Mengenal Bagian-Bagian Motherboard dan Fungsinya

Bagian – bagian Motherboard | Motherboard adalah sebuah papan sirkuit (PCB) yang berperan sebagai tulang belakang komputer yang menyediakan konektivitas elektrik sebagai tempat melekatnya semua komponen pendukung untuk bisa saling terhubung.

Selain untuk menampung komponen-komponen yang ada, motherboard juga berfungsi untuk mengatur kode basic input/output system (BIOS) pada chip Read-only Memory (ROM). Bisa dikatakan motherboard adalah papan induk yang terdiri atas kumpulan slot-slot untuk memungkinkan semua perangkat eksternal bisa terhubung.

Mungkin banyak yang belum tahu apa saja bagian-bagian dari motherboard. Nah, berikut ini akan kita jelaskan bagian motherboard lengkap dengan fungsinya masing-masing.

1. Socket Prosessor (CPU Socket)

Socket Prosessor
pxhere.com

Socket processor adalah sebuah komponen di motherboard seperti dudukan processor berbentuk segi empat dengan banyak lubang kecil di dalamnya sebagai tempat menancapnya kaki-kaki processor.

Socket processor juga disebut sebagai socket CPU yang dalam dunia perakitan computer digunakan untuk menggambarkan proses koneksi antara processor dengan motherboard.

Adapun socket processor di desain berdasarkan arsitektur PGA (Pin Grid Aray) untuk memfasilitasi akses CPU dan juga untuk mencegah kerusakan pada saat pemasangan atau pelepasan unit processor.

2. Slot Memory

Slot Memory
depositphotos.com

Slot memory adalah bagian motherboard yang dikhususkan sebagai tempat pemasangan kepingan memori (RAM) serta bentuk dan ukurannya sendiri juga menyesuaikan dari panjang RAM.

Ada 3 jenis slot memory yang bisa Anda jumpai dan digunakan secara umum, diantaranya adalah :

  • SIMM (Single In Line Memory Module)

Jenis slot memory yang satu ini biasanya biasanya berwarna putih yang digunakan untuk pemasangan memori jenis EDO-RAM dan SRAM. Adapun pemasangan memori pada jenis slot ini harus berjumlah genap (minimal 2 keping memori)

  • DIMM (Double In Line Memory Module)

Slot memori jenis ini biasanya berwarna biru  atau hitam yang digunakan untuk pemasangan memori jenis DDRAM dan SDRAM. Adapun dalam pemasangannya bebas, bisa cuma satu ataupun lebih dari satu.

  • RIMM (Rambus In Line Memory Module)

Jenis slot ini biasanya berwarna biru atau hitam yang digunakan untuk pemasangan memori jenis RDRAM. Adapun perbedaan yang sangat mencolok antara slot memori RIMM dan DIMM adalah jumlah cekungan yang ada di tengah-tengah slot.

3. Slot IDE dan Slot SATA

Slot SATA
alamy.com

Slot ini adalah bagian dari motherboard yang sebenarnya memiliki bentuk yang berbeda namun memiliki fungsi yang yang sama satu dengan yang lainnya. Dimana fungsi keduanya ada yang menjadi penghubung hardisk atau optical drive dengan motherboard.

Untuk bentuk Slot IDE sendiri sebenarnya agak memanjang dan menyesuaikan dengan kondisi fisik dari kabel dari IDE. Sedangkan untuk slot dari SATA sendiri memiliki bentuk yang memang agak lebih kecil dan sama sekali tidak memiliki banyak tempat karena kabelnya memang sangat kecil.

Slot IDE sendiri secara umum bisa Anda temukan di motherboard yang lama karena untuk saat ini lebih banyak motherboard menggunakan Slot SATA dan mulai meninggalkan slot IDE.

4. I/O Ports

Input Output Ports
alamy.com

I/O Port atau port input output adalah kumpulan beberapa port yang ada di motherboard sebagai tempat dipasangnya seluruh konektor input output dibawah control processor.

