Aplikasi Memotong dan Menggabungkan Video di PC

Aplikasi editing video memang ada banyak sekali di internet, mulai dari yang paling simpel hingga paling kompleks sekalipun tersedia dan dapat di unduh secara gratis.

Meskipun Anda sebenarnya bisa melakukan pengeditan tanpa aplikasi alias berbasis website online, namun terkadang akan sangat lama jika kita harus mengaplod video ke situs tersebut.

Nah, berikut ini ada beberapa rekomendasi aplikasi memotong dan menggabungkan video di PC/Laptop terbaik gratis dan juga berbayar yang bisa Anda manfaatkan sesuai dengan kebutuhan.

1. Windows Movie Maker

Aplikasi Windows Movie Maker

Aplikasi memotong dan menggabungkan video di PC yang pertama adalah Windows Movie Maker. Kebanyakan orang pasti sudah familier dengan aplikasi ini, sebab beberapa PC sudah memiliki aplikasi ini sejak pertama kali dibeli.

Selain itu, aplikasi yang satu ini juga menawarkan beragam kelebihan dan kinerjanya pun terbilang sangat ampuh untuk mengedit video secara cepat yang bisa digunakan di OS Windows 7/8/10.

Anda dapat memanfaatkan aplikasi untuk menyisipkan foto atau video ke dalam video yang lain, mengunggah video ke media sosial, memotong video, dan lain sebagainya. Untuk cara penggunaannya sendiri, Anda dapat memperhatikan semua tools yang sudah tersedia di sekitar menu bar di atasnya.

2. Shotcut

Aplikasi Shotcut Video Editing

Selain Windows Movie Maker, Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi Shotcut ketika ingin mengedit video di PC. Aplikasi ini memiliki tampilan interface yang sangat ramah terhadap pengguna baru, sehingga bagi Anda yang masih awam dan belum terlalu paham cara mengedit video dan langkah-langkahnya tidak perlu khawatir sebab aplikasi ini mudah untuk dipahami.

Karena kelebihannya tersebut, Shotcut pun menjadi salah satu aplikasi edit video yang sering digunakan. Fitur yang ada di dalamnya terdiri atas beragam tools yang mampu membantu untuk mengubah posisi atau durasi video yang ingin Anda edit. Tidak hanya itu, Anda pun mampu mendeteksi audio yang ada pada video lalu hasil video pun bisa disimpan dalam berbagai resolusi.

3. Blender

Aplikasi Blender Video Editing

Di antara kalangan pembuat animasi, Blender menjadi aplikasi edit video yang sering diminati. Hal tersebut tidak mengherankan sebab aplikasi ini sudah menyediakan beragam alat dan fitur yang mampu mempermudah proses pengeditan video sehingga prosesnya tidak memakan waktu yang terlalu lama.

Blender dapat dimanfaatkan untuk membuat animasi kreasi 3D tanpa dipungut biaya apapun, dan sudah mendukung konsep untuk membuat kreasi 3D seperti simulasi, motion tracking, rendering, composting, modelling, dan rigging. Dengan begitu, maka aplikasi pun mampu membuat proses penggabungan lebih dari satu video menjadi lebih menarik lagi.

4. Lightwork

Aplikasi Lightwork Video Editing

Hampir mirip seperti arti namanya, aplikasi ini pun sangat ringan dan mampu bekerja dengan baik tanpa harus memakan RAM PC yang terlalu besar. Banyak sekali pengguna yang sudah termasuk kalangan profesional memanfaatkan aplikasi ini untuk menyelesaikan proses edit video mereka sebab Lightwork mampu menggabungkan berbagai video dengan mudah.

Lightwork juga terdiri atas beragam fitur yang menarik, sehingga proses mengedit video dapat dijalankan dengan lebih efektif lagi. Anda dapat menggunakan aplikasi ini secara bersamaan dengan aplikasi lainnya sehingga Anda dapat menghilangkan background dari suatu video dan memotong video dengan jauh lebih cepat.

