20+ Desain Kusen Pintu dan Jendela Minimalis Terbaru Bagian Depan

Dalam struktur sebuah bangunan hunian ataupun perkantoran, adanya sirkulasi udara yang baik tentu harus dipikirkan dengan seksama. Adapun sirkulasi udara tersebut bisa dengan ditambahkannya jendela ataupun pintu sebagai akses masuk dan keluar.

Sekarang ini, desain dari pintu sendiri sangat beragam dan satu hal yang menentukan keindahan sebuah bangunan adalah pemilihan kusen pintu dan jendela yang bagus mengikuti trend saat ini.

Fungsi dari Kusen?

Kusen sendiri merupakan bagian dari konstruksi bangunan yang berguna untuk meletakkan daun pintu dan jendela, selain itu fungsi dari kusen juga kerap digunakan sebagai penyekat antar ruangan.

Melihat dari fungsinya yang cukup vital, maka pemasangan dari kusen pintu dan jendela harus dilakukan dengan benar dan kuat, sehingga diharapkan bisa awet dan tahan lama.

Jenis-Jenis Kusen?

Berbicara mengenai jenis dari kusen sendiri ada berbagai macam, yang paling umum digunakan yaitu dari bahan kayu, alumunium, fiberglass dan juga bahan dari beton yang dicetak. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri.

Nah, untuk Anda yang mungkin saat ini sedang mencari referensi desain kusen pintu dan jendela minimalis terbaru kekinian tampak bagian depan bisa coba simak rekomendasi di bawah ini.

1. Desain Kusen Pintu dan Jendela Minimalis Kayu

Desain Kusen Pintu dan Jendela Minimalis Unik

Kusen pintu dan jendela seperti gambar diatas menggunakan bahan kayu jati yang membuatnya nampak lebih homy. Secara desain-pun tidak terlalu heboh, ada pintu besar di bagian tengah dan jendela yang menghiasi sisi samping pintu.

Desain seperti ini sangat cocok digunakan pada rumah tema minimalis namun tetap ingin menonjolkan unsur kayu didalamnya.

2. Desain Kusen Pintu dan Jendela Minimalis Bingkai Kaca

Desain Kusen Pintu dan Jendela Minimalis Bingkai Kaca

Kebanyakan rumah minimalis saat ini menggunakan kusen dari alumunium ataupun besi dengan pilihan warna hitam. Desain kusen diatas juga dicat hitam dengan hiasan jendela kaca kotak-kota kecil.

Unsur minimalis modern sangat kental terasa ditambah dengan pemilihan warna rumah yang putih bersih seperti halnya rumah-rumah di perumahan.

3. Desain Kusen Pintu dan Jendela Minimalis Alumunium

Desain Kusen Pintu dan Jendela Minimalis Alumunium

Selain warna hitam, Anda juga bisa memilih kusen pintu dan jendela dengan warna keabu-abuan. Unsur minimalisnya tetap terasa seperti gambar di atas.

Kusen tersebut sangat cocok untuk rumah mini – sedang, karena selain hemat tempat juga bisa digunakan sesuai kebutuhan.

4. Desain Kusen Pintu dan Jendela Minimalis Warna Putih

Desain Kusen Pintu dan Jendela Minimalis Warna Putih 

Rumah tema minimalis tidak berarti pemilihan warnanya hanya putih dan hitam saja, misalnya anda bisa memilih desain kusen pintu dan jendela yang simple dengan warna putih namun bagian pintunya dicat warna cokal-orange untuk memberikan kesan freshness.

Selain jendela yang berada di sisi pintu, Anda juga bisa meletakkan jendela atau angin-angin di bagian atas pintu agar tampilan depan rumah nampak lebih tinggi.

5. Desain Kusen Pintu dan Jendela Minimalis Artsy

Desain Kusen Pintu dan Jendela Minimalis Artsy

Untuk Anda yang mungkin orangnya artsy banget, pemilihan desain kusen jendela dan pintu tentu sangat diperhatikan dengan matang.

