Aplikasi Stok Barang Gratis

Aplikasi stok barang saat ini memang sangat diperlukan bagi Anda pelaku usaha. Entah usaha apapun itu, selama Anda memperjual-belikan barang maka Anda harus pintar-pintar dalam mengatur stok yang masuk dan keluar dari gudang Anda.

Aplikasi stok barang disini bisa berbasis web, php maupun menggunakan excel baik di laptop maupun android untuk tujuan memudahkan serta meminimalisir kesalahan dalam pengaturan persediaan barang. Sehingga, bisnis yang Anda kelola pun dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Aplikasi Stok Brang Gratis di Android

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi aplikasi  untuk memanajemen stok barang via Android dan dijamin gratis.

1. Inventory Management

inventory management

Aplikasi inventory barang yang pertama ini sangat cocok bagi pelaku usaha kelas pemula, karena cara penggunaannya cukup simple dan mudah dipahami. Sesuai klaimnya, aplikasi stok barang gratis Inventory Management dapat merekam informasi kegiatan inventaris Anda.

Fitur utamanya tentu saja adalah untuk mencatat stok barang yang akan dijual dan juga stok barang yang akan dibeli nantinya sebagai kebutuhan suatu bisnis.  Selain fitur utama tersebut, aplikasi ini juga memiliki fitur lain, seperti kelola item. Dimana pada fitur kelola item, Anda dapat menambah atau menghapus stok barang.

Untuk meminimalisir kesalahan dalam mengatur barang, semisal ada selisih stok dari barang yang masuk dan keluar, Anda tak perlu khawatir karena Inventory Management memiliki fitur pendukung. Fitur tersebut berfungsi untuk melihat riwayat transaksi yang pernah dilakukan secara keseluruhan.

2. Stock and Inventory Simple

Stock and Inventory Simple

Aplikasi persediaan barang selanjutnya juga cukup populer yaitu Stock and Inventory Simple. Aplikasi ini memiliki rating tinggi dengan jumlah pengunduh sebanyak 500 ribu lebih.  Aplikasi ini dapat membantu Anda untuk mengatur stok  barang secara efektif dan efisien.

Hal ini karena proses penginputan data barang dirancang dengan mudah, bahkan Anda dapat menginputnya secara manual atau melalui proses impor dari file Excel. Sebaliknya, Anda juga dapat melakukan proses ekspor ke file Excel.

Anda juga bisa menambahkan beberapa gambar untuk mendeskripsikan barang Anda melalui fitur Take Photos atau Add Images. Jika Anda tak ingin kesulitan dalam mencari suatu item, aplikasi ini juga memiliki fitur yang memungkinkan Anda untuk mengatur barang ke sebuah folder. Sehingga, Anda tidak perlu scroll atas bawah karena item Anda sudah tersusun rapi.

3. eStock: Stock Manager, Inventory Manager

Aplikasi eStock - Stock Manager, Inventory Manager

Aplikasi stok barang gratis berikutnya adalah eStock yang masih tergolong baru, karena dirilis pada tanggal 29 Mei 2019. Meski aplikasi baru, eStock sudah memiliki jumlah pengunduh sebanyak 50 ribu lebih dengan rating 4,5 di Play Store

Aplikasi eStock memudahkan Anda untuk mengatur stok barang karena Anda dapat menambahkan berbagai detail barang, seperti  nama barang, ID barang, dan deskripsi barang. Bahkan ada fitur QR  dan Barcode untuk membaca kode barang.

Selain itu, ada juga fitur yang memungkinkan Anda untuk membuat laporan dari daftar stok barang yang telah diatur. Jadi, Anda tidak perlu lagi membuat laporan secara manual menggunakan buku yang terkesan kurang praktis.

4. Smart Inventory System

Aplikasi Smart Inventory

Memiliki tampilan antarmuka yang simple, tidak membuat aplikasi ini kehilangan keunggulannya. Smart Inventory System dirancang dengan berbagai fitur canggih, seperti adanya penggunaan sistem barcode di setiap barang yang Anda daftarkan. Bahkan, Anda dapat membuat item serta mencetak tag harga suatu barang untuk dijadikan barcode.

Aplikasi ini juga dapat membantu Anda dalam hal perubahan jumlah item barang dan memeriksa ketersediaan stok barang dengan cepat. Dengan begitu, dapat dipastikan bahwa usaha Anda akan berjalan dengan lancar dan efektif.

5. Stock Count

 

Aplikasi persediaan barang gratis

Stock Count mampu membantu Anda untuk menghitung dan memeriksa ketersediaan suatu barang dengan cara yang cepat serta mudah. Dalam pengelolaannya, aplikasi stok barang gratis ini juga memiliki fitur barcode scanner yang tersambung dengan kamera pada perangkat Anda. Sehingga, Anda bisa memeriksa stok barang dimana saja dan kapan saja.