5. Adobe Premiere Pro

Aplikasi Adobe Premiere Pro

Adobe Premiere Pro merupakan aplikasi memotong dan menggabungkan video di PC yang selanjutnya. Aplikasi ini umumnya dikenal oleh orang-orang sebagai aplikasi untuk menyunting foto, namun ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk mengotak-atik video. Aplikasi ini sudah disertai oleh beragam fitur yang mampu menunjang proses pengeditan video agar menjadi lebih bagus lagi.

Meskipun lebih terkenal di kalangan profesional, namun aplikasi ini juga bisa dimanfaatkan oleh orang awam untuk melakukan eksperimen video. Selain fitur yang bermanfaat, aplikasi ini juga memiliki beragam efek yang mampu membuat video menjadi lebih keren dan menarik.

Baca juga :

6. Apple Final Cut Pro X

Aplikasi Apple Final Cut Pro X

Sesuai dengan namanya, aplikasi yang satu ini memang merupakan produk yang dikembangkan oleh perusahaan Apple. Aplikasi ini biasanya menjadi aplikasi bawaan produk laptop mereka yang bernama Mac, namun bisa pula digunakan oleh laptop lain dengan cara membeli lisensinya terlebih dahulu. Meskipun harganya cukup mahal, namun kualitasnya memang sudah berada di kelas yang tinggi.

Apple Final Cut Pro X mampu mengedit video dengan kinerja yang begitu powerful, sehingga video yang akan dihasilkan nantinya dijamin akan sangat luar biasa. Aplikasi ini disertai oleh alat pembelajaran mesin yang mampu mengubah proyek layar lebar secara otomatis menjadi ukuran yang sesuai dengan ukuran media sosial.

7. DaVinci Resolve

Aplikasi DaVinci Resolve

Aplikasi memotong dan menggabungkan video di PC yang selanjutnya adalah DaVinci Resolve. Aplikasi ini sangat efisien sebab mampu digunakan di semua OS, sehingga Anda tidak perlu harus mengeluarkan biaya apapun untuk membeli lisensinya.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda sudah bisa menikmati fitur-fitur yang mumpuni seperti audio scrubbing, adjustment clip, custom timeline settings, dan facial recognition. Meskipun begitu, aplikasi ini bukan termasuk ke dalam aplikasi skala profesional sehingga video yang dihasilkan nantinya kemungkinan akan memiliki kualitas yang cukup standar.

8. Pinnacle Studio

Aplikasi Pinnacle Studio Video Editing

Apabila Anda masih termasuk ke dalam editor pemula dan ingin belajar tentang cara mengedit video dari awal, maka Anda dapat memanfaatkan keberadaan aplikasi Pinnacle Studio. Aplikasi ini memiliki harga yang sangat bersahabat namun menawarkan fasilitas yang begitu lengkap sehingga mampu membantu Anda untuk memahami langkah-langkah mengedit video.

Pinnacle Studio memang merupakan aplikasi yang dirancang bagi pemula sebab disertai oleh beragam fitur editing video yang masih cukup dasar. Walaupun harganya murah, namun video yang dihasilkannya terbilang sudah cukup baik dan tidak kalah dengan kualitas aplikasi yang lainnya.

9. Adobe After Effects

Aplikasi Adobe After Effects

Adobe After Effects termasuk ke dalam aplikasi memotong dan menggabungkan video di PC yang dikeluarkan oleh pihak Adobe. Aplikasi ini sudah sering digunakan oleh pihak editor profesional untuk mengedit produk televisi, video game, dan bahkan juga sering digunakan untuk mengedit film.

Karena memiliki kualitas yang tinggi, maka aplikasi ini bisa digunakan setelah membayar lisensinya yang terdiri atas beberapa kategori dan Anda bisa membeli lisensi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda sudah bisa membuat transisi film sinematik, membuat judul, menganimasikan karakter atau logo, dan lain-lain.

