Contoh Surat Peminjaman Tempat Berbagai Kegiatan

Surat peminjaman tempat adalah surat yang dibuat secara resmi sebagai bentuk permohonan izin atas peminjaman tempat kepada dinas atau instansi terkait.

Dalam mengadakan sebuah acara baik itu rapat, pelatihan, seminar, kegiatan knpi dan hmi biasanya akan membutuhkan tempat yang mampu mengakomodir peserta dalam jumlah besar, di sinilah panitia akan berupaya mencarikan pinjaman tempat yang sesuai dengan kapasitas kepada pihak tertentu.

Dengan adanya surat peminjaman tempat tersebut diharapkan pihak terkait mau memberikan izin dan dukungan sehingga acara bisa berlangsung dengan aman dan lancar.

Surat Peminjaman Tempat
akesleren.co.id

Nah, bagi Anda yang sedang menari contoh bagaimana cara membuat surat peminjaman tempat yang baik dan benar bisa menyimak beberapa contoh berikut.

1. Contoh Surat Peminjaman Tempat Untuk Latihan

Ada berbagai acara yang membutuhkan tempat yang luas dan lapang seperti salah satunya yaitu tempat untuk latihan bersama para anggota komunitas bulutangkis se-kecamatan pahandut kota palangkaraya dalam rangka persiapan lomba tahunan.

Jadi biasanya panitia akan membuat surat izin peminjaman tempat seperti Gedung Serbaguna Kecamatan yang memiliki fitur lapangan bulutangkis indoor seperti contoh berikut ini.

KOMUNITAS BULU TANGKIS
SE-KECAMATAN PAHANDUT
Sekretariat : Jl. Diponegoro No 17 Kec. Pahandut – Palangkaraya
Telp : 00008888900


Palangkaraya, 10 Juli 2021

Nomor             : 17/MNJAM99/IX
Lampiran         : 1 (Satu)
Perihal             : Peminjaman Tempat

Kepada Yth,
Camat Pahandut
Di
    Tempat

 

Dengan Hormat,

Dengan hadirnya surat ini kami dari Komunitas Pecinta Bulutangkis Se-Kecamatan Pahandut ingin mengadakan Latihan Bulu Tangkis bersama yang rencananya akan dilaksanakan pada :

  • Hari/Tanggal  : Senin, 27 Juli 2021 – Minggu, 30 Agustus 2021
  • Pukul : 08.00 WIB – Selesai
  • Acara : Latihan Bersama Bulu Tangkis
  • Lokasi Pelaksanaan : Gedung Serbaguna Kecamatan Pahandut – Palangkaraya

Maksud dari kami ingin mengajukan permohonan izin untuk dapat menggunakan Gedung Serbaguna Kecamatan Pahandut. Mohon dapat dikabulkan, dimana acara ini dilaksanakan untuk persiapan lomba dalam rangka memeriahkan Ulang Tahun Republik Indonesia yang bertepatan dibulan Agustus nanti.

Demikian surat ini kami sampaikan apabila ada kekurangannya kami sampaikan mohon maaf dan terima kasih atas waktu yang diberikan.

 

Hormat Kami
Ketua Panitia

Samsul Arifin

 

2. Contoh Surat Peminjaman Tempat Untuk Seminar

Untuk lokasi yang digunakan seminar harus menyesuaikan dengan jumlah kapasitas peserta yang akan hadir serta aman dan nyaman ketika digunakan selama berlangsungnya acara.

Panitia penyelenggara acara seminar diwajibkan untuk membuat surat perizinan tempat yang akan digunakan kepada pihak terkait sebelum hari H acara. Misalnya seperti contoh berikut ini :

DEPARTEMEN TEKNIK
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI
Jl. Ahmad Dahlan No.46 Kota. Malang
Telp. 0345-661421 Fax. 022-3345


Malang, 21 Juli 2021

Nomor             : 21/UNP/XXI
Lampiran         : 1 (Satu)
Perihal             : Peminjaman Tempat

 

Kepada Yth,
Kepala Bagian Sarana & Prasarana
Universitas PGRI
Di
    Tempat

 

Dengan Hormat,

Dalam rangka memperingati hari pendidikan nasional, kami dari Departemen Teknik Universitas PGRI akan mengadakan seminar kampus dengan tema “Perang Teknologi dalam Dunia Pendidikan” yang rencananya akan diselenggarakan pada :

  • Hari/Tanggal : Sabtu, 10 Mei 2021
  • Waktu : 09.00 – selesai
  • Tempat : Aula Seminar Universitas PGRI

Kami bermaksud untuk meminjam tempat guna penyelenggaraan acara seminar pendidikan pada tanggal dan waktu yang telah disebuahkan di atas. Sebagai bahan pertimbangan kami juga melampirkan susunan rundown acara.

