18+ Macam Tang dan Fungsinya [Lengkap]

Macam macam tang – Tang adalah hand tools / alat yang memiliki fungsi utama sebagai penahan atau penjepit benda kerja. Tang merupakan alat yang biasa digunakan dalam dunia pertukangan, kelistrikan dan juga otomotif/perbengkelan.

Tang sendiri memiliki berbagai macam bentuk dan ukuran, ada yang berbentuk rahang bulat, lonjong, lancip maupun kombinasi. Masing-masing jenis tersebut tentunya memiliki kegunaan yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan. Sementara di bagian pegangan tang biasanya akan dilapisi karet keras supaya tidak licin saat digenggam.

Adapun Tang yang beredar dipasaran rata-rata terbuat dari besi dan baja. Hal ini telah disesuaikan karena tang sendiri digunakan untuk menjepit benda-benda keras sehingga dengan bahan tersebut bisa lebih awet dan tahan lama.

Berikut ini adalah macam-macam tang yang perlu Anda ketahui lengkap dengan penjelasan, gambar dan fungsinya.

1. Tang Potong Diagonal

Jenis Tang Potong Diagonal
fluke.com

Tang potong adalah jenis tang yang memiliki fungsi dan cara pakai hampir mirip dengan gunting pada umumnya. Hanya saja, hal yang membuat mereka berdua berbeda adalah gunting digunakan untuk memotong kertas atau benda lain yang teksturnya cenderung lebih tipis dan ringan.

Sementara itu, tang potong digunakan untuk memotong benda-benda yang lebih spesifik dan teksturnya lebih keras. Salah satu contohnya yaitu kabel-kabel berukuran kecil, tali, atau kawat. Umumnya, bentuk tang ini cenderung cukup kecil dan lebih sering digunakan oleh para teknisi ketika mereka sedang memperbaiki mesin listrik yang sedang terkena masalah.

Tang ini memiliki mata pisau yang didesain sedemikian rupa agar semakin tajam dan mampu memotong benda dengan lebih cepat lagi. Selain untuk masalah listrik, tang potong juga bisa dimanfaatkan untuk tujuan yang lain seperti memasang atau melepaskan cotter pin yang biasanya digunakan untuk roda.

Harga tang potong diagonal di pasaran dijual dengan harga Rp. 322.900 (sesuai dengan kualitas bahan yang digunakan)

2. Tang Buaya

Jenis Tang Buaya
bukalapak.com

Tang buaya merupakan salah satu jenis dari macam macam tang yang berfungsi untuk mencengkram atau memegang komponen yang ingin dibuka dengan cara memutarnya pada bagian tertentu. Meskipun begitu, tang ini pun juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan hal lain seperti mengencangkan atau melonggarkan mur dan baut meskipun tidak sekuat kunci pas.

Sesuai dengan namanya, tang ini dinamakan demikian sebab bentuk moncongnya yang memang hampir mirip dengan mulut buaya. Tang ini pertama kali diciptakan oleh seseorang bernama William S. Peterson pada tahun 1924. Seiring berjalannya waktu, tang ini pun mengalami regenerasi dan beberapa perubahan pada bentuknya agar mampu mengimbangi perkembangan zaman modern.

Di luar negeri, tang ini seringkali disebut sebagai Locking Pliers. Di Indonesia sendiri, tang ini lebih sering digunakan oleh para teknisi di bengkel ketika mereka sedang ingin memperbaiki mesin kendaraan.

Harga tang buaya di pasaran dijual dengan harga Rp. 85.525 (sesuai dengan kualitas bahan yang digunakan)

3. Tang Snap Ring/SPI

Jenis Tang Snap Ring
shopee.com

Hampir sama seperti sebelumnya, tang snap ring seringkali dipakai untuk melepas atau memasang snap ring yang ada pada komponen mobil. Anda dapat menemukan tang jenis ini di area perbengkelan sebab banyak kendaraan yang membutuhkan tang ini agar bisa diperbaiki masalah mesin yang ada di dalamnya.

Terkadang, tang ini sering disebut sebagai tang sirklip atau bisa pula disebut sebagai tang SPI. Modelnya pun terdiri atas dua jenis, ada yang bentuknya lurus  (snap in) namun ada yang bagian ujungnya tampak bengkok (snap out).

