17+ Jenis Alat Berat dan Fungsinya !

Jenis alat berat – Alat berat merupakan mesin yang digunakan oleh manusia untuk memudahkan berbagai macam pekerjaan seperti pembangunan konstruksi bangunan, pemindahan material yang besar, pembukaan dan pemadatan lahan mapun penggalian tanah untuk keperluan tertentu.

Adapun alat berat umumnya memiliki ukuran yang sangat besar dan didesain khusus untuk mampu mengerjakan pekerjaan yang tidak bisa dikerjakan oleh alat proyek lainnya. Jadi bisa dikatakan alat berat ini sangat berguna untuk membantu sektor pertanian, proyek pembangunan, pertambangan dan konstruksi.

Berikut ini adalah beberapa macam alat berat yang biasa digunakan dan merupakan pabrikan brand besar dunia dari Amerika, Jepang, China dan Korea lengkap dengan penjelasan, fungsi dan gambarnya.

1. Excavator

Excavator
wikipedia.com

Excavator (bego atau beko) adalah peralatan penting dan banyak digunakan dalam industri konstruksi bangunan. Fungsi umumnya adalah untuk membantu proyek penggalian tetapi juga biasa digunakan untuk berbagai keperluan seperti pengangkatan berat, pembongkaran, pengerukan, penebangan pohon, dll.

Excavator ini bentuknya mirip lengan panjang yang ujungnya terdapat seperti ember pengeruk, kemudian juga terdapat bagian cabin mesin operator dan berjalan diatas roda lintasan.

Adapun seluruh pengaturan kabin ini dapat diputar hingga 360o  untuk memudahkan pengoperasian di lapangan.

2. Dragline Excavator

Dragline Excavator
youtube.com

Dragline excavator adalah jenis alat berat yang digunakan dalam proyek pertambangan permukaan dan juga teknik sipil. Adapun alat ini terdiri dari boom (struktur rangka besar) panjang dan bucket penggali yang digantung dari bagian atas boom menggunakan kabel.

Secara umum, alat dragline excavator ini dapat dimanfaatkan untuk membantu melakukan pembangunan pelabuhan, untuk penggalian di bawah air, pembuangan sedimen di badan air, dll.

3. Backhoe

Backhoe
adhyaksapersada.co.id

Backhoe adalah jenis alat berat lainnya yang banyak digunakan untuk berbagai keperluan. Dari nama “back-hoe” sendiri sudah menunjukkan bahwa alat ini teridri atas susunan hoe diletakkan di bagian belakang sementara bucket pengeruknya disediakan di bagian depan.

Alat ini ini sangat berguna untuk  melakukan galian dengan memanfaatkan “hoe” di bawah belakang alat berat, dan menggunakan pemuatan depan untuk aktivitas seperti pembongkaran dan pengangkatan material.

4. Bulldozer

Bulldozers
liberaldictionary.com

Bulldozer (doser) adalah jenis peralatan penggalian tanah lainnya yang digunakan untuk menghilangkan lapisan atas tanah hingga kedalaman tertentu. Bisanya pengangkatan tanah dilakukan dengan pelat logam lebar berujung tajam yang disediakan di bagian depannya. Adapun pelat ini bisa diturunkan dan dinaikkan menggunakan piston hidrolik.

Buldoser sendiri bisa dibedakan menjadi dua bagian berdasarkan roda yang digunakan yakni

  • Wheel tractor dozer
  • Crawler tractor dozer

Keduanya biasa digunakan untuk membantu pengerjaan rawa, mengangkat batuan di lapisan atas tanah, maupun membuat timbunan material.

5. Grader

Graders
komatsu.eu

Graders merupakan alat berat yang sering digunakan dalam konstruksi pembangunan terutama untuk konstruksi jalan. Alat ini juga disebut dengan alat pemerata tanah karena memang fungsi utamanya adalah untuk meratakan permukaan tanah.

Graders sengaja di desain khusus terdapat bilah horizontal di antara roda depan dan belakang yang mana bilah ini dapat diturunkan ke tanah saat bekerja. Sementara Kabin pengoperasian tersedia di bagian atas pengaturan poros belakang.

