Contoh Kerjasama di Sekolah dan Manfaatnya

Contoh Kerjasama di sekolah merupakan salah satu sikap yang mencerminkan rasa persatuan dan kesatuan yang bisa diterapkan oleh para siswa untuk mempererat kebersamaan sekaligus menjadikan pekerjaan di sekolah menjadi lebih mudah.

Adapun kerjasama di sekolah tersebut setidaknya harus dilakukan minimal oleh 2 orang atau lebih untuk mencapai tujuan bersama serta diharapkan mampu memupuk rasa saling menghargai, persaudaraan dan juga berpendapat.

Nah berikut ini ada beberapa contoh kerjasama dalam penerapan di sekolah dan manfaatnya yang bisa dilakukan baik dalam jenjang pendidikan sekolah dasar SD, SMP dan SMA.

1. Melaksanakan Tugas Piket

Melaksanakan Tugas Piket
pixabay.com

Umumnya tugas piket harian di sekolah akan dibagi rata sesuai dengan banyaknya jumlah siswa dalam kelas tersebut. Adapun tugas piket tersebut terdiri dari beberapa anggota yang mana mereka akan melakukan kerjasama untuk menjaga dan membersihkan kelas mulai dari pagi sampai pulang sekolah.

Jadi masing-masing anggota harus bisa saling mengingatkan, membagi tugas dan melakukan tugas piket dengan kerjasama yang baik.

2. Mengerjakan Tugas Berkelompok

Saat proses belajar mengajar di sekolah berlangsung, biasanya seorang guru akan memberikan tugas kepada para murid untuk dikerjakan secara berkelompok.

Demikian ini merupakan satu contoh kerjasama di sekolah yang sangat sederhana dan bisa diterapkan dengan mudah sehingga para siswa bisa saling bertukar pikiran, pendapat dan pengetahuan dalam menyelesaikan tugas yang diberikan.

3. Kegiatan Upacara Bendera

Upacara bendera merupakan kegaitan rutin yang selalu dilaksanakan setiap hari senin maupun hari besar kebangsaan lain dimana mereka yang bertugas sebagai pengibar bendera maupun regu paduan suara harus melakukan persiapan dengan matang.

Adapun masing-masing yang bertugas harus mampu bekerjasama dengan baik agar upacara bendera yang dilakukan bisa berjalan dengan lancar.

4. Mengikuti Kegiatan Pramuka

Pramuka merupakan salah satu kegiatan yang mengajarkan banyak sekali ilmu termasuk salah satunya melatih kerjasama di sekolah.

Beberapa kegiatan di kepramukaan yang sangat berkaitan erat dengan kerjasama seperti baris berbaris, berkemah, kegiatan api unggun dan menjelajah.

5. Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler

Mengikuti Kegiatan Ekstarkurikuler
pixabay.com

Hampir disetiap sekolahan memiliki berbagai macam kegiatan ekstrakurikuler yang bisa dipilih oleh masing-masing siswa sesuai dengan kemampuan dan minatnya seperti ekstrakurikuler fotografi, tata busana, paduan suara, dll.

Biasanya dalam kegiatan ekstrakurikuler tersebut sangat dibutuhkan kerjasama antara anggota untuk saling belajar, berinteraksi dan meng-upgarde ilmu yang dimiliki.

6. Mengikuti Acara Pentas Seni

Dalam beberapa kesempatan, pihak sekolahan sering mengadakan acara pentas seni yang bertujuan untuk menampilkan kemampuan seni para peserta didik baik secara individu maupun berkelompok.

Salah satu pementasan yang menarik adalah seni pertunjukan dan juga seni tari yang mana untuk menyajikan hiburan yang menarik di atas panggung, para siswa harus bisa saling bekerjasama dan beradu akting tentunya ini bisa menjadi salah satu contoh kerjasama di sekolah yang menarik.

7. Mengikuti Kegiatan Organisasi

Salah satu kegaitan organisasi di sekolah yang paling popular adalah OSIS. Selain itu ada pula organisasi lain seperti PMR yang mana para siswa yang bergabung di dalamnya akan belajar banyak hal termasuk sikap kerjasama antar pengurus dan para siswa secara umum khususnya ketika ada acara besar di sekolah.

8. Kegiatan Lomba Antar Kelas

Biasanya saat kegiatan tengah semester akan diadakan perlombaan antara kelas baik dalam hal kebersihan, kecerdasan maupun olahraga.

