Bagian-Bagian Laptop dan Fungsinya

Bagian-bagian laptop |  Laptop adalah salah satu perangkat elektronik yang sering kita gunakan sehari-hari untuk berbagai kebutuhan seperti mengerjakan tugas sekolah, menonton video, bermain game, membuat desain grafis dan bahkan sebagai alat komunikasi.

Tapi tahukah Anda bahwa sebuah laptop itu terdiri atas beberapa komponen pendukung untuk dapat melakukan berbagai macam tugasnya. Nah, bagi Anda yang ingin tahu apa saja bagian-bagian komponen laptop dan fungsinya bisa menyimak informasi berikut.

1. Processor

Processor
pxhere.com

Processor adalah salah satu komponen laptop yang memiliki peran penting untuk mengontrol sistem, menjalankan berbagai macam perintah dan memproses keseluruhan data yang ada pada komputer.

Processor juga disebut sebagai otak komputer yang umumnya terpasang dan melekat pada socket yang telah disediakan di motherboard. Jadi processor ini bisa diganti dengan jenis lain asalkan terdapat kesamaan socket didalamnya, jika tidak sesuai maka processor tidak bisa dipasang dengan benar.

Yang perlu Anda ketahui adalah semakin tinggi kecepatan yang dimiliki sebuah processor maka semkain cepat pula kinerja laptop dalam melakukan processing data.

2. Motherboard

Motherboard
pxhere.com

Motherboard adalah sebuah papan induk yang berbentuk seperti printed circuit board (PCB) dam berfungsi sebagai tempat melekatnya berbagai macam komponen sekaligus keberadaannya menjadi pengendali juga pengatur dari setiap bagian atau komponen yang terpasang di dalam laptop seperti :

  • RAM
  • HDD
  • Port USB
  • Port Fire Wire
  • Audio jack
  • CD/DVD drive konektor
  • Video Chip
  • Konektor baterai
  • Konektor keyboard
  • Ethernet port Atau port jaringan
  • Roda kontrol volume

Jadi motherboard ini menyediakan sebuah konektivitas elektrik yang disebut BUS sehingga semuanya bisa terhubung untuk saling bekerja sama.

Selain dikenal dengan beragam komponen yang terpasang padanya. Bentuk motherboard juga berbeda antara satu dengan lainnya. Hal ini umumnya disesuaikan dengan setiap produk laptop yang dibuat oleh perusahaan.

3. Hard Disk

Hard Disk
pxhere.com

Hard disk adalah salah satu perangkat yang menyediakan ruang penyimpanan dengan kapasitas tertentu untuk digunakan menyimpan beragam sistem operasi juga mekanisme kerja pada laptop.

Dengan kata lain, setiap data yang ada di dalam laptop maka secara otomatis akan tersimpan pada bagian ini.

Saat ini jenis hard disk yang banyak beredar di pasaran adalah hard drive SATA atau SSD. Namun dari kedua jenis hard disk / hard drive tersebut, SSD dikenal dengan kecepatan transfer yang lebih baik. Karena itulah harga yang ditawarkannya pun jelas lebih tinggi dibandingkan dengan SATA.

4. Memory RAM

Memory RAM
pxhere.com

RAM adalah sebuah perangkat yang berfungsi untuk menyimpan instruksi program sekaligus sebagai tempat penyimpan data dalam waktu sementara. Jadi RAM ini bersifat volatile yang artinya data didalamnya bisa hilang saat tidak adanya aliran listrik.

Adapun bagian ini digunakan untuk membantu kinerja ataupun performa dari prosesor laptop agar dapat bekerja dengan baik ketika ia menyala. Karena itulah RAM dikenal sebagai ruang atau tempat sementara.

Jenis memori RAM yang banyak digunakan pada laptop adalah SO-DIMM atau Small Outline Dual In Line Memory Module. Sedangkan untuk jenisnya sendiri terbilang beragam, ada DDR2, kemudian DDR2L, DDR3, DDR3L, DDR4 dan lainnya.

5. Graphic Card

Graphic Card
pxhere.com

Graphic card atau kartu grafis sering pula disebut sebagai VGA adalah bagian yang berfungsi untuk menerjemahkan perangkat output laptop menuju bagian layar monitor. Dengan kata lain keberadaannya memberikan gambaran pada layar laptop Anda.

Jika dilihat dari bagian yang dimilikinya, kartu grafis terbagi menjadi dua bagian berbeda, di antaranya :

  • VGA on-board, dikenal sebagai bagian yang tertanam pada motherboard.
  • VGA extrnal, yang mana keberadaannya dibuat terpisah dengan motherboard.

Untuk laptop yang menggunakan VGA on-board, jika ia mengalami kerusakan maka ia harus mengganti motherboard secara keseluruhan. Meski demikian, jenis yang satu ini dikenal dengan harganya yang murah serta perawatan yang mudah untuk dilakukan.

Berbeda halnya dengan laptop yang menggunakan VGA external. Selain dikenal dengan harga yang lebih tinggi. Penggunaannya pun sangat cocok untuk menggunakan beragam aplikasi berat seperti halnya game atau bahkan aplikasi desain grafis dan lainnya.

6. CDROM / DVD-ROM

DVD-ROM Laptop
pxhere.com

CD-ROM adalah perangkat media yang dapat digunakan untuk membaca CD namun hanya bersifar Read-Only (membaca saja). Sedangkan DVD-ROM adalah perangkat media yang mampu membaca data pada CD dengan kemampuan yang lebih baik.