Mesin Grader biasanya digunakan untuk berbagai macam keperluan seperti salah satunya menghilangkan salju atau kotoran dari jalan, meratakan permukaan tanah sebelum memasang lapisan aspal, menghilangkan lapisan tanah yang tidak diperlukan, dll.

6. Trencher

Trenchers
constructionequipment.com

Trenchers adalah jenis alat berat yang biasa digunakan untuk menggali tanah yang tersedia dalam dua jenis yaitu :

  • Chain Trenchers
  • Wheeled Trenchers

Adapun mesin ini biasa digunakan untuk menggali tanah untuk peletakan pipa, peletakan kabel, keperluan drainase dll. Namun untuk penggalian lapisan tanah yang dirasa sangat keras, maka penggunakan wheeled trenchers dirasa lebih cocok.

7. Loader

Loaders
utilitycontractoronline.com

Mesin loader ini biasanya banyak digunakan di lokasi konstruksi untuk memuat berbagai macam material ke dalam dumper ataupun truk. Adapun material tersebut dapat berupa hasil gailan tanah, limbah pembongkaran, bahan mentah, dll.

Sebuah loader ini didesain khusus terdapat bucket berukuran besar di bagian depannya dengan lengan bergerak yang lebih pendek sehingga mampu memindahkan material dalam jumlah yang besar.

Cara kerjanya adalah dengan menurunkan bucket ke depan material dan mendorongnya sehingga terisi penuh oleh material, kemudian traktor akan mundur dan mulai mengangkat bucket ke lokasi pembuangan.

Ada dua jenis loaders yang banyak digunakan sesuai dengan fungsi dan jangkauan, yaitu :

  • Wheeled Loader
  • Track loader atau Crawl Loader

Perbedaannya adalah track/crawl loader akan digunakan untuk menganggat material yang sulid dijangkau oleh traktor beroda.

8. Crane

Cranes
liebherr.com

Crane adalah alat berat yang digunakan untuk tujuan pengangkatan dalam konstruksi bangunan tinggi. Adapun material berat tersebut seperti balok beton, rangka baja atau besi, maupun peralatan konstruksi yang susah dipindahkan oleh tenaga manusia baik secara vertikal maupun horizontal.

Crane ini terdiri dari tiang yang merupakan menara penyangga vertikal, Jib yang merupakan lengan operasi crane, counter jib yang merupakan lengan lain yang membawa beban penyeimbang di sisi belakang crane dan kabin operator tempat crane dapat dioperasikan.

Untuk jenis crane sendiri ada beberapa macam seperti :

  • Tower crane
  • Mobile crane
  • Hydraulic crane
  • Crawler crane
  • Overhead crane

9. Wheel Tractor Scraper

Wheel Tractor Scrapers
amazon.com

Wheel Tractor Scrapers adalah jenis alat berat yang digunakan untuk meratakan permukaan tanah dengan cara pengikisan. Jadi mesin scrapers ini banyak dimanfaatkan untuk memotong lereng bendungan atau tanggul dan juga bisa digunakan untuk meratakan jalan.

Adapun bagian depan alat ini mirip seperti kendaraan traktor beroda, sementara bagian belakang berisi susunan scrapping seperti bilah horizontal, ban berjalan dan hopper untuk pengumpul tanah.

Jadi ketika bilah horizontal diturunkan ke atas permukaan tanah dan kendaraan mulai digerakkan, maka bilah tadi akan mulai menggali/mengikis tanah untuk dikumpulkan dalam hopper melalui ban berjalan. Saat hopper sudah penuh, bagian belakang diangkat dari tanah dan hopper dibongkar di tempat pembuangan tanah.

10. Paver

Paver
azureedge.net

Paver atau Asphalt paver adalah alat berat yang difungsikan untuk menghamparkan material aspal agar merata dalam konstruksi jalan.

Jadi pada alat berat ini terdapat seperti ember pengumpan dimana material aspal terus menerus dimuat oleh dump truck dan didistribusikan atau dihamparkan secara merata di permukaan jalan dengan sedikit pemadatan.