Perlombaan antar kelas ini dinilai sangat efektif untuk memupuk rasa kebersamaan dan kerjasama antar siswa satu kelas untuk turut serta mengikuti dan memenangkan kompetisi yang diselenggarakan.

9. Kompetisi Antar Sekolah

Adapun contoh kerjasama di sekolah juga bisa dilakukan oleh para siswa yang sedang mengikuti kompetisi antar sekolah seperti misalnya lomba cerdas cermat, lomba baris berbaris, paduan suara, dll.

Kompetisi antar sekolah tersebut pastinya akan dimenangkan oleh perwakilan dari sekolah yang memiliki kerjasama yang bagus dan juga latihan yang sangat matang.

10. Mengadakan Iuran Kelas

Mengadakan Iuran Kelas
pixabay.com

Bentuk kerjasama lainnya yang bisa dilakukan secara kerjasama yaitu mengadakan iuran kelas yang mana dari hasil iuran tersebut bisa digunakan untuk membeli peralatan belajar yang dibutuhkan ataupun menolong teman kelas yang sedang mengalami musibah.

11. Olahraga Bersama

Contoh kerjasama di sekolah juga bisa dilihat saat para siswa mengikuti mata pelajaran olahraga dimana mereka akan melakukan pemanasan bersama kemudian dilanjutkan dengan mengikuti olahraga seperti sepak bola, voli, lari estafet maupun basket.

Segala bentuk olahraga yang disebutkan di atas tentunya memerlukan kerjasama yang baik antar tim untuk bisa memenangkan pertandingan.

12. Kegiatan Kerja Bakti Sekolah

Setiap jumat biasanya pihak sekolah akan mengadakan kegiatan kerja bakti dalam rangka menjaga dan membersihkan lingkungan sekolah secara bersama-sama agar keasriannya tetap terjaga.

Adapun dari kegiatan tersebut kita bisa mengasah kerjasama antar teman misalnya dalam membersihkan selokan, membakar sampah, mencabuti rumput, dll.

13. Kegiatan Study Tour

Contoh kerjasama ini bisa diterapkan dalam acara study tour yang diadakan oleh pihak sekolah selain untuk menambah pengetahuan  dilokasi tujuan, para siswa juga bisa saling bekerjasama dalam menjaga kebersihan, ketertiban dan kesopanan karena membawa nama baik sekolah.

14. Mentaati Peraturan

Segala bentuk peraturan yang ada di lingkungan pastinya harus di patuhi dan di taati oleh seluruh siswa agar terciptanya lingkungan sekolah yang aman, nyaman dan kondusif.

Adapun untuk mentaati peraturan sekolah tersebut para siswa pastinya harus bekerjasama untuk tidak membuat kegaduhan ataupun permasalahan yang dapat mengganggu kegiatan belajar mengajar.

Baca juga : Contoh Tata Tertib Di Sekolah (Kehadiran, Pakaian, Kedisiplinan)

15. Membantu Teman yang Kesulitan

Membantu Teman yang Kesulitan

Misalkan ada teman yang sedang mengalami musibah ataupun kesulitan dari segi ekonomi, maka teman-teman di sekolah bisa menunjukkan sikap kerjasama untuk saling mengumpulkan dana yang nantinya disumbangkan kepada teman yang sedang mengalami kesulitan tersebut.

16. Mengadakan Acara Penghijauan Sekolah

17. Membuat Majalah Dinding Bersama

18. Merawat Tanaman di Halaman Sekolah

19. Mengelola Sampah Daur Ulang di Sekolah

20. Menjaga Seluruh peralatan dan Perlengkapan Sekolah


Contoh Kerjasama di Sekolah yang Harus Dihindari 

Selain contoh kerjasama di sekolah yang harus dan sebaiknya dilakukan seperti pembahasan di atas, namun ada pula contoh kerjasama di sekolah yang harus dihindari seperti misalnya :

  1. Kerjasama dalam menyontek
  2. Kerjasama dalam mencuri
  3. Kerjasama dalam ujian
  4. Kerjasama dalam berbuat kejahatan
  5. Kerjasama dalam berbohong

Jadi itulah pembahasan mengenai contoh kerjasama di lingkungan sekolah yang harus dilakukan agar menjadi kebiasaan yang baik sehingga bisa berimbas pada diri sendiri dan sekitar kita.

Leave a Comment