fasilitas hotel tentu saja berada di area hotel lengkap dengan segala kegiatan dan fasilitas dibawah naungan hotel, hanya saja fungsinya tetap sama.

Macam-Macam Bar

Macam-Macam Bar
pxhere.com

Terdapat berbagai macam bar yang dibedakan berdasarkan fungsinya, adapaun diantaranya adalah :

1. Public Bar

Public Bar adalah bar yang berada di service area hotel baik di dalam maupun area luar yang lokasinya terlihat jelas oleh tamu yang menginap. Untuk model public bar ini biasanya Bar Staff atau Bartender berhadapan langsung dengan tamu sehingga segala proses pembuatan minuman bisa disaksikan tamu yang memesan.

Adapun yang masih termasuk dalam konsep public bar antara lain:

  • American Bar

Adalah bar yang menyediakan berbagai macam minuman lengkap dengan penampilan dekorasi yang eksklusif dan mewah. Biasanya American Bar ini memiliki Coctail Lounge yang luas dengan tenaga kerja yang terampil dan pengunjungnya biasanya kebanyakan kalangan menengah atas.

  • Apperitif Bar

Adalah bar yang menjual minuman dalam jenis atau varian yang terbatas. Biasanya Apperitif Bar ini lebih berfokus pada jenis minuman yang bisa membangkitkan selera makan sehingga sangat cocok dikunjungi sebelum jam-jam makan tiba.

  • Snack Bar

Adalah bar yang menjual khusus berbagai makanan ringan namun tetap menyajikan minuman dalam jumlah yang lebih terbatas.

  • Coctail Bar

Adalah bar yang menyajikan minuman dengan ambience yang sangat nyaman dengan iringan music hidup, tapi pelayanannya tetap bersifat formil atau resmi.

  • Shunken Bar

Adalah model bar dengan konsep ruang terbuka seperti dekat kolam renang yang menyediakan berbagai minuman seperti beer, soft drink, minuman beralkhl tapi dalam jumlah terbatas.

  • Bar & Night Club

 Adalah bar yang dibuka khusus pada malam hari dan tutup sampai larut malam. Bar ini memang ditujukan untuk para tamu yang ingin menghibur diri sendiri sambil minum dan di iringi dengan music.

  • Expresso Bar

Adalah bar yang menyediakan berbagai macam minuman termasuk yang sangat terkenal adalah coffe expresso khas Italia.

  • Café Bar

Adalah bar yang tidak terlalu besar dan menjual Berewed Coffe serta beberapa jenis minuman lain sebagai pelengkap

  • Piano Bar

Adalah bar yang sangat cocok untuk bersantai sembari menikmati minuman dengan iringan music dari piano yang dimainkan langsung oleh artis.

2. Service Bar

Service bar adalah konsep bar yang hanya memiliki satu ruangan saja khusus untuk ruangan bartender. Jadi service bar ini melayani berbagai macam pesanan dari restaurant, room service, atau dari lainnya, tanpa adanya kursi bar.

Biasanya untuk model Service Bar ini letaknya ada di bagian belakang restoran atau dekat dengan dapur/kitchen hotel.

3. Portable Bar

Adalah bar kecil yang sifatnya bisa berpindah-pindah karena dilengkapi dengan roda yang dibuat kusus untuk jamuan makan cocktail party atau acara banquet.

Adapun bentuk dari bar ini mirip seperti rak dorong yang di desain khusus tempat untuk menyimpan berbagai macam minuman.

Fasilitas Bar

Berbicara mengenai fasilitas yang ada pada sebuah bar, sebenarnya tidak semua bar memiliki fasilitas yang lengkap terlebih lagi untuk jenis bar portable atau yang lain. Namun untuk jenis bar yang berdiri sendiri biasanya turut dilengkapi dengan fasilitas seperti :

  • Toilet
  • Air Conditioner
  • Car Call
  • Parking Area dan Vallet Parking
  • Paper Napkin, Snack, Ashray
  • Public Telephone

Area Bar

Untuk area bar bisanya terbagi menjadi beberapa spot yang perlu Anda ketahui, diantaranya adalah 

Area Bar
pxhere.com

1. Bar Display

Area yang biasanya berada di belakang bar man untuk meletakkan berbagai macam botol minuman dari aperitif sampai jenis after drink dinner. Jadi selain digunakan sebagai pajangan juga berguna untuk menarik tamu yang datang supaya turut memesan minuman.

2. Bar Station

Adalah area bartending untuk meracik minuman yang telah di desain sedemikian rupa, biasanya dilengkapi dengan freezer, speed rack, tempat gelas dan sink unit yang terbuat dari bahan stainless steel.

3. Bar Lounge

Adalah area yang berada di depan bar sebagai tempat santai para tamu yang datang sambil menikmati minuman yang di pesan. Adapun interior bar lounge ini dibuat semenarik mungkin lengkap dengan iringan alat music.

4. Bar Counter

Adalah area yang berada diantara bar lounge dan bar station yang fungsinya adalah sebagai pemisah antara tamu dan bartender.

Cara Membuat Bar Layout

Ada beberapa faktor penting yang harus diperhatikan sebelum Anda merencanakan dan membuat bar layout, yaitu :

  • Lokasi Bar (bisa di dekat lobby, roof top, dekat kolam renang, dll)
  • Tipe Bar (bisa berbentuk diskotik, model karaoke, piano, portable, dll)
  • Bentuk Meja (bisa berbentuk huruf O, huruf L atau memanjang)
  • Pengunjung (apakah formal atau informal)

Itulah pembahasan kita kali ini mengenai pengertian, jenis, macam, fasilitas, area dan konsep pembuatan bar. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like