Untuk tang snap ring out, biasanya cara memasangnya adalah dengan menekan menuju arah luar. Sedangkan untuk tang snap ring in cara pemasangannya yaitu dengan cara menekan menuju ke arah dalam.

Harga tang snap ring di pasaran dijual dengan harga Rp. 51.100 (sesuai dengan kualitas bahan yang digunakan)

4. Tang Burung

Jenis Tang Burung
webike.id

Macam macam tang yang seringkali digunakan dalam pekerjaan yang berhubungan dengan masalah perpipaan adalah tang burung. Nama tang ini memang disadur dari bentuk pengungkitnya yang hampir menyerupai paruh burung. Terkadang, tang burung juga lebih sering disebut sebagai tang air.

Biasanya, tang ini dipakai oleh teknisi atau tukang ketika terdapat masalah pada pipa air di dalam suatu bangunan. Karena cara menyelesaikan masalah tersebut membutuhkan tang yang daya pengungkitnya lebih panjang dan juga kemampuan mencengkeram yang kuat, maka tang burung inilah pilihan terbaik untuk menyelesaikan hal tersebut.

Pada bagian tangkai tang burung ini terdapat pin dan slot-slot tertentu yang bisa digeser sesuai dengan keinginan. Dengan menggeser tangkai tersebut, maka Anda akan memperoleh ukuran bukaan rahang yang berbeda. Apabila tangkai tersebut bergeser semakin jauh, maka ukuran bukaan rahang dari tang ini juga akan semakin besar, hal itu membuatnya menjadi lebih bermanfaat untuk memperbaiki pipa.

Harga tang burung di pasaran dijual mulai dari harga Rp. 92.000 (menyesuaikan kualitas dan bahan yang digunakan)

5. Tang Potong Kabel (Wire Stripper)

Tang Potong Kabel
amazon.com

Macam macam tang selanjutnya yang wajib diketahui adalah tang potong kabel (wire stripper) sebab jenis tang ini sangat berguna untuk menyelesaikan masalah yang seringkali ditemukan pada kehidupan sehari-hari. Tang potong kabel memang memiliki fungsi utama untuk mengupas atau memotong kabel yang terkadang teksturnya keras, sehingga gunting seringkali tidak sanggup untuk memotongnya.

Tang potong kabel ini memiliki 7 bagian bergerigi pada ujung pisaunya yang hampir menyerupai gunting, namun kedua sisi tersebut sangat tajam dan hampir mirip dengan mata gergaji. Apabila ingin mengupas kabel, maka Anda hanya perlu memasukkan kabel tersebut menuju salah satu lubang yang sudah tersedia.

Setelah itu, Anda tinggal memutar atau menekan kabel tersebut menggunakan tang agar potongannya menjadi jauh lebih merata. Tang ini sangat mudah untuk digunakan dan tidak perlu mengeluarkan tenaga ekstra ketika menggunakannya, cukup berbeda dibandingkan dengan macam macam tang yang lainnya.

Harga tang potong kabel di pasaran dijual mulai dari harga Rp. 54.000 (menyesuaikan kualitas dan bahan yang digunakan)

6. Tang Press Manual

Jenis Tang Press Manual
tokopedia.com

Tang press manual pada umumnya lebih sering dimanfaatkan untuk menyambung kabel bertegangan rendah dan kabel-kabel kecil lainnya yang memiliki tingkat ketegangan sedang sampai rendah. Kabel tersebut memang tidak terlalu berbahaya apabila ingin dipotong, namun lebih baik menggunakan tang press manual agar bentuk potongannya bisa langsung sempurna.

Fungsi dari tang press manual ini sebenarnya juga untuk menghubungkan cable lug atau skun kabel dengan kabel lainnya. Hanya saja, dalam praktiknya penggunaan tang tersebut harus dilakukan dengan cara manual atau memanfaatkan tenaga yang dimiliki oleh tangan, berbeda dengan tang lain yang lebih sering memanfaatkan sistem tenang pompa saat sedang ingin digunakan.

Harga tang press manual di pasaran dijual dengan harga Rp. 272.000 (menyesuaikan spesifikasi dan bahan yang digunakan)

7. Tang Pembulat

Jenis Tang Pembulat
shopify.com

Mungkin banyak asing dengan tang yang satu ini. Tang pembulat ini lebih sering digunakan untuk membuat berbagai macam kerajinan yang mampu dijual kembali dan memiliki nilai estetika tinggi, seperti berbagai maacm kerajinan pada perhiasan.