10. HitFilm Express

Aplikasi HitFilm Express

Apabila Anda merasa budget yang dimiliki tidak terlalu banyak dan menginginkan aplikasi memotong dan menggabungkan video di PC yang gratis, maka Anda bisa mencoba untuk memakai HitFilm Express. Aplikasi yang satu in mampu memberi hasil editan video yang berkualitas dan keren meskipun tidak mengeluarkan biaya apapun untuk meraihnya.

Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu mengunduh aplikasi ini dari situs aslinya dan melakukan pemasangan di PC Anda. Fitur yang dimilikinya sangat beragam dan mampu membantu Anda untuk menyunting video dengan lebih mudah tanpa harus kebingungan dengan tools yang cukup sulit untuk dimengerti.

11. VSDC

Aplikasi VSDC Video Editor

Aplikasi VSDC dapat menjadi alternatif ketika Anda ingin mengedit video tanpa disertai oleh watermark. VSDC juga dilengkapi oleh tampilan interface yang aman dan mudah untuk dimengerti, sehingga Anda tidak perlu membaca petunjuk penggunaan karena aplikasi ini tidak sulit untuk dipakai.

Bahkan, aplikasi ini bisa langsung diunduh dan diinstal dengan cepat di PC. Karena kelebihanya itu, maka tidak heran apabila VSDC termasuk ke dalam aplikasi memotong dan menggabungkan video di PC yang terbaik.

12. Free AVI MP4 WMV MPEG Video Joiner

Aplikasi Free AVI MP4 WMV MPEG Video Joiner

Aplikasi Joiner ini bisa unduh secara gratis untuk memotong dan menggabungkan video dengan mudah dan cepat.
Hal ini ditunjang dengan tampilan yang sederhana serta menu yang diberikan sangat memudahkan pengguna untuk memilih fitur yang dibutuhkan.

Misalnya saja untuk menggabungkan video, aplikasi ini bisa di andalkan untuk menggabungkan video dari berbagai macam format seperti MP4, WMV, AVI, MPEG ke dalam satu format yang diinginkan. Begitu juga dalam hal memotong video, hampir semua format video bisa di eksekusi dengan mudah.

Yang menarik, aplikasi ini bisa menambahkan video dengan jumlah tak terbatas dan semua itu bisa cukup dilakukan dengan satu klik saja.

13. Free Video Cutter Joiner

Aplikasi Free Video Cutter Joiner

Free Video Cutter Joiner adalah aplikasi untuk memotong dan menggabungkan dari beberapa format video yang berbeda menjadi satu video dengan struktur yang rapi. Apabila dibandingkan dengan aplikasi lain, cutter joiner ini lebih bisa diandalkan dalam memotong video, pasalnya fitur yang ada didalamnya sangat lengkap bahkan Anda bisa memotong video dari detik per detiknya.

Beberapa format video yang dapat dieksekusi seperti misalnya AVI, MP4, MPEG, FLV, WMV, 3GP dan lain sebagainya lengkap.

14. Sony Vegas Pro

Aplikasi Sony Vegas Pro

Aplikasi Sony Vegas ini sudah ada sejak lama dan sangat populer dikalangan para video editor.
Adapun aplikasi ini mampu melakukan beberapa konsep kreasi 3D menarik seperti video animasi, modelling, rendering, rigging, simulasi dan juga efek motion tracking.

Keberadaan segudang fitur tersebut membuat aplikasi ini bisa melakukan hal seperti memotong dan menggabungkan video dengan mudah dan cepat. Apalagi jika ditunjang dengan spesifikasi PC Laptop yang memadahi.

15. DVD Clipper and Joiner

Aplikasi DVD Clipper and Joiner

DVD Clipper and Joiner merupakan aplikasi khusus untuk memotong dan menggabungkan video ke dalam beberapa versi sesuai kebutuhan para penggunanya. Seperti namanya, Anda bisa memilih bagian mana dalam sebuah DVD untuk di potong dan di ambil kemudian disimpan kedalam memori.