Perbedaan yang paling mencolok dari keduanya adalah kalau CD-ROM hanya bisa membaca CD-R atau CD-RW saja, sementara pada DVD-ROM juga bisa membaca CD-R/RW dan DVD-R/RW.

Komponen laptop ini dapat dibagi menjadi dua bagian yang berbeda, ada tipe ADA / ITE dan ada pula tipe SCSI. Jika dilihat dari fungsi yang dimilikinya keduanya dapat Anda gunakan untuk membaca dan mengcopy data pada CD/DVD serta melakukan proses burning untuk back-up data.

7. Baterai Laptop

Baterai Laptop
aliexpress.com

Baterai laptop adalah bagian yang berfungsi sebagai pemasok daya saat Anda menyalakan laptop untuk berbagai macam keperluan.

Baterai laptop bersifat portable dan mampu bertahan dalam kondisi pemakaian yang ekstrim sekalipun, apabila habis Anda bisa melakukan pengisian ulang dan laptop bisa kembali digunakan.

Baterai laptop sendiri memiliki jenis yang berbeda-beda, yang paling banyak digunakan ada jenis Li-ion, NiCad dan juga Nimh. Sementara bentuk dan ukurannya biasanya disesuaikan dengan laptop yang dimilikinya.

8. Sound Card

Sound Card
pxhere.com

Sound card (kartu suara) adalah bagian laptop yang berfungsi untuk mengolah audio atau suara. Jadi audio atau suara yang bisa keluar dari speaker laptop merupakan hasil olahan dari perangkat yang satu ini.

Pada dasarnya semua laptop memiliki sound card yang telah terpasang di bagian motherboard dengan jenis on board. Akan tetapi, selain terpasang secara langsung, ada pula jenis sound card lainnya yang dapat Anda pasang serta lepas dengan mudah. Sound card tersebut dikenal dengan nama Sound Card External yang dapat disambungkan pada laptop Anda.

9. Power AC / DC Adapter

Power AC DC Adapter
amazon.com

Power AC/DC Adapter adalah bagian pada laptop yang berfungsi seperti power supply. Jadi komponen ini bisa mengatur dan menurunkan tegangan dari sumber listrik yang menuju ke laptop Anda.

Sementara itu, secara sederhana AC / DC Adapter tersebut sering pula dikenal sebagai alat untuk melakukan charging dari baterai laptop yang Anda miliki. Dengan bagian yang satu ini, ketika baterai telah habis, maka ia pun dapat diisi hingga penuh kembali.

10. Touchpad

Touchpad
pxhere.com

Touchpad adalah bagian laptop yang termasuk dalam perangkat input dan berfungsi layaknya seperti mouse yaitu untuk mengarahkan kursor dengan jari.

Jadi touchpad ini berbentuk seperti papan yang permukaannya telah dilapisi dengan sensor khusus untuk mendeteksi gerakan jari. Dengan bantuan komponen ini Anda bisa melakukan scrolling, klik, double klik dan menunjuk objek dengan pointer.

11. Keyboard

keyboard
pxhere.com

Keyboard adalah papan ketik yang terdiri atas susunan huruf, angka dan simbol berbentuk tombol sebagai alat input untuk memasukkan perintah atau instruksi ke dalam laptop.

Adapun susunan dan bentuk keyboard pada dasarnya mirip dengan mesin ketik, namun ada beberapa fitur lain yang ditambahkan. Dengan kata lain, bagian ini digunakan untuk memasukkan perintah dari pengguna ke dalam laptop yang kemudian akan diterjemahkan menjadi bahasa pemrograman untuk diproses dengan seksama.

12. Wireless Card

Wireless card adalah salah satu komponen dari laptop yang mana dapat Anda gunakan untuk menghubungkan laptop pada jaringan tertentu. Penggunaannya pun tidak disertai dengan kabel. Dengan kata lain, ia bekerja dengan menggunakan signal.

13. LCD Screen

LCD Screen
pxhere.com

LCD Screen atau layar dari laptop Anda dikenal dengan fungsinya dalam menampilkan gambar yang dihasilkan dari kartu grafis. LCD akan menerima signal dari kartu grafis. Ia juga hadir dengan bebarapa tingkatan resolusi, seperti HD, FHD, QHD, UHD serta FUHD.

14. Web Camera

Web Camera atau sering disebut sebagai webcam adalah sebuah komponen hardware yang terdapat di dalam laptop. Webcam ini berfungsi sebagai kamera pengambil gambar maupun video untuk berbagai keperluan seperti video call, live streaming, dll.

Adapun lokasinya sendiri berada di bagian bezel dari layar atas laptop dan dilengkapi kamera web-built-in.

15. Casing laptop

Casing laptop adalah bagian paling luar dari laptop yang berfungsi untuk menutup semua bagian-bagian laptop agar aman dan terhindar dari debu.

Casing ini bisa dibilang seperti sebuah baju, jadi dia akan menutup seluruh komponen dengan rapat dan keberadaannya bisa membuat laptop terlihat lebih bagus dan elegan.


Demikianlah pembahasan kali ini mengenap apa saja bagian-bagian laptop yang perlu Anda ketahui. Pada dasarnya laptop merupakan perangkat elektronik yang tersusun atas banyak komponen pendukung di dalamnya.

Keseluruhan komponen tersebut akan bekerjasama dalam menghasilkan sebuah output dan kemudahan yang bisa kita rasakan manfaatnya seperti sekarang ini. Semoga bermanfaat!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Read More

Pengertian Flashdisk dan Fungsinya

Pengertian Flashdisk – Flashdisk merupakan perangkat penyimpanan data sementara layaknya RAM yang sering dimanfaatkan dan sifatnya bisa dibawa…