Fungsi tang pembulat umumnya digunakan untuk membuat lengkungan, membengkokkan, ataupun menjepit benda-benda tertentu seperti kawat kecil yang berguna untuk membuat aksesoris/manik-manik. Terkadang, ada pula benda berukuran kecil yang ingin ditempelkan pada aksesoris tersebut, sehingga menggunakan tang pembulat tentu mampu membantu proses tersebut berjalan dengan lebih cepat.

Harga tang press manual di pasaran dijual dengan harga Rp. 184.000 (menyesuaikan spesifikasi dan bahan yang digunakan).

8. Tang Ampere

Jenis Tang Ampere
lazada.co.id

Tang ampere merupakan salah kategori dari macam macam tang yang kegunaannya cukup berbeda dengan jenis tang yang lainnya. Hal itu karena tang ini hanya digunakan untuk membaca beban listrik atau besaran arus yang telah dipakai atau sedang mengali pada waktu tertentu.

Dalam bahasa Inggris sendiri, tang ampere seringkali disebut dengan clamp meter. Jenis tang yang satu ini lebih lazim untuk dipakai ada dunia elektrikal, sebab semua orang bisa mengetahui beban arus listrik yang ada pada suatu bangunan tanpa harus mematikan ataupun melepas arus listrik terlebih dahulu.

Dengan begitu, maka menggunakan tang ampere ini jauh lebih aman apabila dibandingkan dengan memakai alat pengukur listrik yang lainnya. Penggunaannya yang begitu praktis dan efisien membuat tang ini sangat populer di kalangan masyarakat modern, bahkan bisa dibilang hampir semua rumah pada masa sekarang sudah menggunakan tang ampere untuk mengukur listrik yang ada di rumah.

Harga tang ampere di pasaran dijual dengan harga Rp. 150.000 (menyesuaikan spesifikasi dan bahan yang digunakan).

9. Tang Kombinasi (Linesman)

Jenis Tang Kombinasi (Linesman)
gridoto.com

Selain tang ampere, tang kombinasi merupakan jenis tang yang bisa dikatakan wajib untuk dimiliki di dalam rumah. Di daerah Indonesia sendiri, bentuk model tang kombinasi umumnya memiliki warna hitam namun pada gagangnya terdapat kombinasi antara warna merah yang cukup mencolok.

Hal yang membuat tang ini sangat wajib untuk dimiliki adalah karena kegunaannya yang sangat bervariasi dan berguna untuk situasi tertentu. Tang kombinasi dapat digunakan ketika sedang ingin membengkokkan, memegang, atau memotong beberapa benda kerja seperti mur, baut, dan lain-lain.

Bagian tengah tang kombinasi yang bentuknya oval serta bergerigi dapat digunakan untuk menjepit ataupun memutar benda-benda dengan mudah. Sedangkan bagian ujung tang ini seringkali dipakai untuk memotong kabel, fiber tipis, ataupun kawat. Sementara itu, bagian ujung rahang yang paling dalam digunakan sebagai pemotong kabel kecil atau memotong kawat yang lebih praktis dan efisien.

Harga tang kombinasi di pasaran dijual dengan harga Rp. 53.000 (menyesuaikan spesifikasi dan bahan yang digunakan).

10. Tang Cucut / Tang Lancip 

Jenis Tang Cucut - Tang Lancip 
ruparupa.com

Tang yang satu ini disebut sebagai tang lancip atau tang cucut sebab bentuk pisaunya yang memang hampir mirip dengan ikan cucut, yakni moncongnya yang panjang namun tetap pipih. Di luar negeri, tang ini seringkali dijuluki sebagai long nose sebagai suatu kata untuk mengekspresikan bentuk moncongnya yang memang sangat lebar dan tajam.

Fungsi dari tang cucut yaitu untuk menjepit kabel atau kawat dengan lebih efektif sebab ujungnya yang memang sangat lancip. Tidak hanya itu saja, namun tang cucut juga mampu digunakan untuk mencopot benda-benda kerja seperti mur atau baut yang masih menempel pada alat tertentu dan sulit untuk dilepaskan. Dengan tang cucut, maka benda kerja tersebut bisa terlepas dengan lebih mudah.

