Cara Menyisipkan Simbol Matematika di Word

Seperti yang Anda tahu ada banyak sekali simbol matematika, mulai dari simbol alfa, beta, delta, gamma, lamda, phi dan lainnya yang memiliki nilai dan maksud tersendiri. Namun apa bisa jika simbol-simbol yang masih asing tersebut disisipkan ke dalam Microsoft Word? Tentu saja jawabannya adalah BISA.

Jadi anda bisa menyisipkan berbagai macam simbol matematika, fisika maupun kimia ke dalam Ms. Word dengan mudah dan simple asalkan tahu caranya. Bisa dengan 2 cara yaitu memanfaatkan fitur Insert Symbol ataupun cara cepat menggunakan kode shortcut simbol.

Langsung saja simak berikut ini cara cepat membuat simbol di Microsoft Word baik versi 2007, 2010, 2013 maupun terbaru 2016.

1. Menggunakan Menu Insert Symbol

Ini merupakan cara klasik atau cara umum untuk membuat berbagai macam simbol alfa beta gamma delta dll di Ms. Word. Adapun caranya :

  • Pertama buka lembar kerja di Ms. Word
  • Kemudian pilih menu Insert
  • Klik menu Symbol > More Symbol

 

cara menyisipkan simbol matematika

Pada tahap ini Anda masuk menu symbol dan pilih opsi more symbol agar dihadapkan pada pilihan simbol yang lebih lengkap.

  • Atur Subset: Greek and Coptic

cara menyisipkan simbol matematika di word

Jadi ubah dan atur dahulu Subset menjadi Greek and Coptic agar langsung diarahkan ke bagian simbol matematika, kemudian cari dan simbol yang ingin Anda sisipkan. Yang terakhir cukup klik Insert maka simbol akan muncul di lembar kerja Anda.

Baca juga :

2. Menggunakan Kode Shortcut Simbol

Ada cara cepat lain yang bisa Anda coba untuk menyisipkan simbol matematika di MS. Word yaitu dengan menggunakan kode simbol. Adapun caranya :

  • Pertama buka lembar kerja di Ms. Word
  • Lalu ketikkan kode simbol
Kode Simbol Keterangan
03b1 α alpha
03b2 β beta
03b3 γ gamma
03b4 δ delta
03b5 ε epsilon
03bb λ lamda
03bc μ mu
03c0 π phi
03c4 τ tau
0394 Δ delta kapital
03a3 Σ sigma kapital
03a9 Ω omega kapital

Jadi cukup ketikkan kode tersebut di lembar kerja. Misalkan saja mau menyisipkan simbol beta, maka cukup ketiikan 03b2.

  • Tekan tombol ALT+X

cara membuat simbol alfa beta gamma

Kemudian blok kode 03b2 tadi dan tekan tombol pada keyboard ALT+X, maka yang semula hanya berupa kode langsung berubah menjadi simbol beta.


Sangatlah mudah bukan!! Itulah cara umum dan cara cepat untuk membuat simbol matematika di Ms. Word. Sebenarnya Anda juga bisa memanfaatkan fitur Autocorrect dan juga Inser Equation, tapi saya kira tidak jauh lebih mudah dari 2 cara yang sudah saya rekomendasikan di atas.

Leave a Comment