Demikian surat izin peminjaman tempat ini kami sampaikan, besar harapan kami bisa mendapatkan persetujuan dan dukungan dari Bapak/Ibu sekalian. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.

 

Hormat Kami
Ketua Panitia

Hariadi Samsudin

3. Contoh Surat Izin Peminjaman Tempat Untuk Kegiatan

Selain pelatihan, acara kegiatan yang turut melibatkan banyak orang yang akan hadir sebagai partisipan juga pastinya memerlukan tempat yang memadai. Seperti contoh surat izin peminjaman untuk kegiatan lokasi start lomba gerak jalan berikut ini.

PANITIA GERAK JALAN
Jl. Makmur Desa Sumenep Kecamatan Dampit Kota Malang
Telp: 021 778 225 633


Malang, 15 Agustus 2021

Nomor             : 17/DINASSTT/IX
Lampiran         : 1 (Satu) lembar
Perihal             : Izin Peminjaman Tempat

Kepada Yth,
Bpk Camat Dampit
Di Tempat

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan Akan diadakannya lomba gerak jalan tingkat SD dan SMP Se-Kecamatan Dampit Kota. Malang, maka saya selaku panitia meminta izin untuk menggunakan lapangan kantor kecamatan dampit sebagai lokasi start yang akan diselenggarakan pada :

  • Hari dan Tanggal : Senin, 27 Agustus 2021
  • Pukul : 07.00 – selesai

Besar harapan kami untuk mendapatkan izin dari Bpk. Camat untuk bisa menggunakan lokasi pada hari dan tanggal yang telah ditentukan tersebut.

Demikian surat ini kami sampaikan semoga bisa mendapatkan surat balasan se-segera mungkin, atas perhatian dan kerjasamanya kami sampaikan terimakasih.

 

Hormat Kami
Panitia Lomba Gerak Jalan

Hadi Nurbiyanto S.Pd

 

4. Contoh Surat Permohonan Peminjaman Tempat Untuk Rapat

Dalam mengadakan acara rapat kelompok tertentu, maka salah satu hal yang harus diurus terlebih dahulu adalah prihal perizinan tempat yang akan digunakan.

Apabila rencana rapat akan digelar di Aula Desa, tentu sebagai panitia acara harus mendapat izin permohonan tempat sebelum digunakan. Adapun contoh surat permohonan tersebut seperti berikut.

SAHABAT TANI MAKMUR CURUG
Jalan Makmur Sejahtera No. 19 Desa Curug Maning Kecamatan Bandung
Telp: 90909090


Bandung, 15 Oktober 2021

Nomor             : 17/UX091/18IC
Lampiran         : 1 Lembar
Perihal             : Permohonan Peminjaman Tempat

Kepada Yth,
Kepala Desa Curug Maning
Kecamatan Bandung
Di Tempat

Dengan Hormat,

Sebelumnya kami mengucapkan salam sejahtera bersama petani, dengan datangnya surat ini kami ingin memberitahukan bahwa akan diadakan acara musyawarah bersama petani yang dilaksanakan oleh pihak kami sebagai panitia. Dimana acara tersebut akan dilaksanakan pada :

  • Hari/Tanggal : Senin, 27 Oktober 2021
  • Pukul : 18.00 WIB – Selesai
  • Acara : Musyawarah Akbar Bersama Petani
  • Lokasi Pelaksanaan : Aula Desa Curug Maning

Untuk kelancaran acara tersebut kami dari pihak panitia penyelenggara ingin mengajukan permohonan peminjaman aula. Mohon untuk pihak Pemerintah dapat mengabulkan permohonan kami ini demi keuntungan bersama.

Demikian surat permohonan ini kami ajukan, untuk perhatian dan kesempatannya kami ucapkan banyak terima kasih.

