Aplikasi Kamera Untuk Laptop Terbaik dan Gratis

Aplikasi kamera untuk laptop – Kamera laptop merupakan salah satu perangkat yang memiliki banyak fungsi, meskipun secara resolusi tidak sebaik seperti kamera digital atau ponsel namun akan sangat dibutuhkan bagi Anda yang sering melakukan meeting online, video call, zoom, skype ataupun streaming.

Secara default bawaan aplikasi kamera laptop sistem operasi windows maupun MacOS memang kurang memadai, biasanya hanya berisikan fitur standart sehingga membuatnya kurang menarik untuk digunakan. Padahal ada banyak sekali aplikasi kamera untuk laptop yang bisa di unduh gratis lengkap dengan berbagai fitur yang bisa membuat hasil foto dan video menjadi lebih berkualitas.

Berikut ini adalah rekomendasi aplikasi kamera terbaik dan gratis untuk laptop Dell, Asus, Toshiba, HP dan lainnya yang bisa Anda unduh dan gunakan untuk melakukan berbagai macam aktivitas foto maupun recording video.

1. YawCam

Aplikasi Kamera Laptop Yawcam

YawCam adalah aplikasi kamera unik yang mampu mengalirkan hasil rekaman video secara berurutan. Meskipun terbilang sederhana, namun fitur yang ada di dalamnya cukup lengkap untuk kategori aplikasi gratisan.

Adapun kemampuan yang diunggulkan pada aplikasi ini yakni adanya overlay teks maupun gambar, serta dapat mengkonversi beberapa gambar untuk dijadikan sebuah film atau video.

Selain itu Yawcam juga dapat mendeteksi sebuah gerakan yang tertangkap oleh kamera. Untuk masalah keamanan, jangan khawatir karena aplikasi ini telah dilengkapi dengan sistem keamanan berupa fitur kata sandi. 

2. Multi Webcam Video Recorder Free

Aplikasi Multi Webcam Video Recorder Free

Multi Webcam Video Recorder Free adalah aplikasi buatan DGTSoft yang memiliki kemampuan untuk merekam video dari beberapa webcam sekaligus (max 36 webcam) dari beberapa sudut pandang yang berbeda-beda secara bersamaan. Adapun hasil rekaman tersebut bisa disimpan dalam berbagai format file yang berbeda.

Selain perekaman, aplikasi ini nyatanya juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan pengambilan screenshot dan gambar dengan pilihan pengaturan ukuran frame serta resolusi yang di inginkan.

3. Windows Camera

Aplikasi Windows Camera

Windows camera adalah aplikasi kamera pilihan bawaan windows yang dikenal lebih cepat dari versi sebelumnya.Meskipun bukan program 3rd party, Windows Camera masih cukup popular dan banyak digunakan oleh pengguna sistem operasi Windows.

Adapun windows camera ini sangat mudah digunakan untuk mengambil gambar diri secara sederhana. Ditambah lagi dengan adanya berbagai macam pilihan efek pada setiap hasil jepretan.

Selain itu, hasil video yang dihasilkan oleh aplikasi keluaran Microsoft ini memiliki 3 resolusi yaitu 360 pixel, HD, maupun Full HD. Untuk mengambil gambar, tentunya aplikasi ini sudah dilengkapi dengan fitur time lapse yang dapat digunakan untuk mengambil beberapa foto dalam beberapa detik saja.

Aplikasi Youcam

YouCam adalah aplikasi kamera laptop dan PC terbaik yang memiliki 200 efek hasil jepretan serta mampu dijalankan pada operasi Windows. Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai macam fitur seperti HDR dan Panorama sehingga bisa menghasilkan gambar yang lebih detail dan tajam.

YouCam juga memiliki antar muka yang sangat user-friendly, ditambah lagi dukungan fitur lain seperti :

  • Bisa terhubung ke berbagai layanan streaming (zoom, skype, facebook, Live Youtube)
  • Adanya fitur Live Makeup Berteknologi AR
  • Mendukung teknologi True Theater (tajam dan kontras secara otomatis)

5. Kamerah

Aplikasi Kamerah

Kamerah adalah aplikasi kamera yang yang sangat sederhana dan mudah digunakan. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk merekam video hanya dengan mengisikan nama file dan menekan tombol merah besar yang nampak di layar.

Meskipun sangat simple, Aplikasi Kamerah ini nyatanya mampu untuk menyesuaikan resolusi video dan ukuran file sehingga bisa lebih sesuai dengan penggunaan. Tapi sayangnya aplikasi ini tidak mendukung semua jenis webcam laptop dan jika itu terjadi biasanya hanya akan menampilkan layar hitam saja.

6. Camwiz Webcam Recorder

Camwiz Webcam Recorder

Camwiz Webcam Recorder adalah aplikasi kamera laptop yang mampu merekam video dengan hasil yang super jernih pada sistem operasi MacOS. Pada tampilan depan aplikasi ini Anda akan disuguhkan 3 deretan menu utama untuk melakukan setting, toggle camera dan alat perekam.