Apabila kusen pada umumnya biasa-biasanya saja, Anda bisa mencoba memilih desain seperti gambar diatas agar tampilan rumah Anda sedikit lebih berbeda.

6. Desain Kusen Pintu dan Jendela Minimalis Sederhana

Desain Kusen Pintu dan Jendela Minimalis Sederhana

Komposisi sebuah rumah tentu saja haruslah seimbang. Jangan sampai rumah yang tidak terlalu luas diberikan kusen pintu jendela yang lebar karena akan terlihat kurang cocok.

Simpel namun cantik, itulah desain kusen yang digunakan pada gambar diatas. dengan perpaduan warna hitam dan abu kesan minimalis tempat tinggal tetap bisa dirasakan.

7. Desain Kusen Pintu dan Jendela Minimalis Perumahan

Desain Kusen Pintu dan Jendela Minimalis Perumahan

Sepertinya desain kusen pintu dan jendela diatas sangatlah konvensional. Desain ini banyak diguankan di perumahan karena dinilai bisa memberikan tampilan depan rumah nampak lebar. 

Selain itu keberadaan jendela di sisi samping pintu yang tidak melekat ini bisa membuat cantik jika dipadu padankan dengan desain rumah yang bagus minimalis.

8. Desain Kusen Pintu dan Jendela Minimalis Jadul

Desain Kusen Pintu dan Jendela Minimalis Jadul

Desain kusen pintu dan jendela jadul diatas memang sangatlah simpel. Dengan berbahankan kayu secukupnya Anda sudah bisa mendapatkan akses keluar masuk serta jendela sebagai ventilasi.

Tentu saja desain seperti ini cocok digunakan untuk kamar pembantu, ruang pos satpam maupun ruangan kecil lainnya yang secara ukuran juga sesuai.

9. Desain Kusen Pintu dan Jendela Minimalis Cantik

Desain Kusen Pintu dan Jendela Minimalis Cantik

Tampilan rumah tetap bisa cantik dengan pemilihan desain kusen dan perabotan yang sesuai di depan rumah. Misalnya saja dengan kusen kayu di pintu maupun jendela pada gambar diatas.

Secara komposisi dan lebar rumah memang sudah sesuai, jadi secara tampilan pun akan terlihat cantik dan homy.

Baca juga : 15+ Desain Fasad Hotel dan Resort [Minimalis, Mewah dan Terbaru]

10. Desain Kusen Pintu dan Jendela Minimalis Oversized

Desain Kusen Pintu dan Jendela Minimalis Oversized

Desain kusen pintu dan jendela tidak harus kecil atau mini. Di beberapa rumah modern minimalis yang besar maka kusen yang digunakan juga haruslah besar.

Jadi kusen yang besar ini juga bisa membuat tampilan rumah sangat luas dan megah. Demikian juga dengan pemilihan dari bahan kusen harus diperhatikan dengan seksama.

Jangan sampai kita salah memilih bahan kusen sehingga tidak sesuai dengan tema rumah yang akan diusung.

11. Desain Kusen Pintu dan Jendela Minimalis Modern

Desain Kusen Pintu dan Jendela Minimalis Modern

Rumah modern saat ini juga menggunakan bahan-bahan yang kuat dan kokoh. Untuk kusen pintu dan jendela biasa menggunakan bahan besi. Namun demikian ini harus juga disesuaikan dengan desain pintu yang ada.

12. Desain Kusen Pintu dan Jendela Minimalis Mewah

Desain Kusen Pintu dan Jendela Minimalis Mewah

Simpel tapi elegan, desain kusen gambar tersebut nampak bagus dan mengundang perhatian banyak orang. Pintu yang dilengkapi dengna kaca begitu juga jendelanya disisi samping.

Pada malam hari dengan penerangan yang bagus sebuah rumah yang menggunakan desain kusen tersebut sangatlah bagus.

