Incognito Hotel Adalah: Kapan Bisa Minta Kerahasiaan Data Tamu Hotel?

Dalam dunia perhotelan, ada banyak sekali istilah yang mungkin belum banyak diketahui.  Istilah perhotelan yang mungkin menarik untuk kita bahas adalah Incognito Hotel.

Apa itu Incognito Hotel? Dan kapan Anda dapat berstatus “Incognito” selama menginap?

Saat kita menginap di Hotel, memang ada privasi yang harus dijaga terutama oleh pihak hotel. Ini sudah menjadi aturan umum yang harus dijalankan untuk menjaga privasi mereka yang menginap.

Hal tersebut tentu memiliki maksud dan tujuan tersendiri. Namun yang paling mendasari itu semua adalah demi menjaga keamanan dan kenyamanan para tamu yang menginap.

Apa Yang Dimaksud Dengan Incognito Hotel?

Incognito adalah kata dalam bahasa Inggris yang memiliki arti “samara” atau tidak diketahui. Sedangkan hotel adalah tempat penginapan yang disewa oleh tamu untuk bermalam ataupun beristirahat dalam jangka waktu tertentu.

Apabila digabungkan, Incognito hotel adalah istilah yang digunakan untuk para tamu yang menginap dihotel namun keberadaannya tidak ingin diketahui oleh orang lain.

Jadi status “incognito” ini bisa di request oleh tamu secara langsung ke bagian front office saat memesan kamar sehingga keberadaannya minta untuk dirahasiakan kepada siapapun.

Jika status incognito hotel ini sudah di Acc, maka siapapun yang mencari Anda ke hotel tersebut tidak akan dikasih tahu prihal keberadaan Anda. Bahkan jika orang tersebut merengek ke manager hotel sekalipun.

Kapan Sebaiknya Incognito Guest Hotel Digunakan?

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, seseorang khususnya para tamu yang menginap di hotel bisa sewaktu-waktu mengunakan fasilitas incognito hotel dengan cara meminta langsung kebagian front office.

Namun penggunaan fasilitas incognito guest hotel ini tentu bukan tanpa tujuan. Jadi kapan sebaiknya fasilitas incognito guest hotel ini digunakan?

Kerahasiaan Data Tamu Hotel

Biasanya fasilitas ini digunakan dalam kondisi tertentu seperti :

  • Seorang artis (lokal ataupun internasional) yang menginap di hotel dan ingin privasinya tidak diketahui banyak orang bahwa dia menginap di hotel tersebut.
  • Seorang solo travelling yang ingin beristirahat sebelum melanjutkan perjalanannya namun keberadaannya tidak ingin diketahui
  • Pejabat penting yang menginap di hotel ketika masa liburan dan ingin privasinya tidak diliput media

Kebanyakan incognito guest hotel digunakan oleh mereka dengan situasi yang dijelaskan tersebut. Jadi jika Anda bukan seorang artis yang terkenal, atau pejabat penting maka fasilitas ini tentu terkesan tidak terlalu dibutuhkan.

Baca juga : Ciri Hotel Yang Aman dari Razia! Simak 7 Tipsnya Agar Selamat

Kerahasiaan Data Tamu Hotel

Sebagai penyedia jasa penginapan, hote lengkap dengan semua staff di dalamnya memang sudah di training serta dibekali pengetahuan untuk selalu menerapkan prosedur yang telah ditetapkan termasuk menajga privasi tamu yang menginap.

Dalam kasus incognito hotel di atas, untuk sebagaian orang memang fasilitas incognito guest harus diminta khusus demi kenyamanan dan keamanan mereka selama bermalam di hotel.

Memang ada banyak sekali alasan mengapa seseorang meminta status incognito guest tersebut dan itu sifatnya privasi. Jadi siapa saja tidak berhak untuk mengetahuinya selain tamu itu sendiri.

Rata-rata semua jenis penginapan termasuk hotel berbintang sangat menjunjung tinggi prosedur yang sudah ditetapkan. Namun jangan salah, jika Anda meminta status incognito tapi melakukan tindakan criminal dan sedang menjadi incaran pihak kepolisian.

Maka secara undang-undang pihak hotel tetap harus memberitahu dan kooperatif untuk memberikan informasi yang dibutuhkan pihak kepolisian tersebut sebagai bentuk warga negara yang baik.


Jadi itulah pembahasan mengenai incognito guest hotel yang penting untuk Anda ketahui atau mungkin suatu saat Anda membutuhkannya. Pada dasarnya Incognito hotel bisa diminta kapan saja oleh tamu yang menginap dan  kerahasiaan data diri tamu hotel bisa diutamakan.

Leave a Comment