Harga tang cucut di pasaran dijual dengan harga Rp. 129.000 (menyesuaikan spesifikasi dan bahan yang digunakan).

11. Tang Rivet

Jenis Tang Rivet
blibli.com

Tang rivet atau dalam bahasa Inggrisnya disebut sebagai rivet plier ini juga termasuk ke dalam macam macam tang yang seringkali dimanfaatkan ketika sedang melakukan konstruksi bangunan. Nama dari tang ini diambil dari kegunaannya yakni untuk menyatukan suatu benda dengan paku keling (rivet). Meskipun mirip mur dan baut, namun penyatuan paku keling dan benda tersebut bersifat permanen.

Cara untuk menggunakan tang ini sebenarnya cukup mudah, Anda hanya perlu memasangkan paku keling pada bagian ujung tang ini. Setelah itu, paku keling pun bisa dipasangkan pada lubang benda yang ingin disatukan. Anda pun tinggal menekan tang rivet dengan tenaga tertentu sehingga paku keling dapat menyatu dengan benda tersebut.

Harga tang rivet di pasaran dijual dengan harga Rp. 130.000 (menyesuaikan spesifikasi dan bahan yang digunakan).

12. Tang Catut Kakatua

Jenis Tang Catut Kakatua
harga-jual.com

Sama seperti namanya, tang catut kakatua memiliki ujung tang yang bentuknya mirip seperti paruh burung kakatua. Pada kehidupan masyarakat, tang catut kakatua lebih sering digunakan oleh para pekerja bangunan sebab tang ini sangat berguna untuk mencabut paku ataupun memotong kawat dengan lebih praktis dan efisien.

Di luar negeri, tang catut kakatua lebih sering disebut sebagai end cutting plier. Nama tersebut disesuaikan dengan cara penggunaannya, sebab Anda tinggal memotong benda kerja dimulai dari bagian ujungnya (end) ketika sedang ingin menggunakan tang ini.

Harga tang catut kakatua di pasaran dijual dengan harga Rp. 69.000 (menyesuaikan spesifikasi dan bahan yang digunakan).

13. Tang Slip Joint

Jenis Tang Slip Joint
blibli.com

Fungsi utama yang dimiliki oleh tang slip joint yaitu sebagai alat untuk memutar atau menggenggam benda kerja seperti baut dan mur. Bentuknya sangat sederhana, dan sudah sangat familiar di kalangan masyarakat sebab tang ini memang memiliki kegunaan yang sangat menguntungkan para pemiliknya di kehidupan sehari-hari.

Biasanya, tang slip joint ini bisa didapatkan secara cuma-cuma usai membeli motor atau mobil baru. Hal itu karena tang ini dijadikan sebagai bonus tambahan sebagai alat untuk berjaga-jaga tatkala kendaraan yang baru dibeli tersebut ternyata mengalami masalah yang mengharuskan pemiliknya untuk memperbaikinya sendiri.

Kelebihan utama yang dimiliki oleh tang slip joint adalah ukuran rahangnya yang begitu fleksibel. Anda dapat mengubah ukuran rahangnya sesuai dengan keinginan Anda dan bisa memperbesarnya dengan lebih efisien.

Cara untuk melakukan hal tersebut adalah dengan cara menggeser salah satu tangkai dari dalam tang agar pin dapat berfungsi sebagai pivot. Setelah itu, tangkai tang tersebut pun dapat bergeser menuju lubang yang ada pada tangkai yang lainnya.

Hal tersebut tentunya sangat membantu proses pengerjaan ketika ingin mencengkeram pipa yang diameternya lebih besar daripada sebelumnya. Karena itulah tang slip joint ini sangat berguna untuk digunakan, tidak hanya untuk memperbaiki masalah mesin kendaraan saja namun juga untuk memperbaiki masalah lain yang berhubungan erat dengan masalah pipa atau benda yang lainnya.

Harga tang slip joint di pasaran dijual dengan harga Rp. 39.500 (menyesuaikan spesifikasi dan bahan yang digunakan).