13. Desain Kusen Pintu dan Jendela Minimalis Lebar

Desain Kusen Pintu dan Jendela Minimalis lebar

Kusen tentu saja bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Seperti misalnya kusen pintu dan jendela di sebuah toko atau pusat perbelanjaan maka kusen yang digunakan juga sangatlah lebar.

Biasanya kusen tersebut mampu menampung sampai dengan 3 pintu model lipat beserta jendelanya.

14. Desain Kusen Pintu dan Jendela Minimalis Simpel

Desain Kusen Pintu dan Jendela Minimalis Simpel

Untuk Anda yang memiliki ide pintu dan jendela geser, maka desain kusen diatas bisa menajdi pilihan yang tepat. Rumah minimalis jaman sekarang sangat cocok menggunakan desain tersebut.

Dengan warna putih yang ada membuat rumah minimalis terlihat lebih bersih. Apalagi pemilihan pintunya juga dari kaca. Maka rumah juga nampak lebih luas.

15. Desain Kusen Pintu dan Jendela Minimalis Geser

Desain Kusen Pintu dan Jendela Minimalis Geser

Masih dengan konsep yang sama yaitu pintu geser, contoh desain kusen yang digunakan juga bisa seperti gambar diatas. Tidak perlu kusen yang banyak motif, cukup yang simpel dan sesuai dengan kebutuhan.

16. Desain Kusen Pintu dan Jendela Minimalis Hitam

Desain Kusen Pintu dan Jendela Minimalis Hitam

Kerapkali desain kusen pintu dan jendela berdekatan. Selain hemat tempat juga tampilan rumah terlihat lebih rapi. Desain tersebut sangatlah cocok untuk model rumah minimalis saat ini.

17. Desain Kusen Pintu dan Jendela Minimalis Kekinian

Desain Kusen Pintu dan Jendela Minimalis Kenikian

Jika Anda ingin mencari contoh desain kusen pintu dan jendela yang kekinian bisa melihat gambar di atas. Tampilannya yang modern dipadukan dengan warna yang cute terlihat sangat cantik.

Kusennya pun sangatlah simpel, bahkan dibagian atas pintunya diberikan aksen kaca yang berfungsi sebagai jendela kecil untuk melihat area luar.

18. Desain Kusen Pintu dan Jendela Minimalis Full 

Desain Kusen Pintu dan Jendela Minimalis Full 

Apabila Anda ingin ruangan yang nampak tanpa sekat, maka meletakkan banyak kusen untuk jendela kaca seperti gambar diatas sangat sesuai.

Meskipun di dalam ruangan, tapi bisa melihat kearah luar dan ruangan nampak lebih luas.

19. Desain Kusen Pintu dan Jendela Minimalis Buka Tutup 

Desain Kusen Pintu dan Jendela Minimalis Buka Tutup

Kusen diatas memiliki 1 tempat pintu dan 2 tempat jendela, Adapun pintu dan jendela yang diguankan juga dari kaca. Jadi kesan minimalis sebuah bangunan masih sangat sesuai dengan tema.

20. Desain Kusen Pintu dan Jendela Minimalis Teralis 

Desain Kusen Pintu dan Jendela Minimalis Teralis 

Desain kusen pintu dan jendela yang terakir ini dilengkapi dengan teralis besi. Selain untuk keamanan juga menghindari dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Adapun pemilhan warna dan bahan kaca juga sangat cocok sesuai dengan tema minimalis tropis.


Jadi itulah rekomendasi kumpulan contoh desain kusen pintu dan jendela minimalis terbaru yang saat ini banyak di aplikasikan baik di perumahan, rumah konvensional maupun perkantoran.

Adapun kusen tersebut terbuat dari bahan-bahan yang pastinya kuat dan sesuai dengan desain bangunan. Jadi Anda bisa pilih sesuai selera dan sesuai desain yang Anda kehendaki.