Namun untuk tahap finishing proses pembangunan jalan raya diperlukan bantuan alat roller untuk melakukan pemadatan yang lebih sempurna.

11. Roller

Roller
wikipedia.com

Roller atau wales merupakan alat berat yang digunakan untuk memadatkan material atau permukaan tanah. Ada berbagai jenis roller yang tersedia untuk tujuan pemadatan yang berbeda, beberapa diantaranya adalah :

  • Smooth wheel rollers (Roller Roda Halus), untuk memadatkan lapisan tanah atau aspal yang dangkal.
  • Sheep-foot rollers, untuk melakukan pemadatan lapisan yang dalam atau tebal
  • Pneumatic tyred rollers, untuk memadatkan tanah berbutir halus, lapisan aspal, dll.

12. Telehandler

Telehandler
alibaba.com

Telehandler adalah alat berat yang digunakan dalam konstruksi untuk mengangkat material berat hingga ketinggian yang dibutuhkan atau untuk menyediakan platform konstruksi bagi pekerja.

Alat ini berisi boom (struktur rangka besar) teleskopik panjang yang dapat dinaikkan atau diturunkan serta dapat di customize dengan forklift, bucket, cabin, lift jibs, dll. sesuai kebutuhan pekerjaan.

13. Dump Truck

Dump Trucks
hitachicm.com

Dump Trucks adalah jenis alat berat yang digunakan di lokasi konstruksi untuk membawa material dalam jumlah yang lebih besar dari satu lokasi ke lokasi lain atau ke tempat pembuangan.

Dump trucks off-road ini bentuknya seperti truk dengan roda dan bak belakang yang sangat besar sehingga memungkinkan mereka untuk membawa material dalam jumlah besar dalam berbagai macam kontur tanah.

14. Feller Buncher

Feller Buncher
hipwallpaper.com

Feller Bunchers merupakan alat berat yang digunakan untuk menebang pohon-pohon besar di area yang akan dibuat konstruksi.

Adapun dengan alat ini mereka bisa merobohkan pohon dan mengambilnya tanpa menebang, serta mengumpulkan semua pohon yang ditebang di satu tempat yang memudahkan pekerjaan loader dan dump truck untuk proses selanjutnya.

15. Pile Boring 

Pile Boring Equipment
pilingrigmachine.com

Pile Boring Equipment  ini biasa digunakan untuk membuat lubang bor di lokasi konstruksi untuk pemasangan tiang pancang pracetak atau paku bumi.

16. Pile Driving 

Pile Driving Equipment
designingbuildings.co.uk

Alat berat lain yang digunakan untuk penggerak tiang pancang di lokasi konstruksi adalah Pile Driving Equipment. Alat ini difungsikan untuk mengangkat tiang dan menahannya pada posisi yang benar dan mendorong ke tanah hingga kedalaman yang dibutuhkan.

Berbagai jenis peralatan penggerak tiang yang tersedia yaitu

  • Piling rigs
  • Piling hammer
  • Hammer guides

Jadi cara kerjaya tiang pancang akan didorong ke tanah dengan memalu bagian atas tiang yang dilakukan secara hidrolik atau dengan menjatuhkan secara keras.

17. Boom Lift

Boom Lift
bigrentz.com

Boom Lift adalah jenis alat berat yang digunakan untuk membawa pekerja ke ketinggian tertentu untuk melakukan tugasnya. Alat ini bentuknya seperti kendaraan beroda yang terdapat lengan panjang yang di ujungnya terdapat kotak pijakan besi untuk pekerja berdiri.

Adapun Boom Lift ini dioperasikan dengan sistem hidrolik sehingga membuatnya mampu mengangkat pekerja ke tempat dengan ketinggian yang dikehendaki.


Berbagai macam alat berat yang telah disebutkan diatas merupakan yang banyak digunakan dengan fungsi yang berbeda-beda. Selain itu ada beberapa produsen alat berat kelas dunia yang sangat terkenal seperti hitachi, Komatsu, Caterpillar, Doosan Infracore, Volvo, dll.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like