14. Tang Press Hidrolik

Jenis Tang Press Hidrolik
alibaba.com

Macam macam tang yang selanjutnya adalah tang press hidrolik. Tang ini lebih hemat tenaga dan mudah untuk digunakan sebab sudah ada tenaga pompa di dalamnya yang mampu membantu menekan skun sehingga dapat tersambung dengan kabel. Umumnya, tang press hidrolik biasa dipakai oleh mekanik yang ahli dalam bidang elektronika atau kelistrikan.

Cara untuk menggunakan tang press hidrolik terbilang sangat sederhana yakni tinggal memompa bagian skun dengan tang ini. Setelah itu, kabel pun akan tersambung dengan kabel secara cepat tanpa harus mengeluarkan tenaga tambahan lagi.

Harga tang press hidrolik di pasaran dijual dengan harga Rp. 309.500 (menyesuaikan spesifikasi dan bahan yang digunakan).

15. Tang Krone

Jenis Tang Krone
shopee.co.id

Bentuk dari tang krone ini sangat stylish dan modern, didominasi oleh warna putih dan bentuk yang berbeda dengan jenis tang yang lainnya. Umumnya, tang krone digunakan untuk menyambungkan atau memasang kabel telepon dengan terminal LSA telepon. Karena itulah, tang ini memiliki nama lain yakni tang tusuk LSA dan memiliki manfaat yang sangat berguna pada bagian internet atau komunikasi.

Bagi teknisi telepon, tang ini merupakan salah satu komponen yang wajib untuk dimiliki sebab mereka tidak akan bisa menyambung ataupun memperbaiki banyak masalah apabila tidak memiliki tang ini. Bentuk dari tang krone ini hampir mirip seperti burung kecil sebab ujung tangnya dilengkapi oleh pengapit yang berbentuk seperti sayap burung meskipun hanya berukuran mini.

Harga tang krone di pasaran dijual dengan harga Rp. 84.400 (menyesuaikan spesifikasi dan bahan yang digunakan).

16. Tang Crimping

Jenis Tang Crimping
tokopedia.com

Tang crimping adalah salah satu jenis tang yang sangat sering ditemui di rumah-rumah sebab tang ini sudah termasuk ke dalam jenis tang yang wajib untuk dimiliki oleh semua keluarga. Hal itu karena tang ini sangat berguna untuk membantu proses pekerjaan di rumah yang membutuhkan arus listrik lemah, beberapa contohnya yaitu telepon dan pekerjaan yang berkaitan dengan LAN internet.

Selain itu, fungsi dari tang crimping sebagai jenis macam macam tang terakhir ini adalah untuk menyambungkan kabel telepon atau internet dengan konektor seperti RJ45. Tidak hanya itu saja, namun tang ini pun sangat berguna untuk membantu memotong atau mengupas kabel telepon dan internet sehingga proses pekerjaan pun bisa dilakukan dengan aman dan mudah.

Harga tang crimping di pasaran dijual dengan harga Rp. 50.000 (menyesuaikan spesifikasi dan bahan yang digunakan).

17. Tang Fencing

Jenis Tang Fencing
handtool-ind.com

Tang fencing adalah jenis tang multifungsi yang bentuknya mirip palu namun memiliki dua pegangan. Anda bisa memotong kawat kecil dengan alat ini, semantara di sisi atasnya lancip bisa digunakan untuk membuka stepler atau catutan paku sedangkan pada bagian bawahnya memiliki fungsi seperti hammer.

Bentuknya yang kecil membuatnya nyaman untuk digenggam dan digunakan saat melakukan perbaikan. Untuk mendapatkan tang fencing ini dipasaran biasanya dijual dengan harga kisaran Rp. 195.000.

18. Tang Rahang Plastik (Potong Pipa)

Tang Rahang Lembut
amazon.com

Tang rahang lembut adalah jenis tang yang dibagian rahang capitnya dilapisi semacam karet atau plastik untuk menghindarkan dari goresan. Biasanya tang jenis ini digunakan pada peralatan seperti pipa, melepas alat pernapasan bawah air, dll.

Untuk mendapatkan tang jenis ini Anda harus merogoh kocek kisaran Rp. 135.000.


Jadi itulah beberapa macam jenis tang yang biasa digunakan untuk berbagai macam keperluan masing-masing lengkap dengan penjelasan, fungsi, harga dan gambarnya. Semoga bisa bermanfaat dan menjadi referensi terbaik!

Leave a Comment