Pengertian Tata Tertib: Manfaat, Tujuan, Macam dan Contohnya

Tata tertib merupakan sebuah aturan yang dibuat untuk disepakati serta ditaati bersama bertujuan untuk menjaga kemanan dan ketertiban suatu wilayah baik di sekolah, rumah, perusahaan, lingkungan masyarakat ataupun lalu lintas.

Sebuah tata tertib biasanya tidak dibuat secara asal-asalan karena ada beberapa faktor yang harus diperhatikan seperti situasi, kondisi, kebiasaan dan juga sesuatu hal yang dibutuhkan sehingga perlu adanya pertimbangan dari orang-orang yang berwenang.

Daftar Isi

Pengertian Tata Tertib Secara Umum

Pengertian Tata Tertib
pixabay.com

Secara umum, pengertian tata tertib bisa diartikan sebagai peraturan yang sudah disepakati bersama oleh masyarakat untuk mengatur kehidupan mereka. Tata tertib memiliki sifat memaksa, sebab mereka memiliki kedudukan yang hampir mirip dengan hukum yang mana mereka harus dijalankan dan dipatuhi agar tercipta kehidupan bermasyarakat yang harmonis.

Pengertian Tata Tertib Menurut Ahli

Beberapa ahli telah mengemukakan pendapat mereka mengenai pengertian tata tertib, di antaranya yaitu:

  • Sugono (2003)

Menurut ahli bernama Sugono, pengertian tata tertib adalah suatu pedoman atau petunjuk, sekaligus berupa ketentuan dan kaidah-kaidah yang dibuat sedemikian rupa untuk mengatur kehidupan masyarakat. Dengan adanya aturan yang mengatur manusia, maka kehidupan pun akan berjalan dengan damai dan teratur.

  • Kamaruzaman dalam Sujanto Bejo (2001)

Pengertian tata tertib menurut Kamaruzaman yaitu hal yang sebelumnya telah dibuat untuk mengikat lembaga atau sekelompok orang tertentu dan telah disepakati oleh banyak orang agar tercapai tujuan tertentu. Tata tertib ini pun juga seringkali diartikan sebagai tatanan yang digunakan sebagai pedoman untuk membuat kehidupan menjadi teratur baik secara sistematis ataupun strukturnya.

  • Meichati (1980)

Berdasarkan yang dikemukakan oleh Meichati pada tahun 1980, pengertian tata tertib adalah peraturan yang dibuat dengan tujuan untuk menciptakan ketentraman dan keamanan dalam kehidupan sekelompok orang tersebut. Peraturan tersebut memiliki sifat mengikat kelompok atau individu, dan berfungsi untuk menjaga keamanan yang ada di dalam masyarakat.

  • Adiwimarta dalam Prayoga (2000)

Terakhir, pengertian tata tertib menurut Adiwimarta yaitu serangkaian peraturan yang wajib dijalankan oleh masyarakat tanpa ada pengecualian tertentu. Dengan begitu, tata tertib ini bersifat mutlak dan apabila terdapat masyarakat yang melanggar tata tertib ini, maka mereka akan dikenai sanksi dan denda-denda yang setimpal dengan pelanggaran yang sudah dia lakukan sebelumnya.

Bisa disimpulkan !!

Pengertian tata tertib adalah sekumpulan peraturan dan tatanan tertentu yang dibuat dengan kesepakatan bersama dengan sekelompok tokoh yang ada di daerah tertentu untuk mengatur kehidupan masyarakat di tempat tersebut. Karena bersifat mengikat, maka tata tertib ini pun mau tidak mau harus dihormati dan dipatuhi sehingga tercapai tujuan yang diinginkan.

Manfaat Tata Tertib

Manfaat Tata Tertib
pxhere.com

Tata tertib memiliki beragam manfaat yang membawa keuntungan apabila diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, seperti:

1. Memperkuat Rasa Kebersamaan

Ketika kehidupan atau kegiatan yang dilakukan di dalam masyarakat diikat oleh peraturan yang sama  bagi setiap individu, maka hal tersebut tentu akan menimbukan rasa kebersamaan yang ada di dalam diri setiap individu tersebut. Dengan demikian, maka ikatan yang erat seperti perasaan untuk saling tolong menolong pun akan menjadi semakin kuat.