Bahkan, aplikasi ini juga tersambung atau terintegrasi dengan layanan e-mail. Sehingga, setiap data, laporan stok barang, serta riwayat transaksi dapat dikirimkan langsung ke e-mail Anda jika suatu saat hal itu diperlukan. Hal ini tentu saja semakin memudahkan manajemen ketersediaan stok barang dalam satu aplikasi.

6. Inventory Management App – Zoho Inventory

Aplikasi Inventory Management

Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang terbilang sangat lengkap dari segi fungsinya. Bagaimana tidak, Anda bisa mengelola ketersediaan stok barang, membuat pesanan penjualan secara offline dan online, melihat transaksi penjualan barang, dan menerima pembayaran suatu barang melalui sistem online dalam satu aplikasi.

Dengan paket lengkap yang tersedia pada aplikasi ini, akan sangat menguntungkan dan memudahkan Anda dalam berbisnis. Hal ini juga dikarenakan adanya fitur manajemen kontak, yang membantu Anda untuk selalu terhubung dengan kontak rekan bisnis dan memiliki akses ke detail customer atau pelanggan yang Anda punya.

7. Mobile Inventory

Aplikasi stok barang mobile inventory

Aplikasi stok barang gratis selanjutnya adalah Mobile Inventory. Meski tergolong sederhana, nyatanya aplikasi ini sangat membantu, khususnya bagi Anda sebagai pelaku usaha kecil hingga menengah. Fitur gratis yang tersedia cukup lengkap, seperti Manajemen Bursa, Manajemen Saham, Mengambil Persediaan, Filter Item Berdasarkan Kategori, dan lain-lain.

Masih banyak fitur gratis yang bisa Anda dapatkan pada aplikasi Mobile Inventory. Namun, aplikasi ini juga menyediakan fitur premium. Dimana Anda harus membayar terlebih dahulu sebelum dapat menggunakan fitur-fitur premium tersebut.

8. Inventory, Purchase, Sales Order

 

Aplikasi stok persediaan barang gratis

Jika Anda menginginkan satu paket fitur untuk memanajemen ketersediaan stok barang hingga pemesanan dan penjualan, maka aplikasi ini adalah jawabannya. Dilengkapi dengan berbagai fitur utama serta fitur pendukung, seperti fitur Manajamen Persediaan, Purchase Order, Sales Order, sampai BarcodeTerintegrasi.

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk melakukan proses transaksi pembelian serta penjualan dengan customer atau supplier Anda.  Sehingga, Anda dapat bertransaksi dengan lebih efektif dan efisien juga meminimalisir kesalahan perhitungan stok barang.

9. Easy Catalogue

Aplikasi Easy Catalogue

Jika umumnya aplikasi stok barang gratis harus dikoneksikan ke internet atau sistem online, berbeda halnya dengan aplikasi Easy Catalogue yang bahkan bisa digunakan saat offline. Anda bisa mengakses fitur-fitur didalam aplikasi ini kapanpun dan dimanapun.

Fitur yang tersedia tak jauh berbeda dengan aplikasi yang lain, yaitu mengelola ketersediaan atau stok barang dari pembelian maupun penjualan. Anda juga dapat menyimpan data ketersediaan stok barang dalam aplikasi ini. Anda juga dapat menambahkan beberapa detail atau deskripsi pada barang yang telah Anda daftarkan.

10. Inventory Keeper

aplikasi gudang inventory keeper

Rekomendasi aplikasi yang selanjutnya adalah Inventory Keeper. Sesuai dengan namanya, Inventory Keeper berfungsi untuk menjaga data persediaan stok barang Anda. Selain itu, aplikasi ini memiliki fitur menambahkan, mengurangi, dan mencari stok barang. Sehingga, ketersediaan stok dapat didata secara terorganisir.

Bahkan dengan fitur yang tersedia pada aplikasi ini, dapat dengan mudah menunjukkan data informasi mengenai barang apa saja yang mempunyai grafik penjualan tertinggi. Aplikasi ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki usaha kelas menengah.

11. Stock Controller – Inventories

Aplikasi Stock Controller

Nah, Stock Controller merupakan aplikasi stok barang gratis android sederhana yang dirancang untuk memanajemen stok barang atau produk. Melalui aplikasi ini, Anda dapat menggunakan fitur-fitur, seperti membuat gudang berdasarkan jenis barang, mengelola persediaan stoknya, dapat memilih foto barang yang ingin ditambahkan kedalam aplikasi, dan masih banyak lagi.

Kelebihan lain dari Stock Controller adalah Anda dapat menggunakan beberapa user atau pengguna pada satu aplikasi. Sehingga, bagi Anda yang memiliki lebih dari 1 jenis usaha, Anda dapat menggunakan aplikasi ini secara bersamaan dengan user yang berbeda.

