2+ Bahan Pengganti Bread Improver, Bisa Diganti Dengan Apa?

Penting Bread Improver menjadikannya bagian dari pembuat roti yang vital, terutama bagi para chef pastry professional dan berbagai industry makanan besar di dunia. Namun, bagi orang-orang umum atau ibu rumah tangga yang hanya menjadikannya hobi, Bread Improver adalah masalah yang cukup membingungkan.

Kendala pertama adalah kesusahan dalam mendapatkan Bread Improver, terutama jika Anda berada di kota-kota kecil. Kabar gembira kami berikan kepada Anda, yaitu berbagai bahan pangan lainnya yang dapat digunakan sebagai pengganti Bread Improver.

Sehingga hobi Anda tak perlu terhambat lagi hanya karena keterbatas Bread Improver. Ini dia dua bahan pengganti dari Bread Improver yang sangat gampang untuk diracik, dengan bahan-bahan pembuatan yang sangat mudah didapatkan.

Pengertian Bread ImproverĀ 

Mari kita memahami terlebih dahulu, definisi dari Bread Improver. Bread Improver adalah salah satu bahan penting dalam pembuatan roti yang berfungsi untuk mengembangkan adonan roti / cake dengan cepat. Bread Improver menciptakan kandungan gas yang melonjakkan gluten dalam adonan, memungkinkan roti dapat berkembang dengan sempurna dan indah.

Tetapi ingat, bahwa Bread Improver bukanlah yeast (ragi), namun ia bekerja guna memaksimalkan fungsi yeast terutama dalam memproduksi gas. Selain itu Bread Improver yang berhasil meningkatkan jumlah gluten yang berperan penting dalam mempertahankan bentuk roti ketika dalam proses pengembangan.

Bread Improver Bisa Diganti Dengan Apa?

Bread Improver juga memiliki fungsi utama dalam melembutkan tekstur roti. Akan tetapi, tidak selamanya proses pembuatan roti akan gagal tanpa adanya Bread Improver. Nyatanya, dua bahan pengganti Bread Improver di bawah ini juga melakukan tugasnya dengan cukup baik. Apa sajakah? Ayo kita intip bersama!

1. Water Roux

Water Roux Bahan Pengganti Bread Improver

Roux sebenarnya adalah bahan yang dipergunakan dalam proses pengentalan pada pembuatan pasta, saus, dan juga cream soup. Roux sendiri terdiri dari tiga macam, yaitu Blond Roux, White Roux, dan terkahir adalah Brown Roux. Roux sendiri merupakan bahan asli Eropa yang jarang digunakan di Asia.

Justru, pemakaian Roux yang paling umum digunakan di berbagai negara di Asia adalah hasil modifikasi Roux yang bernama Water Roux. Water Roux menjadi salah satu bahan alternative pengganti Bread Improver pada pizza, doughnut, dan roti lainnya.

Pembuatan Water Roux juga cukup simple, cukup hanya menggunakan tepung terigu, mentega, gula, dan air. Step selanjutnya masak dan larutkan seluruh bahan menjadi satu dengan perlahan. Sehingga hasil akhir akan bertekstur cair, bahkan lebih cair ketimbang European Roux (Roux yang asli).

Water Roux ternayata sudah dianut oleh beberapa brand roti ternama di Indonesia juga. Pengolahan Water Roux sendiri terbilang sulit, karena hasil kue terpecah dari feedback yang mengatakan bahwa hasil roti menjadi lembut dan empuk, namun beberapa mengatakan bahwa hasil roti justru menjadi kering.

2. Air Lemon atau Jeruk Nipis

Air Lemon Jeruk Nipis Pengganti Bread Improver

Bahan kedua yang dipercaya sanggup menggantikan fungsi dari Bread Improver adalah air lemon, jika tidak ada maka jeruk nipis adalah pengganti yang sempurna juga. Cukup mengejutkan bukan? Ya, ternyata, air perasan dari buah asam ini memiliki fungsi alami yang hampir sama dengan Bread Improver.

Saat melakukan proses pembuatan roti, maka perbandingan yang dianjurkan adalah 1 sendok makan air perasan lemon atau jeruk nipis untuk setiap 250 gr tepung yang diambil. Semisal Anda menggunakan tepung sebanyak 500 gr, maka Anda wajib pula menuangkan air perasan sebanyak 2 sendok makan.

Selanjutnya, perbandingan dapat terus disesuaikan dengan kebutuhan yang diperlukan. Untuk mendapatkan hasil roti dengan tekstur terbaik dari bahan alternative ini, Anda wajib mencurahkan perhatian pada saat proses kneading (pengulenan adonan), terutama jika Anda tidak menggunakan mixer.

Tanpa penggunaan Heavy Duty Mixer, maka Anda wajib memperhatikan kekuatan tekanan yang diberikan kepada adonan. Hindari berbagai hal yang dapat menarik hingga merobek adonan. Pastikan Anda hanya melakukan gerakan-gerakan seperti: menggulung, meremas, dan melipat.

Sebab, setiap robekan yang terjadi pada adonan, ternyata juga berimbas pada rusaknya serat yang telah terbangun pada proses kneading. Anda cukup ikuti saran yang telah kami jelaskan, maka kami yakin, hasil roti empuk dengan tekstur kerangka yang baik, pastinya akan Anda peroleh!

Leave a Comment