 

Hormat Kami

PIMPINAN SAHABAT TANI
MAKMUR CURUG

HAIKAL MAHMUDI

 

5. Contoh Surat Peminjaman Tempat Dan Alat

Dalam peminjaman tempat sebagai lokasi acara, biasanya juga turut meminjam semua peralatan yang tersedia disana untuk mendukung kegiatan.

Hal ini tentu juga harus dimasukkan dalam surat perizinan yang dibuat, sehingga ada perizinan resmi yang memperbolehkan kita dalam menggunakan tempat sekaligus alat/barang yang ada disana.

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
UNIVERSITAS DINOMO HARDIYONO SURAKARTA
HIMPUNAN MAHASISWA
Jalan Mangun Kusumo Nomor 48 Ringinsari Surakarta
Telepon : 0271 886396


Surakarta, 15 Juni 2021

Nomor : 55L/PEMNJAMAN/2021
Lamp   : 1 (satu) Lembar
Hal      : Permohonan Peminjaman Tempat dan Alat

Kepada Yth :
Bapak Cholil Pambudi, M.M., M.Pd.
Rektor Universitas Dinomo Hardiyono Surakarta
Di
Tempat

 

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan akan diadakannya kegiatan Ospek untuk mahasiswa baru angkatan 2021-2022 Universitas Dinomo Hardiyono Surakarta yang insyaallah akan dilaksanakan pada :

  • Tgl Pelaksanaan : 10 Juli 2021-17 Juli 2021
  • Pukul : 08.00 WIB – Selesai
  • Acara : Ospek Mahasiswa Baru Angkatan 2021-2022 Univ Muhamadiyah Surakarta
  • Lokasi Pelaksanaan : Universitas Hardiyono Surakarta

Kami dari pihak panitia ingin mengajukan permohonan peminjaman tempat dan alat-alat pendukung untuk acara yang akan kami adakan dan telah kami lampirkan pada lembar penjelasan untuk kesemua detail yang diperlukan. Mohon untuk Bapak Rektor dapat memeberikan kami ijin.

Demikian surat permohonan ini kami buat dan untuk waktu yang telah diberikan kami sampaikan ucapan terima kasih.

 

Hormat Kami,

Ketua HIMA 

Enggar Pertiwi

 Ketua Panitia

Isman Nurdin

 

6. Contoh Surat Pembatalan Peminjaman Tempat

Apabila Anda sudah membuat surat izin peminjaman tempat untuk acara tertentu dan ternyata acara tersebut tidak jadi diselenggarakan, maka dibutuhkan surat pembatalan peminjaman tempat seperti contoh di bawah ini.

ILHAM UTINA WEDDING ORGANIZER
Jalan Sultan Agung No. 19 Kota Semarang
Telepon : 0271 886396


Semarang, 15 Juni 2021

Nomor : 55L/PINJAM/2021
Lamp   : 1 (satu) Lembar
Hal      : Permohonan Maaf atas Peminjaman Tempat

Kepada Yth,
Pimpinan Hotel Makmur Semarang
Di
Tempat

 

Dengan Hormat

Untuk menindak lanjuti tentang kesepakatan bersama yang telah terjadi dengan pihak Hotel Makmur Semarang atas peminjaman tempat untuk acara pernikahan pada tanggal 27 Juli 2021, kami dalam kesempatan ini ingin memberitahukan bahwa peminjaman tersebut secara sepihak kami batalkan, dikarenakan ada kendala pada pihak pengantin yang mengakibatkan harus terjadi proses pembatalan ini. Sesuai dengan kesepatan yang telah dibicarakan diawal jika ada pembatalan maka ada sanksi yang harus dibayar maka dari pihak kami siap untuk menanggung hal tersebut.

Demikian surat ini kami sampaikan bila ada yang perlu dicarakan untuk masalah saksi yang harus dilaksanakan dapat menghubungi kontak center kami. Sebelumnya kami ucapkan banyak terima kasih.

Hormat kami,

PIMPINAN ILHAM UTINA
WEDDING ORGANIZER

ILHAM UTINA

 


Jadi demikianlah kumpulan beberapa contoh surat izin perminjaman tempat untuk berbagai macam acara dan kegiatan lengkap dengan contoh pembatalannya.

Dengan begitu diharapkan tempat yang di telah di pilih sebagai lokasi acara bisa mendapatkan izin penggunaan yang resmi sehingga tidak memicu permasalahan dikemudian hari.

Leave a Comment