Dengan aplikasi ini Anda tidak perlu lagi menyimpan satu video penuh hanya untuk mendapatkan beberapa momen di dalam video tersebut. Aplikasi ini terbilang sederhana dan bisa di unduh secara gratis di Internet.

Baca juga :

16. EaseUS Video Editor

Aplikasi EaseUS Video Editor

EaseUS Video Editor adalah salah satu software yang telah di desain secara khusus lengkap dengan berbagai macam fitur editing video termasuk memotong, menggabungkan, mengkompilasi, menambah efek, mengatur motion, dll.

Aplikasi ini sangat mudah digunakan bagi seorang pemula sekalipun, selain itu bisa juga di unduh secara gratis dan di instal pada PC/Laptop OS Windows.  Perlu Anda ketahui bahwa EaseUS Video Editor juga telah mendukung banyak sekali format video untuk di olah dan di eksport secara gratis dan cepat.

17. HitPaw

Aplikasi HitPaw Video Editing

Aplikasi video Editor berikutnya adalah HitPaw. Aplikasi ini terbilang sangat lengkap hampir di semua fitur-fiturnya. Anda bisa melakukan hal-hal basic seperti crop, cut, rotate, convert ataupun menambahkan berbagai macam efek agar video lebih menarik.
Adapun cara penggunaannya Anda hanya perlu melakukan tiga langkah :

  • Import Video yang akan di potong atau di gabung
  • Seret pergeseran pada titik waktu video yang ingin di potong
  • Lalu pilih eksport untuk menyimpan video yang telah di potong

18. iMyFone Filme Video Editor

Aplikasi iMyFone Filme Video Editor

iMyFone adalah aplikasi yang bisa diandalkan untuk memotong dan menggabungkan video lengkap dengan adanya tambahan fitur untuk mempercantik video seperti slow motion, tambahan efek, maupun fitur expert lainnya.

Anda juga tidak perlu khawatir dengan ukuran yang besar, karena bisa disesuaikan dengan kemampuan PC Anda. Dengan aplikasi ini pastinya Anda bisa mengedit video dengan cepat karena tampilannya sangat user-friendly.

19. Corel VideoStudio Ultimate

Aplikasi Corel VideoStudio Ultimate

Untuk Anda yang ingin mengedit video dengan hasil yang jauh lebih memuaskan, sepertinya Corel VideoStudio ini bisa menjadi pilihan. Anda akan menemukan banyak sekali fitur tingkat advance yang mungkin tidak ditemui di aplikasi editor lainnya.

Salah satu kelebihan dari aplikasi ini (versi pro) yaitu bisa men-stabilisasi video, memperbaiki rekaman video yang buruk dan goyah serta memperbaiki sudut pengambilan video. Jadi kalau hanya untuk memotong dan menggabungkan video dengan aplikasi ini tentu menjadi hal yang sangat mudah.

20. CyberLink PowerDirector

Aplikasi CyberLink PowerDirector

Cyberlink Power Director merupakan aplikasi berbayar yang menawarkan segudang fitur terkait editing video. Tapi jangan khawatir ada pula yang versi gratis yang bisa Anda manfaatkan untuk memotong, menggabung, memperbaiki serta menambah efek video dengan sangat bagus.

Ada banyak sekali para video creator yang menggunakan aplikasi ini, bahkan untuk yang versi berbayarnya pun Anda cukup merogoh kocel 200ribu per bulannya.


Itulah beberapa rekomendasi aplikasi memotong dan menggabungkan video di PC/Laptop mulai dari yang ringan sampai dengan software editing yang sangat kompleks. Anda bisa memilih sesuai kebutuhan karena setiap orang pastinya menginginkan aplikasi dengan ukuran dan fitur yang berbeda-beda.

Leave a Comment