Camwiz Webcam Recorder juga dilengkapi dengan fitur unggulan seperti Screen Cam Capture, Motion Detection, Remote Webcam, dan masih banyak lagi fitur-fitur lainnya. Selain itu, aplikasi ini dapat memberikan efek penglihatan malam, pengaturan waktu dan banyak lainnya yang tidak kalah saing dengan aplikasi kamera laptop jenis lain.

Aplikasi kamera untuk laptop ini termasuk aplikasi yang dapat memberikan resolusi dari 240 pixel hingga 1080 pixel pada video Anda. Namun kekurangan dari aplikasi tersebut hanya bisa digunakan pada macOS saja.

7. Free Screencast

Aplikasi Kamera Laptop Free Screencast

Free Screencast adalah aplikasi kamera laptop gratis yang dapat digunakan di semua seri windows termasuk Vista, XP, Windows 7, 8 dan 10. Mengingat karena banyak fitur yang ditawarkan, membuat aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk melakukan live streaming di berbagai platform.

Aplikasi ini dapat digunakan untuk merekam dengan berbagai format video, seperti MKV, MP4, AVI, MPG, WMV, dan FLV. Keunggulan lain dari Free Screencast yakni, dapat merekam suara dengan bantuan input audio, seperti microphone, mixer audio, sambungan telepon, dan sebagainya.

Bahkan hasil rekaman yang dihasilkan bisa diatur secara full screen atau sebagian layar. Menariknya, hasil video tersebut dapat langsung dibagikan pada halaman media sosial Anda secara langsung melalui aplikasi tersebut.

8. Photo Booth Pro

Aplikasi Photo Booth Pro

Photo Booth Pro adalah salah satu aplikasi kamera laptop yang diunggulkan dari segi kecepatan kerjanya. Keunggulan lain dari aplikasi ini yaitu adanya efek cermin dan berbagai macam filter yang dapat menghasilkan gambar yang lebih bervariasi. Hasil kerjanya-pun juga dapat langsung diunggah secara langsung ke sosial media Anda.

Berbagai macam fitur  yang terdapat pada Photo Booth Pro dapat membuat hasil jepretan dan rekaman bisa lebih ekspresif. Hal ini karena ditunjang dengan fitur lensa distorsi, dan beberapa efek seperti efek cermin aksial, hingga efek filter dan blur.

Selain itu terdapat juga fitur photo strip yang berfungsi untuk menangkap 1 gambar dengan 4 efek yang berbeda. Sedangkan format video yang dihasilkan dari aplikasi ini berupa format MP4, sementara rasio dari viode tersebut yaitu 4:3 dan 16:9 dengan resolusi 640×360.

9. Free2X Webcam Recorder

Aplikasi Free2X Webcam Recorder

Free2X Webcam Recorder  adalah aplikasi kamera yang dapat digunakan disemua jenis sistem operasi. Meskipun aplikasi ini tersedia dalam versi gratis, Free2X Webcam Recorder tetap memiliki fitur-fitur yang sangat lengkap pada saat ingin Anda gunakan. Aplikasi ini dapat memberikan sebuah screenshoot pada tampilan kamera serta dapat memberikan efek watermark pada suatu gambar atau foto.

Format video yang dihasilkan oleh Free2X Webcam Recorder yakni WMV dan AVI. Selain itu, aplikasi ini memiliki sebuah file manager yang dapat dijadikan seperti halnya Windows Explorer sehingga akan memudahkan dalam melokasikan file-file Anda.

10. Webcam Toy

Aplikasi Webcam Toy

Webcam Toy adalah aplikasi kamera laptop berbasis website yang memiliki tampilan sangat sederhana. Anda bisa langsung menggunakan Webcam Toy dengan mengunjungi alamat web tanpa harus mengunduh dan memasang aplikasinya,

Laman Webcam Toy juga bisa diakses dengan cepat dan ringan, tentu hal ini menjadi keunggulan dari aplikasi tersebut. Sementara itu hanya dengan mengikuti instruksi yang ada pada laman websitenya, Anda bisa langsung mendapatkan sebuah tampilan foto selfie yang menarik.

Dengan sedikit melakukan pengaturan pada fitur yang tersedia, maka akan membuat hasil dari jepretan Webcam Toy menjadi lebih ekspresif. Bahkan hasil foto dalam format JPG dapat langsung diunggah ke media sosial Anda.

11. Bytescout Screen Capturing

Aplikasi Bytescout Screen Capturing

Bytescout Screen Capturing adalah aplikasi kamera yang dapat diandalkan untuk melakukan perekaman video maupun gambar. Aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk para pemula karena tidak memiliki banyak tombol-tombol yang akan membingungkan para penggunanya.