Tata tertib ini bisa diberlakukan di dalam lingkungan yang beragam, seperti masyarakat, sekolah, ataupun keluarga. Apabila tata tertib ini diikuti dan dipahami dengan benar, maka tujuan yang lebih tinggi seperti meninggikan rasa kebersamaan pun tentu saja dapat dicapai dengan mudah tanpa adanya halangan tertentu.

2. Membuat Lingkungan Tetap Aman

Lingkungan yang terlalu bebas dan tidak memiliki peraturan yang memikat tentu akan membuat masyarakat menjadi sangat resah. Hal ini karena tidak ada sesuatu yang bisa melindungi mereka ataupun mengancam para pembuat masalah yang ada di dalam lingkungan mereka, sehingga mereka pun hidup dalam perasaan yang penuh ketakutan dan kekhawatiran setiap harinya.

Dengan memiliki tata tertib, maka hal tersebut pun akan menjadi terminimalisir dan bahkan bisa menghilangkan bahaya-bahaya tersebut. Semua aktivitas individu akan diatur sesuai dengan yang tertera di dalam tata tertib, sehingga perilaku mereka pun akan menjadi lebih terkontrol. Karena itulah, kehidupan masyarakat pun menjadi lebih nyaman dan aman tanpa ada bayang-bayang ketakutan.

3. Mengurangi Kecemburuan Sosial

Masyarakat terdiri atas sekumpulan individu yang memiliki tingkat kekayaan dan status yang berbeda satu sama lain. Terkadang, ketimpangan ekonomi tersebut pun dapat memicu perasaan cemburu dari lingkungan sekitarnya sehingga kehidupan bermasyarakat menjadi terancam dan membuat mereka tidak dapat membantu satu sama lain ketika terdapat masalah.

Tata tertib hadir untuk mengatasi hal tersebut, sebab tata tertib mengatur perilaku setiap individu tanpa ada terkecuali. Tidak hanya itu, tata tertib pun juga menjamin kesamaan kewajiban dan hak yang dimiliki oleh setiap individu, sehingga hal ini pun membawa manfaat yang sangat besar untuk menghilangi dan mengurangi kecemburuan sosial yang mengancam masyarakat.

Tujuan Tata Tertib

Tujuan Tata Tertib
pxhere.com

Seperti yang sudah dijelaskan pada pengertian tata tertib, alat ini memiliki tujuan utama yakni agar semua warga masyarakat dapat melaksanakan dan mengikuti aturan yang berlaku sehingga tidak akan mengganggu kehidupan sehari-hari. Secara singkat, tata tertib dibuat dengan beberapa tujuan seperti berikut ini :

  • Agar semua individu mampu mengetahui hak, kewajiban, dan tanggung jawabnya
  • Agar semua individu mengetahui apa saja yang boleh dilakukan dan dilarang
  • Agar lingkungan yang dinaungi oleh individu tersebut menjadi aman dan tentram

Contoh Macam-Macam Tata Tertib

Macam contoh tata tertib

Dalam kehidupan sehari-hari, tata tertib ini sudah sangat sering untuk dijumpai. Beberapa macam contoh tata tertib tersebut adalah:

1. Tata Tertib di Lingkungan Masyarakat

  • Masyarakat, terutama bagi mereka yang berada di lingkungan pedesaan memiliki beragam tata tertib yang menjadi salah satu ciri khas yang mereka miliki. Beberapa tata tertib yang ada di lingkungan masyarakat pedesaan yaitu:
  • Semua warga dilarang untuk membuang sampah dalam bentuk apapun ke dalam sungai yang ada di sekitar lingkungan mereka.
  • Pada hari minggu biasanya akan diadakan kegiatan kerja bakti secara rutin yakni membersihkan gorong-gorong dan lain-lain. Bagi mereka yang tidak mengikuti kegiatan ini maka akan mendapat denda.
  • Umumnya, setiap tanggal 1 pasti akan diadakan rapat desa yang harus dihadiri oleh para pemerintah desa atau tokoh setempat