Pada motherboard sendiri ada banyak sekali port diantaranya adalah :

  • Port PS/2
  • Port USB
  • Port Audio
  • Port Serial
  • Port Paralel (LPT)
  • Port VGA
  • Port Modem
  • Port LAN
  • Port Firewire (IEEE 1394)

Selain itu I/O Port juga berfungsi untuk menghubungkan perangkat elektronik diluar komputer seperti scanner, printer, barcode reader, dll.

5. Slot AGP

Slot AGP (Accelerated Graphics Port) adalah slot canggih yang didesain khusus untuk kartu grafis dan akselerator 3 Dimensi.

AGP sendiri adalah salah satu slot lama yang sudah jarang ditemukan pada motherboard jenis terbaru dan memang kebanyakan motherboard sudah beralih ke slot PCI Express X16.

6. Slot PCI / PCI Express

Slot PCI (Peripheral Component Interconnect) adalah slot penghubung yang terdapat pada motherboard untuk mengintegrasikan perangkat PCI seperti kartu grafis, kartu suara dan perangkat jaringan.

Beberapa orang menyebut slot PCI ini sebagai alat atau konektor yang dapat menghubungkan motherboard dengan perangkat eksternal tambahan. Namun seiring dengan perkembangan teknologi slot ini mulai digantikan dengan slot PCI Express (PCI-E) yang dikenal lebih canggih dan multifungsi.

7. BIOS

BIOS (Basic Input/Output System) adalah sebuah salah satu software komputer yang dibuat dalam bahasa rakitan (Assembly) dan berfungsi untuk mengatur fungsi dasar perangkat keras komputer.

Bios ini ditanamkan pada sebuah motherboard dalam bentuk chip memori flash (ROM) dari bahan compelemntary oxide semiconductor (CMOS). Nah, agar semua data maupun informasi tidak hilang saat komputer dimatikan, biasanya CMOS juga dilengkapi dengan sebuah baterai berukuran kecil di dalamnya.

Untuk saat ini BIOS sudah sangat jarang digunakan dan banyak digantikan dengan penggunaan UEFI. Jadi UEFI ini memang salah satu teknologi yang sangat canggih.

Jika dilihat secara fisik memang  BIOS dan UEFI memiliki bentuk yang sama seperti chip dan penempatannya sendiri juga sama. Namun yang membedakannya adalah karena kecanggihannya.

8. Baterai CMOS

Baterai CMOS
rasssian.com

Baterai CMOS (Complimentary Metal Oxide Semiconductor) adalah jenis baterai berukuran kecil yang berfungsi untuk memberikan suplai daya sekaligus menyimpan semua setingan yang ada pada BIOS meski tanpa aliran listrik.

Jadi apabila Anda melepas baterai CMOS ini dari motherboard, maka sama saja seperti Anda mengubah setingan BIOS ke pengaturan default.

9. Power Connector

Power connector adalah bagian yang menghubungkan motherboard dengan power supply sehingga membuatnya bisa mendapatkan aliran listrik.

10. Front Panel Connector

Bagian motherboard yang terakhir adalah front panel connector. Jadi bagian ini mempunyai bentuk seperti jarum tumpul untuk menancapkan tombol-tombol seperti LED harddisk, LED Power, tombol power dan tombol restart.

Biasanya terdapat keterangan kecil yang menunjukkan keterangan dari masing-masing pin sehingga pengguna tidak salah dalam memasang.


Itulah pembahasan kali ini mengenai bagian-bagian motherboard yang perlu untuk Anda ketahui. Sebenarnya masih banyak jenis port dan juga slot yang ada pada motherboard, namun yang telah disebutkan diatas merupakan bagian utama dengan fungsi yang lebih dominan.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Read More

Pengertian Flashdisk dan Fungsinya

Pengertian Flashdisk – Flashdisk merupakan perangkat penyimpanan data sementara layaknya RAM yang sering dimanfaatkan dan sifatnya bisa dibawa…
bagian-bagian laptop
Read More

Bagian-Bagian Laptop dan Fungsinya

Bagian-bagian laptop |  Laptop adalah salah satu perangkat elektronik yang sering kita gunakan sehari-hari untuk berbagai kebutuhan seperti…