Perbedaan Reservasi dan Booking Hotel, Restoran, Pesawat, DLL

Dalam melakukan pemesanan hotel ataupun tiket perjalanan biasanya kita tidak asing dengan istilah reservasi ataupun booking. Tapi pernahkan terpikirkan apa sih perbedaan reservasi dan booking itu?

Mungkin banyak yang belum tahu diantara dari kalian tentang hal tersebut. Ya, pada artikel kali ini kita akan coba mengupas perbedaan keduanya secara singkat dan mudah dipahami.

Perbedaan Reservasi dan Booking

Sebenarnya antara kedua istilah diatas itu tidak ada perbedaan yang mencolok sama sekali. Baik itu reservasi ataupun booking merupakan kata dalam bahasa inggris yang memiliki arti sama yaitu melakukan pemesanan baik jasa maupun layanan tertentu.

Namun jika kita berbicara mengenai apa sih perbedaan reservasi dan booking , menurut orang asli berkebangsaan Inggris. Adapun letak perbedaannya ada pada penggunaan katanya.

  • Reservasi adalah kata yang digunakan untuk melakukan pemesanan sebuah layanan yang sifatnya lebih privat seperti misalnya memesan kamar hotel, memesan villa, resort dan sebagainya.
  • Booking adalah kata yang digunakan untuk melakukan pemesanan yang sifatnya lebih umum dan jauh-jauh hari sebelum Hari H. Misalnya booking tiket nonton, booking tiket pesawat, dan lain sebagainya.

Namun ada pendapat lain yang menjelaskan perbedaan antara reservasi dan booking yaitu :

  • Reservasi adalah istilah yang digunakan untuk mendapatkan informasi seputar tanggal, harga, rute sebuah penerbangan suatu maskapai
  • Booking adalah istilah yang digunakan jika Anda sudah mengunci infromasi tentang tanggal, harga, rute sebuah tiket penerbangan.

Atau kalau disimpulkan, jika masih reservasi berarti Anda belum mendapatkan data yang pasti prihal tanggal, harga dan rutenya. Jadi sewaktu-waktu masih bisa brubah.

Sementara booking berarti Anda sudah mendapatkan tiket pasti termasuk kapan waktu, harga dan rute perjalanannya.

Baca juga : Pengertian Reservasi: Manfaat, Jenis, Tugas dan Tanggung Jawab


Jadi apabila Anda mendapatkan tiket yang sifatnya masih reservasi, sudah jelas itu masih belum bisa dibayarkan. Anda harus segera mengkonversinya menjadi status booking terlebih dahulu dan mendapatkan tiket yang pasti.

Leave a Comment