Berbicara kelebihan, Bytescout Screen Capturing ini sangat menonjolkan kemampuan dalam perekaman video yang langsung bisa diisi dengan audionya. Sehingga aplikasi ini sangat cocok digunakan oleh para pembuat konten untuk melakukan pekerjaannya. Hasil video yang telah dikerjakan akan berformat AVI dan dapat langsung diunggah ke channel YouTube Anda.

12. Many Cam

Aplikasi Many Cam

Many Cam merupakan aplikasi kamera dan video untuk laptop yang memiliki fitur-fitur sangat beragam. Dengan tersedianya fitur stiker, background, emoticon dan efek lain yang sangat lengkap, membuat aplikasi ini menjadi salah satu pilihan yang cocok untuk para anak muda.

Selain itu, aplikasi ini dapat digunakan untuk merekam sebuah video dengan resolusi yang beragam, dari 240 pixel hingga Full HD. Akan tetapi, kebanyakan dari para penggunanya menggunakan aplikasi sebagai aplikasi editing foto secara langsung.

Jadi tidak heran jika aplikasi Many Cam banyak digunakan oleh mereka yang berkegiatan aktiv dalam dunia online baik untuk streaming, pembuatan tutorial, editing video hingga di integrasikan ke beberapa sosial media yang ada.

13. EatCam Webcam Recorder

Aplikasi EatCam Webcam Recorder

EatCam Webcam Recorder adalah aplikasi kamera laptop gratis yang mampu memotret hasil foto dengan kualitas yang baik dan merekam video hanya dengan sekali tombol saja. Sementara hasil videonya bisa diseting dalam format AVI ataupun JPEG.

Adapun beberapa kelebihan lainnya yaitu :

  • Mampu di integrasikan untuk streaming ke media sosial
  • Mampu merekam video dan audio dengan baik
  • Mampu mendeteksi suara audio dari berbagai macam sumber (speaker, mikrofon atau line-in)
  • Mudah dalam pengoperasian
  • Hasil output rekaman memiliki ukuran yang tidak terlalu besar

14. Webcam Max

Aplikasi Webcam Max

Webcam Max adalah aplikasi kamera yang sangat cocok untuk di install di laptop/PC. Pasalnya aplikasi ini dibekali dengan fitur yang sangat lengkap dan bahkan bisa anda unduh secara gratis.

Selain itu aplikasi ini juga dapat digunakan untuk melakukan perekaman video langsugn dari kamera laptop untuk berbagai kebutuhan seperti zoom meeting, streaming sosmed ataupun pembuatan video sebagai konten creator.

Hal yang menarik saat menggunakan aplikasi Webcam Max ini adalah Anda tidak akan merasakan monoton dengan fitur yang ada. Karena ada beragam efek, stiker, emoticon dan background menarik di dalamnya.

15. Weeny Free video Recorder

Weeny Free video Recorder

Weeny Free video Recorder adalah aplikasi yang sangat mudah untuk digunakan dan memiliki kapasitas yang tidak terlalu besar. Meskipun merupakan aplikasi free atau gratis, Weeny Free Video Recorder ini mampu untuk merekam video dalam format WMP atau ASF.

Adapun hasil foto dan video yang kita simpan bisa dilihat dalam sebuah folder yang terakomodir sehingga memudahkan dalam pencarian.

16. Apowersoft Free Screen Recorder

Apowersoft Free Screen Recorder

Apowersoft Free Screen Recorder adalah aplikasi kamera dan video laptop yang sangat cocok untuk para gamers mania. Karena aplikasi ini mampu merekam video dari kamera dan merekam video dari desktop secara bersamaan mirip apa yang dilakukan oleh youtuber gaming saat ini.

Selain itu di tengah perekaman video Ada juga bisa melakukan pengambilan gambar secara langsung dan menyimpannya dalam berbagai pilihan format yang ada seperti PNG, JPG, dan lainnya dengan resolusi terbaik.

17. Debut Video Capture Software

Debut Video Capture Software

Debut Video Capture Software adalah kamera laptop terakhir yang saya rekomendasikan untuk Anda. Aplikasi ini bisa memanjakan penggunanya berkat adanya beragam efek mewah dan juga filter di dalamnya. Bisa dibilang Debut Video Capture Software merupakan salah satu aplikasi kamera terbaik karena di desain khusus dan mmeiliki tampilan yang user-friendly.

Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk melakukan editing video ringan seperti mengatur saturasi dan kontras yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan menggunakan 3 filter utama yang telah tersedia. Untuk aspek teknis, Debut Video ini mampu menghasilkan gambar dan video dalam berbagai format serta resolusi bisa mencapai kualitas HD.


Jadi itulah beberapa daftar aplikasi kamera untuk laptop/PC terbaik yang bisa Anda unduh secara gratis di link yang sudah tersedia. Semoga bisa membantu pekerjaan Anda dan bisa lebih berkarya.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like