2. Tata Tertib di Rumah

Keluarga umumnya memiliki beberapa tata tertib yang harus dipatuhi oleh semua penghuni rumah. Beberapa contoh tata tertib dalam lingkungan keluarga adalah:

  • Setiap hari lantai dan halaman rumah harus disapu agar rumah terlihat bersih dan rapi
  • Setelah makan maka semua orang harus mencuci bekas piringnya sendiri
  • Setelah belajar, maka buku harus dirapikan kembali seperti semula
  • Waktu untuk belajar adalah jam 6 sore sampai pukul 9 malam, dan pada jam tersebut tidak diperbolehkan menyalakan televisi

Baca selengkapnya : Contoh Tata Tertib di Rumah dari Pagi Sampai Malam

3. Tata Tertib di Lingkungan Sekolah

Sekolah memang menjadi lingkungan yang menerapkan banyak tata tertib dan peraturan tertentu. Beberapa tata tertib di lingkungan sekolah yakni:

  • Anak yang terlambat tidak diperbolehkan mengikuti jam pelajaran yang pertama
  • Semua anak harus berdoa sebelum pelajaran dimulai dan ketika pelajaran telah berakhir
  • Apabila guru belum berada di kelas maka ketua kelas harus menghubungi guru
  • Murid yang terlambat harus memperlihatkan surat izin dari guru

Baca selengkapnya : Contoh Tata Tertib Di Sekolah (Kehadiran, Pakaian, Kedisiplinan)

4. Tata Tertib di Kelas

Saat semua murid berada di dalam kelas, maka mereka diwajibkan untuk mentaati tata tertib yang ada misalnya seperti di bawah ini :

  • Para siswa wajib menggunakan seragam ketika masuk dalam kelas
  • Para siswa wajib menjaga kebersihan kelas
  • Para siswa tidak boleh membuat kegaduhan
  • Para siswa wajib mengikuti kegiatan belajar mengajar

Baca selengkapnya : Contoh Tata Tertib di dalam Kelas (SD, SMP/MTs, SMA/SMK)

5. Tata Tertib di Laboratorium

Ruang laboratorium merupakan ruang belajar terpisah yang di dalamnya berisi peralatan-peralatan praktikum yang kebersihan dan kondisinya harus benar-benar dijaga dengan baik. Oleh karena itu umumnya dibuat tata tertib di laboratorium yang harus ditaati misalnya seperti :

  • Wajib menjaga semua peralatan yang ada
  • Wajib mengembalikan semua peralatan setelah digunakan ke tempat asalnya
  • Dilarang membawa barang yang mudah terbakar atau bisa membahayakan
  • Wajib menggunakan baju praktikum lab

Baca selengkapnyaTata Tertib di Laboratorium Kimia, Fisika, Biologi dan Komputer

6. Tata Tertib Lalu Lintas

Saat kita berkendara di jalan raya, maka sebagai warga yang baik harus mentaati tata tertib lalu lintas yang ada seperti berikut ini :

  • Menggunakan peralatan berkendara yang lengkap (helm)
  • Wajib memiliki surat-surat berkendara (SIM dan STNK)
  • Melaju di jalur kiri
  • Tidak melanggar lampu lalu lintas
  • Tidak boleh berkendara dengan kecepatan tinggi
  • Mendahulukan transportasi publik atau emergency (ambulan, mobil polisi, tentara, dll)

7. Tata Tertib Perusahaan

Sebagai karyawan yang bekerja di kantor atau perusahaan, maka mereka diwajibkan mentaati tata tertib perusahaan misalnya seperti :

  • Datang di awal waktu
  • Menggunakan seragam sesuai yang ditentukan
  • Tidak boleh membawa senjata berbahasa atau barang yang mudah terbakar
  • Wajib menjaga kebersihan dan kenyamanan perusahaan
  • Semua karyawan harus bersikap ramah dan sopan
  • Tidak boleh berkelahi atau bermusuhan (saling menjatuhkan)

Jadi demuikianlah pembahasan mengenai pengertian tata tertib lengkap dengan manfaat serta tujuannya yang mungkin masih belum kita ketahui. Tata tertib sendiri memang harus dibuat demi terciptanya sebuah lingkungan yang aman, nyaman dan damai.

Leave a Comment