12. Simple Stock Manager

Aplikasi Simple Stock Manager

Aplikasi rekomendasi yang terakhir merupakan aplikasi dengan tampilan simple dan user friendly, yaitu Simple Stock Manager. Anda bisa menemukan beberapa fitur andalan, seperti stok dan inventaris barang hanya dengan cara mendaftarkan barang serta memasukkan riwayat transaksi.

Kemudian, ada fitur Barcode atau fitur pemindaian untuk menemukan berbagai informasi barang dengan cepat dan mudah. Keunggulan lainnya adalah adanya notifikasi atau pemberitahuan ketika ada stok barang yang rendah dan memerlukan penambahan stok untuk melengkapi kebutuhan usaha Anda.

Selain fitur-fitur diatas, ada pula fitur backup data, dimana data-data stok barang Anda akan disimpan secara otomatis didalam aplikasi ini. Anda dapat menemukan dan meng-install aplikasi stok barang gratis ini di Play Store secara gratis.

Aplikasi Stok Barang Gratis di Laptop

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi aplikasi untuk memanajemen penjualan dan stok barang gratis di laptop yang bisa Anda unduh dan instal.

1. Household Register

Bagi pengguna Windows, Anda juga bisa menggunakan aplikasi Houseold Register untuk
mengelola dan mengatur stok barang yang akan dijual.

Adapun kelebihan dari aplikasi ini yaitu fitur kategori yang super lengkap sehingga memungkinkan Anda untuk menggabungkan berbagai macam produk sesuai berdasarkan jenisnya.

Selain itu Anda juga akan mendapatkan akses penuh untuk melabeli setiap barang yang dijual serta mengatur lokasi penyimpanan barang secara terperinci.

2. Fakturama

Applikasi inventory barang yang satu ini tidak kalah dari aplikasi-aplikasi lain sejenis dalam pengelolaan data. Fakturama ini mempunyai fitur unggulan yaitu berupa kwitansi dan faktur.

Kwitansi dan faktur tersebut sangat berperan penting sebagai barang bukti transaksi terhadap pembeli serta sebagai laporan data pembukuan toko untuk validasi dikemudian hari.

3. Stock Inentory

Aplikasi persediaan stok gudang ini sangat kami rekomendasikan karena
Anda bisa mengontrol keseluruhan data melalui satu aplikasi saja.

Beberapa keunggulan yang dimiliki aplikasi stock inventory ialah informasi
yang dihadirkan sangatlah detail, mulai dari semua jenis transaksi, persediaan stok, lokasi barang hingga informasi penjualan secara detail.

4. Fishbowl

Adapula aplikasi lain yaitu fishbowl yang bisa diandalkan dalam melakukan manajemen data persediaan barang atau stok gudang. Biasanya aplikasi ini banyak digunakan untuk mendata serta mencatat persediaan barang di sebuah restoran atau tempat makan dan pertokoan.

Berbicara mengenai keunggulan yang dimiliki, aplikasi ini juga sudah dibekali dengan fitur menarik seperti meriset produk yang paling disukai oleh pembeli yang mana tentu bisa menjadi pengetahuan terhadap suatu produk.

5. Bhansali Inventory

Aplikasi gudang yang tidak kalah bagus adalah Bhansali Inventory. Bagaimana tidak, aplikasi ini menawarkan kepada user prihal ketersediaan dan pengolahan
stok barang yang hendak dijual.

Selain itu Bhansali Inventoru juga dikemas secara apik untuk bisa membuat laporan sebuah toko secara terperinci, bahkan sampai kedalam urusan pajak toko.

Oleh karena itu, bisa dibilang aplikasi ini sangat cocok untuk Anda yang dipercaya untuk mengurus segala hal terkai inventory barang.

6. Inflow Inventory

Bagi pengusaha pemula, dalam mengelola sebuah toko anda bisa menggunakan aplikasi yang satu ini. Inflow Inventory bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan seperti melacak biaya, mengatur segala bentuk pesanan hingga mengontrol keseluruhan stok barang yang ada.

Aplikasi ini banyak digunakan oleh para pengusaha online shop untuk mendata dan mengatur flow penjualan yang terjadi sehingga bisa lebih menghemat waktu.

7. Vladovsoft Sklad

Vladovsoft Sklad merupakan aplikasi gudang yang bisa dimanfaatkan untuk membantu mengecek persediaan barang, pengelolaan toko dan juga memberikan tabel dengan mudah dan terstruktur.

Aplikasi ini memiliki alur sistem yang terbilang sangat bagus serta bisa membuat catatan penjualan secara lebih terperinci baik flow barang keluar dan masuk.


Itulah beberapa rekmendasi aplikasi stok barang gratis yang bisa anda unduh baik di android maupun untuk laptop/PC. Semoga bisa bermanfaat dan sistem manajemen persediaan barang di toko Anda bisa lebih baik dan lebih tersistem.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *